5 Momen Berkesan di Musim Penghargaan Film dan Musik

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Sabtu, 06/01/2018 20:11 WIB
Ada banyak momen berkesan di musim penghargaan, mulai dari aksi kocak selebriti hingga sesi mengharukan atas perjuangan mendapatkan penghargaan. Penantian panjang Leonardo DiCaprio mendapatkan piala Oscar pertama tergolong panjang. (REUTERS/Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap kali ajang dalam musim penghargaan diadakan, akan ada banyak peluang momen yang menarik perhatian publik dan berkesan.

Momen-momen berkesan tersebut mulai dari aksi spontan para pesohor, reaksi terkejut hingga haru mendapatkan penghargaan, penantian panjang mendapatkan piala, hingga penghormatan publik terhadap pesohor.

Dari ribuan momen berkesan yang pernah terjadi semasa musim penghargaan, CNNIndonesia.com memilih enam di antaranya.


Selfie Oscar

Ellen DeGeneres selalu dikenal sebagai sosok periang dan kocak. Aksi Ellen memandu ajang Academy Awards ke-86 pada 2014 lalu membuat acara resmi tersebut terasa akrab dan menyenangkan.

Salah satu aksi spontan yang ia lakukan adalah mengajak serangkaian selebriti untuk mengadakan wefie, alias berswafoto secara bersama-sama. Kala itu, tren swafoto tengah menjamur.

Aksi Ellen dan para pesohor tersebut menjadi pemberitaan di berbagai media di seluruh dunia, sekaligus mengenalkan tren wefie.



Jennifer Lawrence Jatuh

Memenangkan penghargaan sekelas Oscar pertama kali mungkin akan membuat siapa pun terkejut dan grogi, termasuk Jennifer Lawrence.

Ia mendapatkan kategori Best Actress atas aktingnya di Silver Linings Playbook (2012). Ketika namanya diumumkan dan ia mulai berjalan ke podium, gaun putih panjang yang dikenakan Lawrence membuatnya kesulitan naik tangga sehingga jatuh.

Hugh Jackman kemudian terlihat dengan sigap membantu Lawrence untuk berdiri, namun Lawrence terlihat mampu berdiri sendiri dan melanjutkan berjalan ke podium menerima piala Oscar pertamanya.

"Terima kasih!" kata Lawrence kala itu ketika memulai pidato kemenangannya. "Kalian berdiri karena ingin membantu saya yang jatuh dan kejadian tadi amatlah memalukan, tapi terima kasih banyak," lanjutnya, dikutip dari People.

Jennifer Lawrence sempat jatuh untuk menerima Piala Oscar pada 2013.Jennifer Lawrence sempat jatuh untuk menerima Piala Oscar pada 2013. (Kevin Winter/Getty Images/AFP)

Penantian Panjang Leonardo DiCaprio


Penantian panjang Leonardo DiCaprio mendapatkan piala Oscar pertama tergolong panjang. Tercatat, ia pertama kali dinominasikan pada 1993 atas perannya di What's Eating Gilbert Grape (1992), namun baru memenangkan Oscar pada 2016 melalui The Revenant.

Selama itu pula, DiCaprio nyaris memenangkan piala Oscar, baik untuk Best Actor atas perannya di The Aviator (2005) dan Blood Diamond (2007), atau kategori Best Actor untuk The Wolf of Wall Street (2014).

Dan ketika Julianne Moore menyebut nama DiCaprio sebagai Best Actor, para undangan Academy Awards 2016 itu memberikan standing ovation cukup lama.

Leonardo DiCaprio akhirnya memenangkan Oscar pada 2016 sejak ia dinominasikan pertama kali pada 1993.Leonardo DiCaprio akhirnya memenangkan Oscar pada 2016 sejak ia dinominasikan pertama kali pada 1993. (REUTERS/Mario Anzuoni)


Standing Ovation untuk Charlie Chaplin

Bukan hanya Leonardo DiCaprio yang mendapatkan standing ovation yang lama. Pada 1972, komedian Charlie Chaplin yang terkenal akan aksi pantomimnya diberikan penghargaan Lifetime Achievement Awards Academy Awards ke-45.

Sosok legendaris ini bukan hanya mendapatkan penghargaan kehormatan atas pengabdiannya di dunia perfilman, namun juga memecahkan rekor standing ovation terlama.

Diberitakan Vogue, Chaplin mendapatkan 12 menit standing ovation dari para undangan dan menjadi penghormatan terlama dalam sejarah Academy Awards.

[Gambas:Youtube]

Amy Winehouse Borong Grammy

Momentum Grammy Awards pada 2008 lalu mungkin tak akan pernah terlupakan bagi para penggemar musisi penuh talenta Amy Winehouse.

Sejak memulai debut pada 2004 di Inggris, pada 2008 Amy terpilih pertama kali di Grammy Awards. Dan di momen perdana itu pula, Amy memborong piala Grammy.

Kala itu, Amy memenangkan Best New Artist, Best Pop Vocal Album, Record of the Year untuk Rehab, Song of the Year untuk Rehab, dan Best Female Pop Vocal Performance untuk Rehab. Amy menjadi musisi terbanyak membawa piala Grammy.

Amy Winehouse menerima Piala Grammy pertamanya melalui sambungan jarak jauh.Amy Winehouse menerima Piala Grammy pertamanya melalui sambungan jarak jauh. (AFP PHOTO / ROBYN BECK)

Namun sayangnya, kala itu Amy tidak dapat hadir ke Staples Center, Los Angeles, karena tidak mendapatkan visa ke Amerika Serikat lantaran riwayatnya dengan narkoba.

Sehingga, dikisahkan Glamour, ia menerima seluruh piala Grammy tersebut melalui sambungan video jarak jauh dari panggung Amy di London. (end)