Diprotes Fan, Netflix Batal Hapus Serial 'Friends'

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 04/12/2018 16:40 WIB
Diprotes Fan, Netflix Batal Hapus Serial 'Friends' Penggemar langsung bereaksi mendengar rencana Netflix itu. (Foto: Dok. Warner Bros. Television)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dunia maya sempat digaduhkan akan kemungkinan serial ikonis Friends ditiadakan dari Netflix per akhir 2018. Menanggapi hal itu, pihak layanan penyedia streaming tersebut langsung mengumumkan bahwa mereka akan tetap menyuguhkan serial Friends.

Keriuhan soal penghapusan serial yang tayang pertama kali di TV pada 1994 ini bermula karena sebuah catatan--kini telah dihapus-- di Netflix yang mengindikasi bahwa Friends tak lagi tayang per 1 Januari 2019.

Meski serial itu tak jadi ditiadakan mulai awal tahun depan, tapi pecinta Friends hanya dapat menyaksikannya hingga akhir 2019 saja.


"The Holiday Armadillo [mengacu pada salah satu adegan ikonis Friends] telah mengabulkan permintaanmu: 'Friends' akan tetap ada untuk kalian di AS sepanjang 2019," tulis akun Twitter Netflix AS.




Mengutip Variety, Friends merupakan salah satu tayangan paling populer di Netflix, dan menurut 7Park Data, serial ini berada dalam posisi 10 besar tayangan paling banyak ditonton selama 12 bulan sejak September 2016.

Netflix pertama kali menayangkan keseluruhan 10 musim Friends yang mencakup 236 episode kepada pelanggan di AS dan Kanada pada Januari 2015, berdasarkan kesepakatan dengan Warner Bros.

Belakangan muncul spekulasi bahwa Warner Bros tidak akan memperbarui kesepakatan dengan Netflix untuk serial Friends dan konten populer lainnya. Itu dikarenakan WarnerMedia berencana meluncurkan layanan streaming sendiri per kuartal keempat 2019. Secara terpisah, Disney pun mengakhiri kesepakatan dengan Netflix menyusul rencana peluncuran layanan streaming Disney+ akhir tahun depan.

Dibintangi Jennifer Aniston, Courteney Cox, Lisa Kudrow, Matt LeBlanc, Matthew Perry, dan David Schwimmer, Friends bercerita tentang sekelompok teman berusia 20-an yang tinggal di Manhattan.


Serial ini semula tayang di NBC sejak 1994 hingga 2004 di bawah produksi Warner Bros. Television yang bekerja sama dengan Bright / Kauffman / Crane Prods.

Sehari sebelum pengumuman pembatalan Friends ditarik dari Netflix per awal 2019, sejumlah pecinta serial itu sempat mengeluhkan dan mengancam akan berhenti berlangganan.

"Satu-satunya alasan saya memiliki akun Netflix adalah untuk menyaksikan ulang Friends. Kenapa kau menyakiti kami Netflix," tulis penyanyi Hayley Kiyoko di Twitter.



(agn/rea)