Album 'Play', Perayaan 12 Tahun Karier Super Junior

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Senin, 06/11/2017 23:15 WIB
Album 'Play', Perayaan 12 Tahun Karier Super Junior Selama 12 tahun berkarier, Super Junior telah mengalami banyak pasang-surut karier. Kini, mereka merayakannya dengan album baru. (dok. SM Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Boyband Super Junior sudah berkarier di ranah K-Pop selama 12 tahun. Mereka merayakan hari debut Suju 12 tahun lalu, tepat pada hari ini, Senin (11/6).

Hari jadi ini diperingati dengan kembalinya Super Junior setelah lama vakum, lewat sebuah album baru bertajuk Play. Album ini menjadi album ke-8 Suju sepanjang karier mereka di belantika musik.

Para penggemar Suju, ELF ikut memeriahkan ulang tahun ini dengan meramaikan tagar #ReadyToPlay dan #12YearsWithSuperJunior. Dua tagar itu menjadi trending topik dunia di Twitter.



Sejak debut pada 6 November 2005 lalu, Super Junior melalui banyak perubahan. Ketika itu, Super Junior menjadi salah satu boyband dengan personel terbanyak yakni 13 orang.

Kini, jumlah mereka kini hanya setengah dari saat debut.

Dalam album Play ini, hanya ada tujuh personel yang ikut bergabung. Itu pun hanya enam yang aktif lantaran Choi Siwon tak ikut mempromosikan album ini.

Siwon tengah sibuk bermain drama Revolutionary Love yang saat ini tayang di Negeri Ginseng.


Dua personel yakni Ryeowook dan Kyuhyun tak bisa ikut bergabung karena masih menjalani wajib militer. Sementara, Kangin masih tersangkut kasus mengendarai mobil sambil mabuk dan Sungmin memilih tak ikut serta dalam album ini.

Dua personel lain, Han Geng dan Kibum memutuskan keluar dari Super Junior.

Praktis, tersisa enam personel aktif Super Junior yakni Leeteuk, Heechul, Yesung, Shindong, Eunhyuk, dan Donghae. Para personel ini berjanji bakal menyuguhkan aksi yang memukau untuk para penggemar.

Mereka mengunggah ucapan terima kasih kepada penggemar lewat akun Instagram masing-masing.


"Terima kasih kepada para personel yang berjalan bersama saya dan ELF yang saya cintai, yang merupakan kekuatan terbesar saya. Saya bakal memulai langkah baru sekarang. Terima kasih dan saya mencintaimu," kata Eunhyuk di sebuah unggahan di Instagram.

[Gambas:Instagram]

"Sudah 12 tahun sejak kami debut. Terima kasih untuk semuanya yang sudah bersama saya dan menunggu saya. Kami siap untuk memulai kembali pada 6 November 2017. Super Junior bakal hadir menyapa kalian semua," kata Yesung.

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

Meski tak lagi lengkap, Super Junior tetap merupakan salah satu boyband populer dengan basis penggemar yang kuat di seluruh dunia.

Sejumlah lagu Super Junior sukses menjadi hit dan masih diingat sampai saat ini, seperti Mr Simple, Sorry Sorry dan Devil.

[Gambas:Youtube] (end)