Entakan Nostalgia Dewa 19 Pungkas Malam Romantis 90-an

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Minggu, 26/11/2017 04:11 WIB
Entakan Nostalgia Dewa 19 Pungkas Malam Romantis 90-an Dewa 19 menandai keeksisannya kembali lewat penampilan pamungkas dalam gelaran The 90’s Festival di Gambir Expo Kemayoran, Sabtu (25/11) malam (cnn Indonesia/ Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dewa 19 menandai keeksisannya kembali lewat penampilan pamungkas dalam gelaran The 90’s Festival di Gambir Expo Kemayoran, Sabtu (25/11) malam. Bersama Ari Lasso yang kembali mengisi posisi vokalis, Dewa 19 membuka aksi mereka lewat lantunan lagu Manusia Biasa.

Tepat pukul 11 malam, petikan gitar Andra berpadu dengan permainan bas Yuke. Tak lama kemudian, Ari Lasso naik ke atas pentas beriringan dengan Ahmad Dhani, pentolan grup yang dibentuk sejak 1986 ini.

Usai lagu pembuka, Dewa 19 melanjutkan aksi mereka dengan masih membawakan lagu dari album Terbaik Terbaik, Restu Bumi. Setelah itu, Ari Lasso menyapa para baladewa, sebutan fan Dewa 19 yang hadir untuk mengobati kerinduan pada band tersebut.



“Apa kabar? Senang sekali bisa tampil di sini, jadi ini anak 90-an semua nih? Ada anak zaman now enggak?” sapa Ari sembari menggoda.

“Semoga bisa menghabiskan malam 90-an yang indah ini,” tambahnya.

Mulai memanas, dendangan lagu Bukan Siti Nurbaya menjadi suguhan nostalgia Dewa 19 selanjutnya. Namun di sela-sela penampilan setelah itu, Dhani menolak permintaan Ari yang ingin terus tampil tanpa jeda.

“Santai, Ri. Suara Ari Lasso lagi sakit, jadi santai saja,” kata Dhani.

“Justru harus cepet, keburu abis nanti (suara), udah malem ini,” sahut Ari berdebat.


Ari kemudian mengungkapkan bahwa ia dan Dewa 19 telah lama tidak tampil bersama. Menurutnya, terakhir kali pada Maret lalu.

“Kita semua di sini untuk kalian,” kata Ari seolah mengisyaratkan lantunan lagu selanjutnya, Aku di sini Untukmu.

Selain itu, Dewa 19 yang tampil selama satu setengah jam turut membawakan lagu-lagu hit mereka Satu Hati, Elang, dan Takkan Ada Cinta yang Lain.

Di sela-sela penampilan, Ahmad Dhani yang mulanya hanya asyik berada di balik kibor tiba-tiba muncul menyanyikan lagu Hitam Putih yang diciptakan Andra.

“Lagu ini jarang Dewa 19 bawakan, hanya baladewa sejati yang tahu. Ini lagu favorit saya, lagunya Andra,” ungkap Dhani.

Setelahnya, ia ingin membawakan lagu Aku Cinta Kau dan Dia, namun anggota Dewa 19 lainnya tak hapal kunci lagu ini. Tak habis akal, Dhani sempat ide untuk bernyanyi sambil piano, tapi penonton menolak keinginannya.

“Ari Ari,” pinta penonton.

“Ri, tuh balik Ri,” ujar Dhani tak jadi lanjut bernyanyi.


Ari pun kembali, sambil membawakan lagu yang seolah tepat pada momen itu, Cinta ‘kan Membawamu Kembali. Baru setelahnya, lagu-lagu andalan lainnya dikeluarkan. Mulai dari Separuh Nafas, Kangen, dan sebagai penutup Kamulah Satu-satunya.

Mengikuti gaya musisi pada kebanyakan, Ari Lasso pun meminta berfoto jongkok di atas panggung dengan latar para penonton. Sambutan dan tepuk meriah pun mengiringi kepergian Dhani dkk dari atas panggung, sembari sebagian penonton terlihat mulai meninggalkan area.

Sebelum Dewa 19 tampil, sejumlah musisi andalan era ‘90-an pun menyuguhkan dendangan hit mereka. Musisi itu ada Potret, Reza Artamevia, Stinky, Yana Julio, The Groove, Neo, T-Five, dan lainnya. (chs/chs)