'BOOMBAYAH' Antar BLACKPINK Kuasai Dunia Virtual

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 28/12/2018 15:40 WIB
'BOOMBAYAH' Antar BLACKPINK Kuasai Dunia Virtual Girlband BLACKPINK terus-menerus bersinar terutama jelang akhir 2018 ini. (Foto: CNN Indonesia/Diana Valencia)
Jakarta, CNN Indonesia -- BLACKPINK kembali mencatatkan raihan mengesankan di YouTube lewat video musik. Sampai saat ini klip berdurasi empat menit tiga detik itu ditonton lebih dari 450 juta kali.

Dengan begitu, BOOMBAYAH menjadi video musik ketiga BLACKPINK yang ditonton 450 juta kali lebih. Sebelumnya video DDU-DU DDU-DU ditonton lebih dari 570 juta kali, sementara klip As If It's Your Last meraih klik 473 juta lebih.

Capaian itu tergolong positif karena tidak mudah bagi musisi agar videonya ditonton lebih dari 450 juta kali. Selain tiga video musik tersebut, hanya video musik DNA dan Fire milik BTS yang juga ditonton lebih dari 450 juta pasang mata.


Sebelumnya, video DDU-DU DDU-DU ditetapkan sebagai video musik K-Pop paling populer tahun ini. Pemberitahuan itu diumumkan oleh YouTube berdasarkan data yang dikumpulkan sejak 24 November 2017 hingga 23 November 2018.


Dari daftar yang berisi 10 video musik Korea paling populer, YouTube menyatakan bahwa 85 persen penonton rata-rata berada di luar Korea Selatan. Data tersebut seolah mengindikasikan bahwa K-Pop telah mendunia dan diterima secara global.

Sejak dirilis pada 15 Juni 2018, video musik DDU-DU DDU-DU telah ditonton lebih dari 571 juta kali hingga hari Jumat (28/12). Sebelumnya, video yang sama ditetapkan sebagai yang paling cepat mendapat 300 juta penonton dalam kurun waktu dua bulan.

Di bawah BLACKPINK, BTS menempati tiga posisi teratas dengan video musik Fake Love, MIC Drop (Steve Aoki Remix) dan IDOL. Setelahnya, ada BBoom BBom milik MOMOLAND yang menempati posisi kelima.


Tidak hanya BTS, mengutip Soompi, girlband TWICE pun turut mengisi tiga posisi di daftar 10 teratas dengan Heart Shaker di posisi keenam, What Is Love? di posisi ketujuh dan Dance the Night Away di posisi ke-10.

Mini album bertajuk Square Up tak dapat disangkal sukses mengangkat nama BLACKPINK ke telinga internasional, menembus pasar Amerika dan Inggris. Menjelang akhir tahun, keempat gadis ini makin berkilau dengan kolaborasi bersama Dua Lipa dalam 'Kiss and Make Up'.

Bulan Oktober lalu diumumkan bahwa masing-masing personel BLACKPINK akan bersolo karier, diawali oleh Jennie melalui 'Solo' dan bakal diikuti Rose dalam waktu dekat ini. (adp/rea)