Kemaluan Batman Dilukis Jelas di Komik, DC Akan Sensor

Tim, CNN Indonesia | Senin, 24/09/2018 00:21 WIB
Kemaluan Batman Dilukis Jelas di Komik, DC Akan Sensor Ilustrasi Batman. (REUTERS/Benoit Tessier)
Jakarta, CNN Indonesia -- Untuk pertama kalinya, penis Batman tergambarkan dalam buku komik. Pada salah satu halaman, pahlawan berjubah hitam itu berjalan tanpa pakaian.

Gambar komik tersebut diunggah salah satu pengguna twitter dengan akun @ArtisticVM. Pada foto salah satu halaman dari komik Batman dengan judul 'Batman: Damned', tampak sosok sang pahlawan malam kota Gotham itu berjalan tanpa busana. Di belakangnya terlihat kostum sang pahlawan dan Batmobile. Lokasi Batman alias Bruce Wayne itu tampak seperti berada di dalam markasnya, Batcave.


Penggambaran vulgar kemaluan Batman itu pun sontak menjadi perbincangan di media sosial. Bahkan, itu menjadi lelucon tersendiri bagi dunia hiburan di Amerika Serikat. Komedian Seth Meyers yang memiliki program bincang-bincang di saluran televisi NBC. Dalam monolognya, Meyers menyindir, "Well, Saya hanya bisa mengatakan bahwa saya senang orang tuanya [Bruce Wayne] sudah tidak ada untuk menyaksikan ini."


"Saya tak ingin menyebut ini impresif, tapi beginilah situasi langit di kota [Gotham] malam ini," sambung Meyers.

Meyers lalu menunjukkan ilustrasi kota Gotham yang dipenuhi cahaya lampu dengan bayangan kelelawar sebagai tanda panggilan bagi Batman.

Komedian asal Amerika lainnya, Stephen Colbert pun tak kalah satire menyikapi penampakan jelas kemaluan Batman di komik tersebut. Lewat akun Twitternya, aktor berusia 54 itu menyindir Batman di masa lampau.



Menanggapi perihal tersebut, DC Comics yang menerbitkan komik Batman mengonfirmasi akan melakukan penyensoran dengan menghapus penggambaran tegas kemaluan Batman tersebut di cetakan selanjutnya. Seperti dilansir Metro, penghapusan itu pun akan dilakukan karena gambar vulgar kemaluan itu tak menambah isi cerita pada komik tersebut.


Komik 'Batman: Damned' ini ditulis Brian Azzarello dan digambar Lee Bermejo. Dalam komik tersebut Joker yang dikenal sebagai musuh abadi Batman diceritakan telah tewas. Batman pun lalu meminta bantuan John Constantine untuk mencari pembunuh Joker.

'Batman: Damned' merupakan bagian dari rangkaian komik DC bertajuk DC Black Label. Serangkaian komik itu disebutkan menyasar pasar orang dewasa sehingga menampilkan kekerasan yang lebih berat, caci maki dan tubuh telanjang.

Berbeda dengan komik, film yang mengisahkan kehidupan Joker tengah digarap dan diperankan Joaquin Phoenix dan disutradarai Todd Phillips.

(adp/ard)