Barack & Michelle Obama akan Terbitkan Memoar

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Rabu, 01/03/2017 11:46 WIB
Barack & Michelle Obama akan Terbitkan Memoar Barack dan Michelle Obama akan punya buku memoar. (REUTERS/Yuri Gripas)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kisah mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan istrinya, Michelle Obama akan dibukukan. Penerbit besar yang berbasis di New York, Penguin Random House baru saja memenangi kontrak untuk perilisan buku yang diprediksi bakal meledak itu.

Masing-masing memoar akan dibuat berbeda, dan ditulis langsung oleh mereka.

Diberitakan AFP, Penguin Random House masih menyebut Obama sebagai presiden dalam pernyataan resminya, “Perusahaan baru saja mendapatkan hak publikasi dunia untuk dua buku, yang nantinya akan ditulis masing-masing oleh Presiden dan Mrs. Obama.”



Tidak dijelaskan lebih detail soal berapa mereka harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan hak cipta itu. Namun menurut Financial Times, penawaran untuk mendapatkan dua buku itu mencapai US$60 juta atau Rp801 miliar. Terang saja, itu memoar seorang mantan presiden.

Dari pihak Obama, ada pengacara andal Washington, Robert Barnett yang merepresentasikannya dalam kesepakatan jual beli hak cipta itu. Barnett juga dahulu mewakili George W. Bush dan Bill Clinton. Kedua mantan presiden itu juga menelurkan memoar setelah lengser.

Ini bukan kali pertama Obama menulis buku. Ia sudah pernah membuat dua memoar dan satu buku anak. Entah apa yang akan berbeda dari memoar baru yang akan ditulisnya mendatang. Yang jelas, Obama pernah mengatakan ia tidak akan menulis hal membosankan tentang hidupnya. Ia tak ingin orang hanya membaca hari-harinya yang membosankan di Gedung Putih.


Di sisi lain, memoar Michelle Obama akan menjadi hal baru yang ditunggu. Apalagi ia merupakan Ibu Negara pertama yang keturunan Afrika-Amerika. Tapi, ia begitu dicintai.

“Kami sangat antusias menanti bekerja sama dengan Presiden dan Mrs. Obama untuk membuat buku masing-masing dipublikasikan global,” kata CEO Penguin Random House, Markus Dohle. (rsa/rsa)