Taeyeon 'SNSD' Akui Derita Depresi

Tim, CNN Indonesia | Senin, 17/06/2019 08:49 WIB
Taeyeon 'SNSD' Akui Derita Depresi Taeyeon SNSD mengakui dirinya tengah berjuang melawan depresi. (CNN Indonesia/Artho Viando)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang personel SNSD Taeyeon menjawab pertanyaan fan melalui Instagram Stories pada Minggu (16/6). Di kesempatan itu, ia sempat blak-blakan terkait perjuangannya melawan sakit mental.

Taeyeon beberapa kali menjawab pendek "Tidak." untuk pertanyaan seperti, 'Apakah kau baik-baik saja?" dan "Apakah kau membaca komentar-komentar di YouTube?". Ditanya bagaimana cara bangkit dari keterpurukan, ia berkata, "Saya tidak pandai melewatinya, saya hanya hidup di dalamnya."


Respons ini mengundang kekesalan penggemar, yang lantas menyebutnya dengan 'tidak menghormati' dan kekanak-kanakan. Setelah salah seorang di antaranya berkata bahwa tak apa bagi Taeyeon untuk tidak mengunggah apapun di Instagram dan hanya berkomunikasi melalui Stories, barulah ia mulai membicarakan kondisinya.


"Saya sakit beberapa lama ini. Tolong dimengerti mengapa saya menahan diri [dari media sosial]. Terima kasih dan saya menyesal," katanya.

Kemudian, seorang fan bertanya, "Apakah ini bipolar disorder? Ck ck," Taeyeon segera menjawab lugas. "Tidak, saya menderita depresi. Saya berusaha keras agar membaik lewat perawatan antidepresan. Apakah itu depresi atau bipolar, tolong jangan berkomentar 'ck' dan memperlakukan orang dengan tidak hormat. Mereka semua adalah pasien yang menderita."

Melihat pernyataan itu, beberapa orang lantas turut membagikan kisah mereka melawan depresi. Taeyeon pun mengaku, membaca cerita-cerita tersebut menguatkan dirinya.


"Inilah mengapa saya suka berbicara dengan fan, saya mendapat banyak kekuatan dari berkomunikasi dengan kalian. Terima kasih," katanya.

Di Stories lain, ia pun berterima kasih pada kesetiaan penggemar. "Saya sangat bersyukur kau mendengarkan musik saya dan mencari saya. Saya mengumpulkan kekuatan darimu setiap hari," ujar Taeyeon.

SNSD, atau Girls' Generation merupakan salah satu girlband senior Korsel. 'Dibesarkan' oleh SM Entertainment, mereka telah populer sejak awal karier, lewat 'Into the New World' dan 'Kissing You'. 'Holiday Night' (2017) menjadi catatan diskografi terakhir grup vokal yang tadinya beranggotakan sembilan orang wanita ini.

Sampai saat ini, tidak diketahui kapan mereka akan merilis album lagi. Tahun lalu, SNSD membuat penggemar heboh ketika mengunggah foto dalam formasi delapan orang, tanpa Jessica. Fan mengungkapkan kelegaan melihat sang idola yang baik-baik saja, terutama setelah SNSD kini hanya menyisakan lima orang yakni Taeyeon, Yuri, Hyoyeon, Sunny dan Yoona yang memperpanjang kontrak dengan SM Entertainment.

[Gambas:Video CNN] (rea)