'Black Panther' dan Upaya Pahlawan Super Tembus Golden Globes

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Minggu, 06/01/2019 13:46 WIB
'Black Panther' dan Upaya Pahlawan Super Tembus Golden Globes 'Black Panther' menjadi film pahlawan super pertama yang tembus nominasi Golden Globes untuk film terbaik kategori drama. (Dok. Marvel Entertainment via youtube)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejak rilis Februari tahun lalu, Black Panther menuai banyak pujian dan mendapat ulasan positif dari berbagai media.

Selain ceritanya menarik, film ini juga melibatkan banyak sineas berdarah Afrika-Amerika. Ia bahkan bisa dibilang film Marvel pertama yang didominasi aktor kulit hitam.

Black Panther sudah meraih kesuksesan sejak penayangan pekan perdana. Berdasarkan data Box Office Mojo, film ini berhasil meraup US$202 juta atau setara dengan Rp2,8 triliun. Itu mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Deadpool (2016) dengan US$132,4 juta.



Seraya tayang di bioskop berbagai negara, Black Panther tercatat memecahkan lima rekor di Amerika Utara.

Yaitu rekor film dengan pembukaan akhir pekan Februari terbesar, pembukaan akhir pekan musim dingin terbesar, pembukaan akhir pekan President's Day terbesar, pendapatan terbesar di penayangan Senin dan pendapatan terbesar di penayangan Kamis di Februari.

Belum berhenti sampai di situ, Black Panther masih terus meraih prestasi.

Salah satunya adalah menjadi film pertama yang tayang di bioskop Arab Saudi setelah pemerintah mencabut larangan operasi bioskop dan meraih penghargaan film terbaik African-American Film Critics Association (AAFCA) 2019.


Belum lagi penghargaan dari berbagai ajang yang didapat dari berbagai kategori. Seperti Best Director AFFCA 2019, Top 10 Films of the Year American Film Institute 2019 dan Best Movie BET Awards 2018. Total Black Panther memenangi 49 penghargaan dari 167 nominasi di berbagai ajang pernghargaan.

Jumlah nominasi itu sudah termasuk di Golden Globe Awards ke-76 atau Golden Globes 2019.

Film yang disutradarai Ryan Coogler ini masuk nominasi Best Motion Picture - Drama, Best Original Score dan Best Original Song.


Ia pun menjadi film pahlawan super pertama yang masuk nominasi Best Motion Picture - Drama. Film yang dibintangi Chadwick Boseman itu bersaing dengan BlacKkKlansman, Bohemian Rhapsody, If Beale Street Could Talk dan A Star Is Born.

Sebelum Black Panther memang ada film pahlawan super yang masuk nominasi Golden Globe Award, namun bukan Best Motion Picture dan bukan pula dalam kategori drama.

The Dark Knight (2008) mendapatkan nominasi dan memenangi Golden Globe Awards berkat penampilan Heath Ledger yang ikonis menjadi Joker. Juga ada Deadpool (2016) yang masuk nominasi Best Motion Picture - Musical or Comedy.

[Gambas:Video CNN]

Walau sudah mendapat sekian banyak nominasi dan penghargaan, Walt Disney Studios berambisi Black Panther mencetak rekor di Academy Awards 2019 alias Oscar 2019.

Total ada 16 kategori Academy Awards 2019 yang diajukan Disney. Sejumlah kategori bergengsi jadi target Black Panther, seperti Best Picture, Best Director dan Best Actor.

Mari kita saksikan, apakah Black Panther akan mencetak rekor baru di Golden Globes kali ini sebagai film pahlawan super pertama yang memenangi penghargaan Best Motion Picture. Jika itu tercapai, bukan tidak mungkin ia juga berjaya di Oscar 2019.

Sebab biasanya, Golden Globes bisa 'memprediksi' pemenang Oscar dengan cukup jitu. (adp/rsa)