Paramore Setop Nyanyikan Lagu 'Misery Business'

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 12/09/2018 19:07 WIB
Paramore Setop Nyanyikan Lagu 'Misery Business' Band Paramore. (Alberto E. Rodriguez/Getty Images for CBS Radio Inc./AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam konser di Nashville Municipal Auditorium, Amerika Serikat, pada akhir pekan kemarin, band Paramore menyatakan bahwa tak lagi menyanyikan lagu berjudul 'Misery Business'.

Lirik yang kontroversial menjadi alasan utama Hayley Williams dkk tak lagi menyanyikan lagu tersebut.


"Malam ini kami akan memainkan lagu ini untuk yang terakhir kalinya. Ini adalah sebuah pilihan yang kami rasa harus dilakukan. Kami juga merasa sekarang waktu yang tepat untuk menjauh dari lagu ini untuk sementara waktu," ujar Hayley.


"Lagu ini kami nyanyikan untuk yang terakhir kali sebagai penanda bahwa kita semua pernah berbuat kesalahan. Untuk semua hal memalukan yang pernah kita perbuat. Tapi kita menyadarinya dan mengubah sikap kita sekarang," lanjutnya.


Dirilis pada 2007 dalam album 'Riot', lagu 'Misery Business' menuai kontroversi atas lirik yang berbunyi: Second chances, they don't ever matter, people never change / Once a whore, you're nothing more, I'm sorry that'll never change.

Lirik itu dinilai bersifat merendahkan wanita dan anti-feminis.

Atas kontroversi yang terjadi, mantan istri vokalis New Found Glorey, Chad Gilbert, itu sempat membuat pernyataan di situs Tumblr pada 2015 silam.


"'Misery Business' bukan sebuah lirik yang menggambarkan diri saya sekarang. Bahkan saya tidak terhubung dengan lirik tersebut sejak lama. Sesungguhnya lirik tersebut saya tulis ketika berusia 17 tahun, dari hasil sebuah pemikiran sempit. Kata-kata di dalamnya bukan sebuah pernyataan yang mengandung filosofi tertentu," tulisnya.

Dilansir dari NME, Hayley juga sempat mengungkapkan perasaan risih akan kontroversi yang ditimbulkan pada perayaan tepat 10 tahun rilisnya lagu 'Misery Business'.

"Saya menulis lirik lagu ini jauh sebelum liriknya menjadi kontroversi. Saya menyesal telah membuatnya sekarang," ujar Hayley.

Para penggemar mengaku senang mengetahui Paramore tak akan menyanyikan lagi lagu 'Misery Business'.

Namun tak sedikit yang merasa sedih, karena di luar anggapan merendahkan wanita dan anti-feminis, lagu itu memiliki kualitas musik yang baik.

[Gambas:Youtube]

(dna/ard)