Syuting AADC 2 Merambah Jakarta, Yogyakarta, New York

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Minggu, 09/08/2015 14:38 WIB
Syuting AADC 2 Merambah Jakarta, Yogyakarta, New York Ilustrasi New York (StokPic)
Jakarta, CNN Indonesia -- "Tapi, aku pasti akan kembali dalam satu purnama untuk mempertanyakan lagi cintanya."

Cinta pun tak kuasa menahan haru ketika membaca puisi perpisahan tersebut. Rangga yang hijrah ke New York berjanji akan menemuinya kembali.

Adegan tersebut mengakhiri film Ada Apa dengan Cinta (AADC), meninggalkan tanda tanya yang hingga kini tak terjawab. Kapankah purnama tersebut? Akankah dan di mana mereka bertemu? Apakah film akan berlanjut?


Kini, 13 tahun berlalu, satu pertanyaan terjawab. Dalam acara bincang-bincang di PopCon Asia 2015 di Jakarta, kemarin (8/8), Mira Lesmana selaku produser telah memastikan bahwa film AADC 2 akan mulai digarap, pada Oktober mendatang, dengan sutradara Riri Riza.

Meskipun tak menjawab pertanyaan lainnya, Riri memberikan kode dengan berkata, "Rangga ke New York, pasti ada latar New York."

Riri pun mengungkap fakta yang mungkin tak terpikirkan sebelumnya oleh para penggemar AADC. "Film ini seharusnya menggambarkan kegelisahan zaman sekarang. Ada satu kota dengan budaya pop yang sangat menarik, Yogyakarta," ucap Riri disambut dengan sorak sorai pengunjung PopCon Asia 2015.

Pemilihan tempat ini tak sembarang dilakukan. Menurut sutradara kelahiran 44 tahun silam ini, ada kemiripan budaya antara New York dan Yogyakarta. Hal ini disadari Riri saat melakukan riset di Brooklyn, New York, bulan lalu.

"Brooklyn itu vibrant-nya berwarna seperti di Yogya. Selain ada seni, komik, komunitas hip hop, di jalan-jalan juga ada mural. Yogya dan New York akan jadi warna yang kental di AADC 2," tutur Riri.

Namun Mira memastikan bahwa sekuel ini akan tetap menarik benang merah dari AADC.

"AADC kan di Jakarta. Tentu masih ada di Jakarta," kata Mira. "Jadi, tempat di Jakarta, Yogyakarta, New York."