Salah Baca, Moonlight Jegal La La Land Jadi Film Terbaik 2017

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Senin, 27/02/2017 12:43 WIB
Salah Baca, Moonlight Jegal La La Land Jadi Film Terbaik 2017 Kru dan pemain La La Land sudah terlanjur naik ke atas panggung Oscar untuk Film Terbaik 2017. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kemenangan Moonlight menjadi penutup Oscar paling tidak terduga, setelah sebelumnya Warren Beatty menyebutkan La La Land sebagai pemenang Best Picture.

Kejadian tersebut terjadi saat pengumuman pemenang tertinggi Academy Awards tersebut di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (26/2) malam waktu setempat.

Beatty ditemani Faye Dunaway pada awalnya ditugasi untuk membacakan pemenang kategori Best Picture. Setelah sempat berbicara dan tertawa di atas panggung, Dunaway kemudian 'memanggil' La La Land sebagai Film Terbaik 2017.


Selayaknya momen kemenangan Oscar, para pemeran dan seluruh kru La La Land--termasuk Ryan Gosling dan Emma Stone--datang dan bersiap mengucapkan pidato kemenangan.


Di tengah pidato kemenangan film ala Broadway itu, tiba-tiba terjadi ralat pada pemenang Best Picture. Jordan Horowitz, produser La La Land baru menyadari bahwa kartu yang dipegangnya bukan bertuliskan La La Land. Ia langsung bersuara bahwa pemenang Best Picture adalah film karya Berry Jenkins, Moonlight.

Beatty mengatakan bahwa ia dan Dunaway membaca amplop yang salah setelah melihat Emma Stone memenangi La La Land sebagai Aktris Terbaik. Dan Dunaway telah mengatakan judul fim tersebut sebelum Beatty dapat menghentikannya.

"Ini bukan lelucon. Naiklah, kawan. Lihat, film terbaik: Moonlight!" kata Horowitz seraya menunjukkan kartu pemenang dan memanggil kru Moonlight. "Saya khawatir mereka membacakan hal yang salah," katanya lagi.

Jimmy Kimmel sang pembawa acara pun sampai naik ke atas panggung. "Saya minta maaf atas ini," kata Kimmel.

"Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan kalau ini terjadi. Tapi ini benar-benar terjadi," kata sutradara Moonlight, Barry Jenkins.

Kimmel hanya terbengong saat pengumuman Film Terbaik Oscar 2017 salah 'sasaran.'


"Saya benar-benar tidak tahu apa yang terjadi. Saya menyalahkan diri sendiri atas ini. Saya tahu saya akan merusak Oscar, dan saya melakukannya. Mungkin kalian tidak akan melihat saya lagi," kata Kimmel.

Itu sekaligus mengakhiri dirinya membawakan acara penghargaan tertinggi bidang perfilman Hollywood itu. (rsa)