Istri Stan Lee 'Marvel' Wafat di Usia 93

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Jumat, 07/07/2017 18:00 WIB
Istri Stan Lee 'Marvel' Wafat di Usia 93 Joan Lee (kanan), istri dari komikus legendaris Marvel, Stan Lee, meninggal dunia di usia 93 setelah sempat dirawat akibat serangan stroke awal pekan ini. (AFP/Alberto E. Rodriguez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Joan Lee, istri dari komikus legendaris Marvel Comics Stan Lee meninggal dunia di usia 93 pada Kamis (6/7) kemarin di Los Angeles. Sebelum wafat, Joan dilaporkan sempat dirawat di rumah sakit pasca menderita stroke awal pekan ini.

"Saya dapat mengkonfirmasi berita menyedihkan bahwa Joan Lee meninggal pagi ini dengan tenang dan dikeliling oleh keluarganya," kata juru bicara keluarga tersebut lewat sebuah pernyataan, dikutip Ace Showbiz.

Dalam pernyataan tersebut, keluarga juga meminta agar diberikan waktu privat selama masa berkabung. Kepergian Joan, turut meninggalkan duka bagi Marvel Entertainment. Lewat akun twitter resminya, mereka ikut berbela sungkawa.



"Kami sangat sedih mendengar tentang kepergian Joan Lee. Kami kehilangan anggota keluarga Marvel hari ini, pikiran dan doa kami untuk Stan dan putrinya Joan Celia dalam masa sulit ini," tulis dalam pernyataannya.

Mantan model topi Inggris dan Stan menikah selama 69 tahun setelah mengikat simpul pernikahan pada 5 Desember 1947. Selama hidup bersama, dikaruniai dua anak Joan Celia (JC) dan Jan yang meninggal tiga hari setelah kelahirannya.

Selama perayaan 75 tahun dalam dunia komik, Stan sempat menceritakan pertemuan pertamanya dengan Joan. Pasangan ini mengadakan pertemuan tak terduga saat Stan seharusnya pergi dengan Betty pada kencan buta.


"Jadi saya pergi ke tempat ini, Betty tidak membukakan pintu, tapi Joan menjawab dan dia adalah model topi. Saya melihatnya sendiri dan dia adalah gadis yang akan menemani seumur hidup saya," katanya.

"Dia bertanya, 'ada yang bisa saya bantu?'. Saya melihatnya, dan saya pikir saya mengatakan sesuatu yang gila seperti, 'Saya mencintaimu.' Saya tidak ingat persis, tapi bagaimanapun, saya mengajaknya makan siang, saya tidak pernah bertemu Betty, atau gadis yang lain, saya rasa saya melamarnya saat makan siang," kenang Stan.

Sebelum bertemu Stan, Joan menikahi seorang tentara Amerika selama Perang Dunia II, namun itu berakhir dengan perceraian.

Kemunculan Stan Lee dalam beberapa film Marvel. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)Kemunculan Stan Lee dalam beberapa film Marvel. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)


Setelah menetap enam minggu di Reno, Nevada, seorang hakim mengabulkan perceraiannya. Satu jam kemudian, dia menikahi Stan di ruangan sebelah.

Pasangan itu kembali ke New York, di mana Stan bekerja di perintis Marvel Comics, Timely/Atlas Comics. Stan sebelumnya mengungkapkan bahwa Joan adalah inspirasi saat mengerjakan proyek Fantastic Four pada 1961.

Pasangan ini kemudian pindah ke California pada 1981 hingga Stan dapat mengerjakan pengembangan proyek TV dan film Marvel.

Joan sempat terlibat sebagai pengisi suara untuk dua pertunjukan animasi Marvel pada 1990an, "Fantastic Four" (Miss Forbes) dan "Spider-Man" (Madame Web). Dia juga sempat membuat penampilan sebagai cameo di X-Men: Apocalypse tahun lalu. (end)