Penyanyi Neil Diamond Pensiun karena Parkinson

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Rabu, 24/01/2018 01:41 WIB
Penyanyi Neil Diamond Pensiun karena Parkinson Neil Diamon pensiun dari dunia musik setelah didiagnosis Parkinson. (REUTERS/Brendan McDermid/File Photo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Suara penyanyi dan penulis lagu asal Amerika, Neil Diamond tidak akan bisa didengar lagi di jalanan. Diamond tidak bakal konser, apalagi tur ke daerah-daerah, sejak Senin (22/1).

Melalui situs resminya, Diamond mengumumkan bahwa dirinya berencana pensiun.

Itu karena melalui pengumuman yang sama, Diamond mengakui ia didiagnosis Parkinson.



Penyakit itu membuatnya kesulitan untuk bepergian dari satu daerah ke daerah lain, apalagi untuk tampil di hadapan massa yang besar. Karena Parkinson yang diidapnya, Diamond bahkan harus membatalkan beberapa jadwal konser, terutama di Australia dan Selandia Baru.

Ia meyakinkan uang penggemar yang sudah terlanjur terpakai untuk membeli tiket konsernya akan dikembalikan, namun belum menjelaskan prosedurnya. Tak lupa, ia juga meminta maaf.

“Dengan penuh keengganan dan kekecewaan saya mengumumkan masa pensiun saya dari tur konser. Saya merasa sangat terhormat bisa membawa pertunjukan untuk publik selama 50 tahun terakhir ini,” demikian pernyataan Diamond melalui situs resminya, dikutip Reuters.


Meski pensiun dari konser dan tur, Diamond memastikan dirinya tetap akan aktif menulis lagu. Ia juga bakal tetap bernyanyi dan rekaman, hanya tidak lagi di jalanan.

Diamond dikenal sebagai salah satu legenda pop Amerika. Musiknya laris manis. Beberapa karyanya yang akrab di telinga penggemar adalah Sweet Caroline dan Cracklin’ Rosie.

Albumnya terjual lebih dari 130 juta kopi di dunia, lagu-lagunya pun menempati 40 besar.


Diamond bakal dianugerahi Lifetime Achievement Award oleh Recording Academy di Amerika, bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-77 pekan ini. Ia pun pernah memenangi Grammy.

Ia aktif di dunia musik sejak 1960-an. Namanya sudah abadi di Rock and Roll Hall of Fame.

“Terima kasih saya untuk penonton yang setia dan penuh pengabdian di seluruh dunia. Dukungan kalian akan selalu saya apresiasi,” ungkapnya saat itu, dikutip Reuters. (rsa)