'Star Wars: The Last Jedi' Kuasai Box Office di Pekan Pertama

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Senin, 18/12/2017 13:48 WIB
'Star Wars: The Last Jedi' Kuasai Box Office di Pekan Pertama Sesuai prediksi, seri terbaru Star Wars, 'The Last Jedi' sukses meraup pendapatan besar hingga Rp4,6 triliun. (Dok. Walt Disney Studios/Lucasfilm Ltd via youtube.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film Star Wars: The Last Jedi berhasil menguasai box office di pekan pertama penayangannya. Serial terbaru Star Wars itu berhasil mencatatkan rekor pemasukan sebesar US$450 juta atau sekitar Rp6,4 triliun.

Pundi-pundi The Last Jedi itu berasal dari penghasilan internasional sebesar US$230 juta dan domestik di Amerika Utara sebesar US$220 juta.

Penyumbang terbesar pemasukan The Last Jedi di pasar internasional datang dari Inggris sebesar US$36,7 juta, Jerman US$23,6 juta, Prancis US$18,1 juta, dan Australia US$15,9 juta.


Meski pundi terbesar datang dari Inggris, pasar terbesar The Last Jedi sebenarnya ada di China. Namun film ini baru bisa tayang di Negara Tirai Bambu itu setidaknya mulai 5 Januari 2018.


Tingginya pekan pembuka The Last Jedi ditunjang karena komentar positif dan pujian dari para kritikus sejak penayangan perdana pada Sabtu (9/12) malam. The Last Jedi resmi dirilis pada Rabu (13/12) di Indonesia dan Jumat (15/12) di pasar internasional.

Diberitakan Reuters, film fiksi ilmiah ini menerima banyak penilaian positif yaitu empat dari lima bintang untuk aspek energi dan emosi dalam film tersebut. Selain itu, laman agregator RottenTomatoes memberikan nilai 93 persen.

[Gambas:Youtube]

The Last Jedi yang ditulis dan disutradarai oleh Rian Johnson menggambarkan perlawanan kelompok Resistance melawan Supreme Leader Snoke yang mencoba menguasai galaksi.

Film ini juga menampilkan Carrie Fisher, sang Princess Leia, untuk terakhir kalinya. Fisher meninggal pada Desember lalu di usia 60 setelah menyelesaikan proses produksi The Last Jedi.

Meski menguasai Box Office, pendapatan The Last Jedi masih kalah dibanding serial sebelumnya Star Wars: The Force Awakens di pekan debut penayangannya.


The Force Awakens berhasil mengumpulkan US$528 juta dari seluruh dunia dan US$247 juta di Amerika Utara. Di Amerika Utara sendiri, pekan pembuka The Force Awakens dan The Last Jedi menjadi pemuncak dengan menempati posisi pertama dan ke-dua.

Diberitakan Hollywood Reporter, The Force Awakens yang rilis 2015 itu sukses mendulang lebih dari US$2 miliar di box office global dan menjadi film dengan pendapatan tertinggi ke-3 sepanjang masa. (end)