LIVE REPORT

Tim
Tim

CNN Indonesia

Senin, 25/02/2019 06:30 WIB

Momen Penting

LIVE: Academy Awards 2019

LIVE: Academy Awards 2019

Academy Awards 2019 digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (24/2) malam waktu setempat.

  • 25 Feb 11:23

    Oscar 2019 Berakhir

    Tanpa pemandu acara, dengan sedikit iklan, dan kejutan di pemenang Film Terbaik, Oscar 2019 telah berakhir.

    Bohemian Rhapsody mendapat Piala Oscar Terbanyak, yakni empat buah. Ia disusul Black Panther, Green Book dan Roma yang masing-masing mendapat tiga penghargaan.

    Sampai jumpa di Academy Awards tahun depan.
  • 25 Feb 11:14

    Film Terbaik Oscar 2019: 'Green Book'

    Green Book keluar sebagai juara Film Terbaik Oscar 2019. Dari lima nominasi yang didapat tahun ini, film itu memenangi tiga kategori termasuk Film Terbaik, Original Screenplay dan Aktor Pendukung Terbaik lewat Mahershala Ali.

    Film itu mengalahkan Black Panther, BLACKkKLANSMAN, Bohemian Rhapsody, The Favourite, Roma, A Star Is Born, dan Vice.

    "Cerita ini adalah tentang cinta," kata mereka di atas panggung. Tak lupa mereka menyebut Viggo Mortensen yang menjadi nomine Aktor Utama Terbaik namun kalah oleh Rami Malek. Demikian pula Mahershala Ali, yang memerankan pianis berkulit hitam.

    Green Book mengisahkan hubungan dan perjalanan dua sosok, yang diperankan Mortensen dan Ali. Keduanya adalah pianis berkulit hitam dan tukang pukul yang kemudian menjadi sopir berdarah Italia-Amerika.
  • 25 Feb 11:08

    'Roma' Kembali Bawa Pulang Piala lewat Sutradara Terbaik

    Alfonso Cuaron kembali naik ke atas panggung, kali ini karena memenangi Sutradara Terbaik, masih lewat filmnya, Roma. Ia mengalahkan Spike Lee (BLACKkKLANSMAN), Pawel Pawlikowski (Cold War), Yorgos Lanthimos (The Favourite), dan Adam McKay (Vice).

    Ini menjadi Piala Oscar ketiga untuk Roma. Cuaron berterima kasih pada AMPAS yang memberi ruang bagi film yang menyoroti pekerja rumah tangga. Ia kemudian berterima kasih pada keluarganya dan orang-orang Meksiko dalam bahasa Spanyol.
  • 25 Feb 10:58

    Olivia Colman Aktris Terbaik lewat 'The Favourite'

    Olivia Colman keluar sebagai pemenang Aktris Utama Terbaik. Ia mendapat gelar itu berkat aktingnya dalam The Favourite. Ini merupakan Piala Oscar pertama bagi Coleman yang mengawali akting sejak tahun 2000-an.

    Di atas panggung ia mengatakan, "Ini sedikit membuat stres. Ini untuk sutradara terbaik saya."

    Ia juga berterima kasih pada neneknya dan agensi yang menemukan bakatnya sekitar 20 tahun lalu. Ia mengucapkan semua itu dengan terisak.

    "Ini [momen] yang tidak akan terjadi lagi," imbuhnya sembari mengangkat Piala Oscar-nya, seakan tak ingin menyiakan kesempatannya berbicara.

    Colman juga menyinggung Lady Gaga yang menjadi pesaingnya, seperti Yalitza Aparicio (Roma), Glenn Close (The Wife) dan Melissa McCarthy (Can You Ever Forgive Me?).
  • 25 Feb 10:56

    Anggota Kongres Promosikan 'Green Book'

    Anggota Kongres John Lewis hadir di atas panggung Oscar 2019. Ia mempromosikan Green Book, salah satu nomine Film Terbaik. Ia mengatakan, "Pria dan wanita kulit hitam adalah bersaudara."
  • 25 Feb 10:48

    Rami Malek Menang Oscar di Best Actor

    Rami Malek berhasil meraih piala Oscar pertamanya di kategori Best Actor lewat perannya di 'Bohemian Rhapsody'.

    "Ya Tuhan, ibu saya di sini, ada di suatu tempat. Saya cinta kamu Bu!" kata Rami Malek memulai pidator kemenangannya. Ia sempat gugup untuk melanjutkan.

    Rami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membuatnya bisa di atas panggung Oscar. "Terima kasih Queen. Kalian fenomenal," lanjutnya.

    Rami mengalahkan Christian Bale - 'Vice', Bradley Cooper - 'A Star Is Born', Willem Dafoe - 'At Eternity's Gate', dan Viggo Mortensen - 'Green Book'.
  • 25 Feb 10:30

    Lady Gaga Bawa Pulang Oscar Lewat 'Shallow'

    Lady Gaga berhasil membawa pulang piala Oscar pertamanya usai memenangkan kategori Best Original Song lewat 'Shallow' dalam film 'A Star Is Born'.

    "Terima kasih banyak," kata Gaga terharu di atas panggung Oscar. Ia mengucapkan terima kasih kepada saudarinya, orang tua, dan keluarganya. "Dan terima kasih kepada Bradley, tak ada orang yang bisa saya nyanyikan lagu ini selain denganmu,"



    Ia mengalahkan 'All The Stars' - 'Black Panther', 'I'll Fight' - 'RBG', 'The Place Where Lots Things Go' - 'Mary Poppins Returns', dan 'When A Cowboy Trades His Spurs For Wings' - 'The Ballad of Buster Scruggs'. Gaga juga menyampaikan pesan bahwa butuh kerja keras dan disiplin untuk mengejar mimpi, serta tidak menyerah.

    'Black Panther' sebelumnya diumumkan menambah piala Oscar 2019 lewat kategori Best Original Score. Film ini mengalahkan 'BLACKkKLANSMAN', 'If Beale Street Could Talks', 'Isle of Dogs', dan 'Mary Poppins Returns'.
  • 25 Feb 10:19

    'BLACKkKLANSMAN' Raih Naskah Adaptasi Terbaik

    Begitu rampung 'Green Book' menang Best Original Screenplay, film 'BLACKkKLANSMAN' diumumkan meraih piala Oscar untuk kategori Best Adapted Screenplay.

    'BLACKkKLANSMAN' mengisahkan penyelundupan detektif keturunan Afrika-Amerika ke organisasi rasial Ku Klux Klan. Film ini mengalahkan 'The Ballad of Buster Scruggs', 'Can You Ever Forgive Me', 'If Beale Street Could Talk', dan 'A Star Is Born'.
  • 25 Feb 10:14

    'Green Book' Raih Naskah Asli Terbaik

    'Green Book' berhasil meraih kategori Best Original Screenplay. Ini merupakan piala kedua bagi film ini usai Mahershala Ali memenangkan kategori Best Supporting Actor. Piala untuk 'Green Book' diwakili oleh Nick Vallelonga yang merupakan anak dari Tony Lip, karakter utama dalam film ini.

    Sebelumnya film 'Skin' berhasil membawa pulang Oscar dalam kategori Live Action Short Film. 'Skin' mengisahkan mantan anggota grup skinhead, Bryon Widner.
  • 25 Feb 10:00

    Bradley Cooper-Lady Gaga Duet Bawa 'Shallow'

    Aktor Bradley Cooper akhirnya menggandeng Lady Gaga ke atas panggung Oscar 2019 untuk tampil membawakan lagu 'Shallow'. Cooper mengaku sebelumnya dia sudah latihan untuk tampil di ajang tertinggi perfilman dunia tersebut.

    Lady Gaga tampil dengan dress hitam dan memainkan piano yang sudah disiapkan usai pembacaan pemenang kategori Best Visual Effect, 'First Man'. Lagu 'Shallow' sendiri mendapatkan nominasi di kategori Original Song.

    Penampilan keduanya amat romantis dan ditutup Cooper bersanding dengan Lady Gaga di depan piano.
  • 25 Feb 09:56

    'First Man' Raih Efek Visual Terbaik

    Film 'First Man' akhirnya membawa pulang piala Oscar melalui kategori Best Visual Effect. Film tentang Neil Armstrong tersebut mengalahkan 'Avengers: Infinity War', 'Christopher Robin', 'Ready Player One', dan 'Solo: A Star Wars Story'.
  • 25 Feb 09:47

    Film tentang Menstruasi Menang Oscar

    "Saya tidak percaya film tentang menstruasi bisa memenangi Oscar!" demikian kata Period. End of Sentence yang menang Best Documentary Short Subject. Ia menambahkan, "Saya tidak tahu apakah saya menangis ini juga karena sedang menstruasi."

    Film yang ditayangkan di Netflix itu mengalahkan Black Sheep, End Game, Lifeboat, dan A Night at the Garden.
  • 25 Feb 09:44

    Film Animasi Pendek Terbaik, 'Bao'

    Bao, film animasi pendek tentang bakpao yang imut dan lucu itu, menang Animasi Pendek Terbaik, mengalahkan Animal Behavior, Late Afternoon, One Small Step, dan Weekends. Di atas panggung pun terdengar teriakan ini saat sang pemenang berpidato, "Jangan takut menyuarakan suaramu kepada dunia!"

    Bao merupakan film pendek dari Disney.
  • 25 Feb 09:31

    'Spider-Man: Into the Spider-Verse' Jadi Animasi Terbaik

    Sebanyak 800 pembuat film yang bergabung untuk Spider-Man: Into the Spider-Verse merasakan kemenangan untuk Film Animasi Terbaik. Mereka mengalahkan Incredibles 2, Isle of Dogs, Mirai, dan Ralph Breaks the Internet.
  • 25 Feb 09:22

    Mahershala Ali, Aktor Pendukung Terbaik

    Daniel Craig dan Charlize Theron mengumumkan Aktor Pendukung Terbaik. Pemenangnya adalah Mahershala Ali, yang berperan dalam Green Book. Ia mendedikasikan kemenangannya untuk sang nenek.

    "Dia [nenek saya] ada dalam hidup saya. Yang berkata, jika saya tidak sukses, coba dan coba lagi. Yang selalu mendorong saya untuk berpikir positif. Tanpanya, saya tidak akan ada di sini," ujar aktor Muslim itu.

    Mahershala Ali mengalahkan Adam Driver, Sam Elliot, Richard E Grant, dan Sam Rockwell.
  • 25 Feb 09:19

    Piala Ketiga untuk 'Bohemian Rhapsody'

    Lagu itu bergaung lagi. Bohemian Rhapsody kembali menjadi pemenang untuk Film Editing Terbaik. Ia mengalahkan BLACKkKLANSMAN, The Favourite, Green Book, dan Vice. Dalam pidato kemenangan tersebut, "Saya pikir Freddie Mercury bangga akan ini."
  • 25 Feb 09:12

    Keegan 'Mary Poppins' Michael Turun dengan Payung Hitam

    Keegan Michael turun menggunakan payung seperti Mary Poppins. Ia memperkenalkan Midler yang menyanyikan The Place Where Lost Things Go dari Mary Poppins Returns.

    LIVE: Academy Awards 2019Keegan Michael dengan payung ala 'Mary Poppins.' (REUTERS/Mike Blake)
  • 25 Feb 09:06

    'Roma,' Film Berbahasa Asing Terbaik

    Riuh tepuk tangan langsung mengisi Dolby Theatre saat Roma diumumkan sebagai salah satu nominasi Film Berbahasa Asing Terbaik. Benar saja, film yang disutradarai Alfonso Cuaron itu memang membawa pulang piala. Tepuk tangan pun semakin membahana.

    Cuaron mengaku banyak belajar dari membuat Roma. "Saya belajar tentang gelombang baru, yang bagian dari lautan. Para nomine malam ini, kita adalah bagian dari lautan yang sama," ujarnya. Cuaron pun berterima kasih pada semua pihak yang membuat Roma.

    Simak wawancara eksklusif CNNIndonesia.com dengan Alfonso Cuaron di sini.
  • 25 Feb 08:59

    'Bohemian Rhapsody' Juga Sabet Sound Mixing Terbaik

    Bohemian Rhapsody harus naik ke atas panggung lagi, karena film itu mengalahkan Black Panther, First Man, Roma, dan A Star Is Born.
    Tak lupa mereka berterima kasih kepada gitaris Queen Brian May.
  • 25 Feb 08:56

    Akhirnya, Piala Oscar untuk 'Bohemian Rhapsody'

    Piala Oscar untuk Sound Editing Terbaik jatuh ke tangan Bohemian Rhapsody. Film biopik Queen yang dibintangi Rami Malek itu mengalahkan Black Panther, First Man, A Quite Place, dan Roma. Ini Piala Oscar pertama untuk film yang belakangan dikelilingi kontroversi soal pelecehan seksual itu.
  • 25 Feb 08:50

    Jennifer Hudson Menampilkan 'I'll Fight'

    Meskipun RBG tak menang karena dikalahkan Free Solo, Jennifer Hudson tetap menyanyikan lagu I'll Fight yang liriknya ditulis bersama Diane Warren.
  • 25 Feb 08:47

    Oscar Minus Iklan

    Academy Awards menepati janji soal mengumumkan semua pemenang Oscar secara live. Mereka benar-benar memangkas durasi untuk iklan dan memilih menggeber pengumuman pemenang. Sedari tadi, hanya di awal saja iklan ditampilkan.

    Sebelumnya, itu sempat menjadi kontroversi. AMPAS, penyelenggara Oscar berniat mengumumkan sebagian pemenang secara off air. Namun itu banyak diprotes, sampai akhirnya mereka berjanji mengumumkan semua pemenang tanpa peduli durasi.
  • 25 Feb 08:44

    Sinematografi Terbaik: 'Roma'

    Alfonso Cuaron membawa pulang Piala Oscar ketiganya seumur hidup, kali ini berkat Roma. Film itu mengalahkan Cold War, The Favourite, Never Look Away, dan A Star Is Born. "Film ini dibuat dari memori saya," katanya, sembari berterima kasih pada semua yang terlibat dalam film itu.
  • 25 Feb 08:40

    'Black Panther' Menang Lagi

    Chris Evans dan Jennifer Lopez mengumumkan Desain Produksi Terbaik, yang akhirnya dimenangkan oleh Black Panther (Hannah Beachler). Ia mengalahkan The Favourite, First Man, Mary Poppins Returns, dan Roma. Ia berterima kasih kepada sutradara Ryan Koogler yang disebut membuatnya menjadi orang lebih baik.
  • 25 Feb 08:31

    'Black Panther' Bawa Pulang Piala Pertama

    Kostum Terbaik tahun ini dimenangkan oleh Black Panther. Sang desainer, Ruth Carter akhirnya memenangi Piala Oscar pertamanya setelahh tiga kali dinominasikan. Black Panther mengalahkan The Ballad of Buster Scruggs, Black Panther, The Favourite, Mary Poppins Returns, dan Mary Queen od Scots.

    Carter mengatakan di atas panggung, baginya ini adalah kemenangan Afrika-Amerika. Seperti diketahui Black Panther adalah film pertama Marvel dengan kulit hitam sebagai bintang utama bahkan sutradara dan desainernya. Dalam merancang busana Black Panther, Carter juga mempelajari budaya Afrika.

    Kostum dalam 'Black Panther.'Kostum dalam 'Black Panther.' (Dok. Marvel Studios/Walt Disney Pictures via imdb.com)
    Meski pahlawan super Black Panther sangat fenomenal, bagi Carter pahlawan super yang sesungguhnya tetap sang ibunda.
  • 25 Feb 08:27

    Riasan 'Vice' Dapat Piala

    Vice membawa pulang Piala Oscar pertama mereka. Film yang dibintangi Christian Bale itu menang untuk Best Make Up and Hairstyling, mengalahkan Border dan  Mary Queen of Scots.
  • 25 Feb 08:17

    'Free Solo' Menangi Dokumenter Terbaik

    Pemenang Film Dokumenter Terbaik adalah Free Solo. Pengumuman itu dibacakan oleh Helen Mirren dan Jason Momoa.

    "Terima kasih National Geographic karena percaya pada kami. Film ini adalah untuk mereka yang percaya pada hal yang tidak mungkin," ujar pemenang di atas panggung, yang baru pertama ini menerima Piala Oscar mereka.

    Free Solo bercerita tentang orang yang ke puncak El Capitan Wall yang berketinggian 3.000 kaki seorang diri.
  • 25 Feb 08:15

    Regina King Menang Aktris Pendukung Terbaik

    Regina King menjadi Aktris Pendukung Terbaik lewat If Beale Street Could Talk. Ia langsung menangis dan menyebut ibundanya saat berpidato kemenangan.
  • 25 Feb 08:06

    Oscar Dibuka!

    Penampilan Queen dan Adam Lambert membuka gelaran Academy Awards atau Oscar 2019, membawakan We Will Rock You lalu We Are The Champions.
  • 25 Feb 07:46

    Lady Gaga akan Telepon Nenek jika Menang Oscar

    Lady Gaga melenggang di karpet merah Oscar 2019 sendirian. Tak ada lagi Christian Carino yang menemaninya. Tunangan sekaligus agensinya itu sudah tak lagi menjalin hubungan asmara dengan sang Mother Monster. Padahal sebelumnya mereka berdua di SAG Awards dan Golden Globes 2019.

    Lady Gaga ke Oscar tanpa ditemani mantan tunangan.Lady Gaga ke Oscar tanpa ditemani mantan tunangan. (REUTERS/Mario Anzuoni)
    Maka saat ditanya siapa orang pertama yang akan ditelepon jika menang Aktris Utama Terbaik lewat perannya sebagai Ally di A Star Is Born dalam Oscar kali ini, Carino tidak ada dalam daftar panggil Gaga. Ia memilih menghubungi neneknya.

    "Kedua nenek saya. Tidak bisa memilih. Saya akan conference call dengan kedua nenek saya, itu dia," jawabnya dengan pasti.
  • 25 Feb 07:43

    Pahlawan Super di Karpet Merah

    Karpet merah Oscar 2019 juga diramaikan pahlawan super. Bintang Black Panther Chadwick Boseman, aktris utama Captain Marvel Brie Larson sudah terlihat di lokasi. Demikian pula Samuel L. Jackson. Dari DC Comics, Jason Momoa yang memerankan Aquaman juga sudah muncul.
  • 25 Feb 07:30

    Cerita Viggo Mortensen tentang Keluarga Tony Lip

    Di karpet merah Academy Awards 2019, Viggo Mortensen mengaku banyak belajar dari film yang dibintanginya dan mengantarnya menjadi nomine Aktor Utama Terbaik, Green Book. Ia berinteraksi langsung dengan keluarga Tony Lip, tukang pukul sekaligus sopir berdarah Italia-Amerika bagi musisi berkulit hitam Don Shirley. Menurutnya, keluarga Tony Lip sangat baik padanya.

    “Mereka berbagi foto, berbincang tentang kakek, paman, atau siapa pun dia [Tony Lip] bagi mereka,” ujarnya. Mortensen mengaku tidak ingin salah karena ia merepresentasikan tokoh yang benar-benar pernah ada. Apalagi ia harus beraksen Italia-Amerika.
  • 25 Feb 07:23

    Rami Malek Gandeng Lucy Boyntoyn

    Rami Malek yang menjadi nomine untuk Aktor Utama Terbaik berkat aktingnya menjadi Freddie Mercury dalam Bohemian Rhapsody telah datang di karpet merah Oscar 2019. Ia menggandeng Lucy Boyntoyn, lawan mainnya dalam film yang kemudian menjadi kekasihnya di dunia nyata.

    Film yang mereka bintangi, Bohemian Rhapsody juga bersaing untuk Film Terbaik di Academy Awards 2019.

    Rami Malek datang bersama Lucy Boynton.Rami Malek datang bersama Lucy Boynton. (Mark RALSTON / AFP)
  • 25 Feb 07:19

    Charlize Theron sampai Emma Stone Telah Tiba

    Charlize Theron, Emma Stone, Helen Mirren, Sam Elliott, Tina Fey, Maya Rudolph, Adam Lambert, dan Melissa McCarthy sudah tiba di karpet merah Oscar.

    Theron yang membawakan pengumuman Oscar tahun ini berbincang soal ibundanya di karpet merah. Sang ibunda adalah orang yang ia pertama sampaikan terima kasih saat menang Oscar.
  • 25 Feb 07:13

    Glenn Close, Nomine Aktris Terbaik

    Glenn Close mengaku sangat terkejut saat dirinya dipanggil ke atas panggung memenangi Aktris Utama Terbaik lewat film The Wife. Ia mengalahkan Lady Gaga yang juga dinominasikan untuk A Star Is Born.

    "Saya tidak menyangka bakal menang. Saya menyetel ekspektasi saya dengan sangat rendah," ujar Close di karpet merah Academy Awards kali ini.

    Bagaimana dengan Piala Oscar? Close tidak menjawab secara langsung. Yang jelas ia datang dengan penuh cinta karena merasakan semangat dari semua orang untuk Oscar. Bukan hanya dari kalangan Hollywood, tetapi juga internasional.
  • 25 Feb 07:07

    Mengapa Academy Awards Disebut Oscar?

    Mengapa Academy Awards disebut Oscar?

    Piala Academy Awards mengingatkan seorang anggota AMPAS pada pamannya yang bernama Oscar.Piala Academy Awards mengingatkan seorang anggota AMPAS pada pamannya yang bernama Oscar. (REUTERS/Mario Anzuoni)
    Sejarah di balik itu masih misteri, namun ada yang menyebut bahwa itu berasal dari Margaret Herrick, seorang pustakawan yang bekerja untuk AMPAS. Saat menjadi direktur eksekutif, ia mengatakan Piala Oscar yang berbentuk pria membawa pedang itu mengingatkannya pada pamannya yang bernama Oscar.
  • 25 Feb 06:56

    Tak Hanya 'Shallow' Lagu Oscar yang Ditampilkan

    Shallow bukan satu-satunya lagu dari film yang masuk Oscar dan ditampilkan di ajang Academy Awards kali ini. Selain duet Lady Gaga dan Bradley Cooper itu, Jennifer Hudson juga akan menyanyikan I’ll Fight hasil kolaborasinya bersama Diane Warren.

    Itu merupakan lagu dari dokumenter RBG, tentang Hakim Ruth Bader Ginsburg. Di karpet merah, ia mengatakan bahwa menyanyikan lagu itu “adalah bentuk dari sebuah gerakan.”
  • 25 Feb 06:49

    Riuh Sambutan untuk Selebriti

    Selebriti yang sudah terlihat di karpet merah di Dolby Theatre termasuk Gemma Chan, James McAvoy, Regina King, Diego Luna, Nicholas Hoult, Glenn Close, bahkan Marie Kondo yang punya serial menarik di Netflix.
  • 25 Feb 06:40

    Spike Lee: Kita Semua Menang!

    Spike Lee sudah terlihat di karpet merah Oscar 2019 dengan busana serba ungunya yang khas. Filmnya, BlacKkKlansman mendapat enam nominasi Oscar tahun ini, termasuk dirinya sebagai Sutradara Terbaik. Ini merupakan nominasinya setelah 30 tahun berjuang di dunia hiburan.

    Sebelum melangkah di karpet merah Oscar, ia berkicau di Twitter, menggubah Piala Oscar yang berwujud pria dengan tokoh di filmnya. Ia juga memberi aksesoris seperti topeng KKK di bagian bawah piala. Ditanya di karpet merah, Lee mengatakan itu piala untuk para nomine Film Terbaik.



    "Bukan untuk satu individu. Kita semua menang, kita semua pemenang," ujarnya.

    Di kategori Film Terbaik, BlackKklansman bersaing dengan Black Panther, Bohemian Rhapsody, The Favourite, Green Book, Roma, A Star Is Born, dan Vice.
  • 25 Feb 06:34

    Oscar Tanpa Pemandu Acara

    Oscar tahun ini diwarnai kontroversi. Ini akan menjadi penggebrak sejarah sebagai Oscar yang tak punya pemandu acara.

    Itu karena kasus Kevin Hart, yang akhirnya memutuskan mundur karena cuitan masa lalu yang dianggap 'homofobia.' Kelompok LGBT sendiri sudah tidak masalah dengan itu, namun Hart memilih tak mau berurusan dengan memandu Oscar lagi. Academy of Motion Pictures, Arts and Sciences (AMPAS) penyelenggara Oscar pun memutuskan Oscar tak bakal ada pemandu acara yang biasanya melakukan monolog untuk membuka acara, setelah kebingungan mencari pengganti Hart.
  • 25 Feb 06:30

    Karpet Merah Bertabur Selebriti

    Karpet merah Oscar telah bertabur selebriti. Inilah penghargaan bidang perfilman yang paling ditunggu oleh sineas di Hollywood maupun dunia. Tahun ini ada 24 kategori yang berebut dimenangkan oleh puluhan sineas serta film, termasuk Film Terbaik.

Related Articles