Lawan Pelecehan Seksual, Tamu BAFTA Diimbau Pakai Gaun Hitam

Resty Armenia, CNN Indonesia | Kamis, 01/02/2018 10:57 WIB
Lawan Pelecehan Seksual, Tamu BAFTA Diimbau Pakai Gaun Hitam Seperti Golden Globes 2018, para tamu BAFTA 2018 juga diimbau mengenakan busana hitam. (Kevin Winter/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para tamu British Academy Film Awards (BAFTA) 2018 diimbau untuk mengenakan busana hitam saat menghadiri malam penghargaan sineas bergengsi di Inggris itu. Hal itu untuk mendukung gerakan melawan pelecehan seksual, Time’s Up, yang menggema beberapa bulan belakangan.

Berita ini datang setelah Deadline mendapatkan salinan surat yang dikirim gabungan para pemimpin industri film dan televisi wanita di Inggris.

“Dengan BAFTA menjadi upacara penghargaan film besar pertama di Eropa tahun ini, kami merasa ini penting untuk membuat sebuah pernyataan demi menunjukkan solidaritas global dan bahwa isu ini tidak dilupakan, dan bergandengan dengan orang-orang di segala industri yang telah mengalami ketidaksetaraan dan kekerasan,” tulis para pemimpin itu dalam surat mereka.



Mereka juga mencatat, mengenakan busana hitam sebagai simbol yang kuat, bersatu dan sederhana mampu membuat para tamu mengirim sebuah pesan solidaritas melawan pelecehan seksual dan ketidaksetaraan kekuasaan.

“[Hitam] juga merupakan warna paling mudah dipakai dan nyaman bagi sebagian besar orang,” ujar mereka.

Menurut surat itu, lebih dari separuh wanita di Inggris telah mengalami pelecehan seksual di tempat kerja. Jumlah ini meningkat dua per tiga dari wanita dengan rentang usia 18 hingga 24 tahun.

“Dan kami berharap mereka yang punya hak istimewa dalam memiliki sebuah platform, dapat menggunakannya untuk meningkatkan kesadaran akan pengalaman wanita di luar industri kami, yang pengalaman [pelecehan seksualnya] seringkali dibungkam dan dimarginalisasi.”


Meski demikian, gabungan para pemimpin industri film dan televisi wanita di Inggris itu memilih untuk merahasiakan detail rencana mereka lebih jauh saat ini dan mengaku akan mengumumkannya dalam waktu dekat.

Bagi pria yang ingin mengikuti gerakan ini, surat itu menyebut pihak pengaggas akan menyediakan pin spesial untuk dikenakan kaum adam.

Mengutip E! News, Sang penulis surat juga meminta para undangan untuk mengajak aktivis hak-hak perempuan saat menghadiri acara malam penganugerahan nanti, seperti yang dilakukan Emma Watson, Meryl Streep dan Michelle Williams yang mengajak para aktivis bidang itu untuk menghadiri malam pembagian piala Golden Globes 2018 beberapa saat lalu.

BAFTA 2018 akan digelar di Royal Albert Hall, London pada 18 Februari mendatang.

(res)