'Kaleng Sup' Andy Warhol Dicuri Selagi Dipamerkan

Muhammad Andika Putra | CNN Indonesia
Selasa, 12 Apr 2016 18:50 WIB
Seni grafis Campbell's Soup Cans karya Andy Warhol dilaporkan telah dicuri selagi dipamerkan di Museum Seni Missouri, AS. 'Kaleng sup' Andy Warhol yang legendaris. (John Minihan/Evening Standard/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seni grafis Campbell's Soup Cans karya Andy Warhol dilaporkan telah dicuri. Ironisnya, sebagaimana dikabarkan Huffington Post, karya legendaris itu dicuri selagi dipamerkan di Museum Seni Missouri, AS.

"Kami terkejut dan benar-benar sedih," ujar Sally Scheid, petinggi Museum Seni Missouri. Diperkirakan gambar itu dicuri sekitar sepekan lalu, pada malam hari dari arena pameran Seni Pop Inggris dan Amerika.

Campbell's Soup Cans dibuat oleh Warhol di atas 32 bidang kanvas berukuran 51 x 41 centimeter, pada 1962. Seni grafis ini disebut-sebut sebagai salah satu pelopor perkembangan seni budaya pop di AS.


Campbell's Soup Cans telah dibuat berbagai versi dengan beragam material. Warhol sendiri sejatinya adalah ilustrator komersil, yang kemudian juga dikenal sebagai penulis, penerbit, pelukis dan sutradara film.

Terhitung ada tujuh dari 10 karya Warhol yang telah dicuri. Namun Scheid memastikan, saat ini pihak museum telah menjalin kerja sama dengan otoritas berwenang dan memperketat sistem keamanan.

Terpaksa pameran ditutup untuk umum. "Kami yakin tindakan yang kami ambil demi melindungi harta museum. Sementara itu, kami berhubungan dengan komunitas kami untuk karya seni," lanjut Scheid.

Pada saat yang sama, Federal Bureau of Investigation (FBI ), badan penyelidik pusat di AS, mengumumkan hadiah US$25 ribu, sekitar Rp328 juta, bagi mereka yang memberikan informasi soal keberadaan karya grafis itu.

Sebelumnya, 10 karya grafis tersebut merupakan koleksi Springfiel Art Museum, sejak 1985. Tak heran bila karya ini dicuri, sebab nilainya kini diperkirakan mencapai US$50 ribu, sekitar Rp6,5 miliar.

Andy Warhol (Jack Mitchell)


(vga/vga)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER