Setahun Kematian Jonghyun 'SHINee', SM Rilis Video Kenangan

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Selasa, 18/12/2018 09:13 WIB
Setahun Kematian Jonghyun 'SHINee', SM Rilis Video Kenangan Agensi SHINee, SM Entertainment merilis sebuah video mengharukan untuk mengenang setahun kematian anggota mereka yang berbakat, Jonghyun. (Yonhap/via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Agensi mendiang Jonghyun, SM Entertainment merilis sebuah video berisi kenangan vokalis utama SHINee tersebut tepat tengah malam menuju momen setahun kematiannya.

Video yang diunggah ke media sosial tersebut berisikan foto-foto Jonghyun baik dalam sesi pemotretan maupun dalam pentas di atas panggung, diiringi lagu bernuansa melankolis.

Foto-foto tersebut kemudian berkumpul menjadi satu membentuk mosaik dari foto Jonghyun yang lebih besar disertai tulisan dari agensi untuk sang mendiang musisi.


"Jonghyun. Kami mengingatmu. Kami akan selalu mencintaimu selamanya. Dari keluarga SMTOWN." kata tulisan tersebut.



Pihak agensi pun sempat mengadakan upacara mengenang setahun kematian Jonghyun tadi malam (17/12) di SMTOWN Theatre di Seoul. Acara tersebut juga berisikan momen mengenang dari the Shiny Foundation, yayasan yang dibuat oleh keluarga Jonghyun usai kematiannya.

Jonghyun ditemukan tak sadarkan diri pada 18 Desember 2017 di apartemennya di Cheongdam-Dong, Seoul.

Ia sempat dilarikan ke rumah sakit, namun tak bisa diselamatkan. Setelah agensi mengonfirmasi kematiannya, polisi menginvestigasi kasus itu dan menyimpulkan bahwa Jonghyun meninggal karena bunuh diri dan tidak akan diautopsi.


Semasa hidupnya, Jonghyun dikenal sebagai anggota andalan dari SHINee. Dirinya dikenal amat aktif menulis lagu dan memiliki kekuatan lirik dengan perasaan yang mendalam.

Bukan hanya untuk SHINee, Jonghyun juga sempat menggarap musik untuk musisi lain, salah satunya IU. Jonghyun sempat menjadi komposer untuk lagu IU, 'A Gloomy Clock'.

Setahun Kematian Jonghyun, Agensi Rilis Video Kenangan(CNN Indonesia/Timothy Loen)

Pada 2015, Jonghyun SHINee merilis mini album solo bertajuk Base dan menggelar konser solo perdana yang bertajuk 'The Story by Jonghyun'. Pada 2016, dirinya pun merilis album solo debut yang bertajuk 'She Is'.

Jonghyun pun dimakamkan pada 21 Desember 2017 pukul 09.00 waktu setempat setelah sempat disemayamkan di rumah duka di Rumah Sakit Asan, Seoul.

Para personel SHINee yang ditinggalkan, Lee Jinki (Onew), Kim Kibum (Key), Choi Minho, dan Lee Taemin berada di sisi Jonghyung hingga ke peristirahatan terakhirnya. Mereka menjadi pengiring jenazah Jonghyun.

[Gambas:Video CNN] (end)