Kunto Aji Bicara Kesehatan Mental di Album Baru

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Jumat, 14/09/2018 19:01 WIB
Kunto Aji Bicara Kesehatan Mental di Album Baru Kunto Aji. (Dok. Endro Priherdityo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyanyi Kunto Aji merilis album baru bertajuk 'Mantra Mantra' secara digital. 'Mantra Mantra' berisikan sembilan lagu yang mengangkat isu kesehatan mental dari pengalaman pribadi Aji.

"Gue menuangkan dalam lagu apa yang gue alami. Tapi yang gua sampaikan lewat lagu itu hanya sisi permukaan, jadi orang lain bisa merasakan hal yang sama," kata Aji saat jumpa media di kawasan Bangka, Jakarta Selatan, Kamis (14/9).

Aji menjelaskan apa yang disebut kesehatan mental bukan berarti orang yang depresi hingga ingin bunuh diri.


Menurutnya masalah kecil seperti percintaan juga termasuk dalam masalah mental kesehatan.

Sembilan lagu dalam 'Mantra Mantra' adalah 'Sulung', 'Rancang Rencana', 'Pilu Membiru', 'Topik Semalam', 'Rehat', 'Jakarta Jakarta', 'Konon Katanya', 'Saudade dan Bungsu'.

Lagu 'Konon' Katanya sudah dirilis sebagai single pada November 2017 lalu

Aji mengibaratkan lagu 'Sulung' sebagai jembatan menuju lagu-lagu dalam 'Mantra Mantra'. Oleh karena itu lagu 'Sulung' ditempatkan pada urutan pertama.

Sementara lagu 'Rancang Rencana' bercerita tentang perubahan manusia menemukan jati diri terbaik.

Kemudian lagu 'Pilu Membiru' bercerita tentang suatu masalah dalam diri yang tidak diselesaikan karena dianggap sepele.

"Inti 'Pilu Membiru' soal unfinished business, kadang kita lari dari masalah padahal itu selalu ada di kepala. Unfinished business bisa diartikan sebagai mantan atau apa pun," kata Aji.

Dari sembilan lagu, 'Rehat' dapat dikatakan sebagai lagu yang paling menarik.

Pada lagu ini Aji memasukkan frekuensi 396Hz yang menurut penelitian bisa mengeluarkan pikiran negatif.

Untuk penempatan frekuensi Aji dibantu oleh penyayi Petra Sihombing yang berperan sebagai produser.

Aji percaya pada Petra karena sempat mengambil pelajaran skoring film. Pun Petra juga menjadi produser untuk lagu 'Jakarta Jakarta'.

Selain Petra, Aji juga menggandeng Ankadiov Subran, Bam Mastro dan Anugrah Swastadi. Bam memproduseri lagu 'Saudade', Uga memproduseri lagu 'Konon Katanya' dan Akadiov memproduseri lagu 'Sulung', 'Rancang Rencana', 'Pilu Membiru', 'Topik Semalam' dan 'Bungsu'.

'Mantra Mantra' terasa masih mengandung genre pop seperti album perdana Aji yang bertajuk 'Generation Y'. Meski begitu terasa ada sedikit sentuhan R&B dalam beberapa lagu.

Aji yakin karakter musiknya tetap bertahan meski saat ini sedang ramai musik hip hop dan electronic dance music. Menurutnya saat ini pendengar musik sangat variatif dan tidak terpaku pada satu genre.

"Saya enggak masalah dengan yang sedang tren. Sekarang siapa aja bisa berdiri, musik yang segmented punya pendengar masing masing," kata Aji.

(ard)