Duta S07 Merasa Kalah Kemampuan Nyanyi dari Anak

CNN Indonesia | Minggu, 11/11/2018 12:56 WIB
Duta S07 Merasa Kalah Kemampuan Nyanyi dari Anak Bagi Duta vokalis Sheila on 7, bernyanyi bersama di mobil jadi caranya terkoneksi dengan anak. (Foto: Screenshot via instagram (@shadjo04))
Jakarta, CNN Indonesia -- Jika bagi sebagian orang mobil hanya berfungsi untuk sarana transportasi, hal ini nampaknya tak berlaku bagi keluarga vokalis grup musik Sheila on 7, Duta. Bagi Duta dan anak-anaknya, mobil kerap 'disulap' menjadi ruang karaoke keliling yang baurkan kecintaan mereka terhadap musik.

Ibarat buah jatuh tak jauh dari pohonnya, kedua buah hati Duta, Aisha (14) dan Bima (13), turut memiliki ketertarikan di dunia musik layaknya sang ayah.

Hal ini yang membuat ketiganya kerap bersenandung bersama dan bertukar referensi musik satu sama lain. Kebiasaan ini Duta akui telah dimulainya sejak anak-anak masih kecil.


"Saya memperdengarkan referensi-referensi musik saya. Kalau lagu-lagu dulu pasti saya perdengarkan semua kayak Beatles, Queen. Pokoknya musik-musik yang saya dengarkan zaman dulu yang saya rasa baik, yang saya rasa secara musikalitas bagus, saya suruh mereka dengarin," ujar Duta kala diwawancarai CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon beberapa hari yang lalu.

Meski dirinya yang pertama kali membuat mereka bersentuhan dengan dunia musik, pria bernama lengkap Akhdiyat Duta Modjo ini merasa kedua anaknya punya antusiasme yang sama hingga membuatnya leluasa memberikan asupan seni musik lainnya.

Pemberian asupan musik di keluarga Duta juga tak berlangsung satu arah.

Duta tak hanya memperdengarkan musik-musik kesukaannya saja kepada kedua anaknya, tetapi ia juga berusaha berbaur dengan musik pilihan sang anak seperti lagu Ed Sheeran dan Meghan Trainor.

Hal ini ia lakukan agar bisa memiliki irisan musik yang luas dengan sepasang anaknya.

"Kalau di mobil itu sudah jadi tempatnya kita nyanyi bareng. Hampir setiap waktu kita bisa nyanyi bareng, ada lagu yang sama-sama kita seneng, pasti ya teriak-teriak bareng," ucapnya.

Duta bersama istri dan anak-anaknya.Duta bersama istri dan anak-anaknya. (Screenshot via instagram (@duta507))


Tak hanya mewariskan pengetahuan soal musik, suara merdu Duta rupanya turut diturunkan kepada anak sulung, Aisha.

Pada Mei silam, pelantun lagu Film Favorit ini sempat melangsungkan siaran langsung di akun Instagram bersama anaknya. Dalam video tersebut, Duta dan Aisha nampak kompak bersenandung dan berbagi suara dalam lagu-lagu yang diputar di mobil mereka.

Pria kelahiran 1980 tersebut bahkan pernah mengajak anak-anaknya untuk ambil bagian sebagai penyanyi di album Sheila On 7. Kejadian yang tak direncanakan tersebut terjadi di sebuah sesi rekaman lagu Selamat Datang yang tersemat di album Musim yang Baik.

"Mereka yang mengisi, mereka deg-degan tapi karena itu ada di dalam darahnya mereka. Mereka memang seorang penyanyi yang sangat baik untuk seusia mereka. Saya waktu seumuran mereka, saya nyanyinya belum kayak mereka. Apalagi anak saya yang cewek ya, itu anak saya yang cewek memang seneng banget nyanyi dia," ujar Duta.

Sebagai seorang ayah, Duta berhasrat untuk menjalani aktivitas-aktivitas yang sekiranya disenangi kedua anaknya. Ia menyadari bahwa anak-anaknya sudah di dalam tahap usia yang mampu memilih kegiatan yang akan mereka jalani sendiri.

Maka untuk memiliki waktu berkualitas dengan anak-anaknya, suami dari aktris Adelia Lontoh ini memilih untuk menjadi kawan baik bagi anak-anaknya. Salah satunya adalah dengan berbagi hobi dan kesukaan.

Hingga saat ini, musik mampu menjadi salah satu benang merah yang mendekatkan koneksi antara sosok ayah dan anak ini.

Ingin Jadi Sahabat

Bagi seorang Duta, anak adalah muara dari segalanya. Semua kerja keras dan apapun yang ia kerjakan dalam hidup merupakan sebuah usaha untuk memenuhi tanggung jawabnya sebagai seorang ayah kepada kedua anak.

Maka dari itu, ia berkeinginan untuk menjadi seorang sahabat sekaligus teladan di mata anak-anaknya.

"Kalau saya sama anak-anak lebih mencoba kayak teman sih. Dari segala hal, kayak kalau ngobrolin apa gitu, ngebahas, ngasih tau konteksnya lebih ke ngobrol. Jadi antara ayah dan anak lebih ke sopan santunnya saja," ujar Duta.

Ia pun berharap sosoknya mampu menjadi seorang teladan kepada anak-anaknya di dalam segala hal, termasuk dalam ketidaksempurnaan.

"Kalau ada sesuatu dari saya yang kurang pantas dicontoh, mereka bisa tahu itu. Saya pun akan mengakui bahwa Bapak begitu dan kamu seharusnya tidak begitu. Jadi contoh, segala macam yang saya lakukan bisa jadi bahan riset mereka di kemudian hari," ucapnya.

Hampir di setiap kesempatan, ia selalu memberikan ruang berpendapat untuk Aisha dan Bima. Duta tak ingin anak-anaknya urung mengutarakan pendapatnya sendiri kepada sang ayah karena rasa takut.

Ia enggan memposisikan diri sebagai pihak yang selalu lebih benar dan sang anak pasti menjadi pihak yang tak tahu-menahu.

Duta juga mengaku tak pernah mendorong anak untuk memiliki nilai yang baik di sekolah. Baginya, usaha terbaik yang dikerahkan kedua anaknya lebih penting dibandingkan hasil yang didapatkan.

Sebagai ayah, ia merasa ia hanya mampu memfasilitasi usaha-usaha tersebut tanpa menuntut hasil.

Menikah di usia muda, Duta mengungkapkan hal ini menjadi kelebihannya sebagai seorang ayah. Usianya yang tak terpaut jauh dengan anak membuatnya mampu mengimbangi topik yang relevan dengan usia anak-anak.

Pekerjaan sebagai vokalis Sheila on 7 kerap mempertemukannya dengan kawula muda yang umurnya tak jauh dari usia Aisha.

"Saya masih mungkin mengikuti kesenangan mereka, jadi ngerasa mereka bisa kayak teman saya dan harapan saya mereka juga anggap saya seperti itu. Bokapnya nggak terlalu tua untuk umur mereka," jelas Duta.

"Mungkin kalo jaraknya jauh jadi segen atau anggep kuno banget ah gitu. Kalo mereka harusnya nggak seperti itu, karena bokapnya gaul dan update juga," lanjutnya.

(dna/rea)