'Parasite' Ditonton Lebih dari 10 Juta Orang di Korsel

Tim, CNN Indonesia | Senin, 22/07/2019 22:45 WIB
'Parasite' Ditonton Lebih dari 10 Juta Orang di Korsel Film 'Parasite' terus mencatat pencapaian mengesankan. (dok. CJ Entertainment/Korean Film Council)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film pemenang Cannes Film Festival ke-72, Parasite, telah ditonton lebih dari 10 juta orang di Korea Selatan. Berdasarkan Korean Film Council, film yang tayang sejak 30 Mei ini sudah melewati capaian film box office Alladin di Korea.

Angka itu dinilai akan terus bertambah sebab Parasite terus menarik perhatian banyak penonton baru. Hal itu turut diamini pengamat film Yoon Sung Eun.

"Sutradara Bong Joon Ho merupakan seseorang yang memiliki kekuatan untuk menjual tiket. Kemenangannya dalam Palme d'Or meningkatkan penjualan lebih lagi," kata Yoon Sung Eun melansir Soompi, Senin (22/7).


Parasite merupakan film ke-26 yang berhasil mencetak rekor ditonton lebih dari 10 juta orang di box office Korea. Sampai pertengahan 2019, baru empat film yang melewati angka itu yakni Extreme Job, Avengers: Endgame, Aladdin dan Parasite.


Parasite juga menjadi film kedua karya Bong Joon-ho yang melewati batasan tersebut setelah The Host pada 2006.

Film yang mengisahkan 'perjuangan hidup' satu keluarga pengangguran ini berhasil menjadi film Korea yang paling banyak ditonton di Prancis dan Indonesia sepanjang sejarah.

Di Prancis, film ini mengalahkan karya Bong Joon-ho sebelumnya Snowpiercer yang tayang pada 2013. Parasite juga unggul dari dua film box office Men in Black: International and X-Men: Dark Phoenix.

'Parasite' Ditonton Lebih dari 10 Juta Orang di KorselFilm 'Parasite' menjadi film Korea Selatan yang paling banyak ditonton di Indonesia dan Prancis. (dok. CJ Entertainment/Korean Film Council)

Serupa, Parasite juga berada di posisi puncak film Korea setelah berhasil melewati rekor Extreme Job dan The Battleship Island yang sebelumnya laris manis di Indonesia.

Kendati demikian, film yang dibintangi Song Kang-ho ini belum menjadi yang paling banyak ditonton di negaranya sendiri.


Hingga kini, The Admiral: Roaring Currents menjadi film terlaris sepanjang sejarah Korea Selatan. Film yang dirilis pada 2014 ini telah ditonton 17,615 juta kali berdasarkan KOBIS (tiket) Korean Film Council (KOFIC).

Posisi kedua diisi film Extreme Job. Film bergenre komedi aksi ini telah ditonton lebih dari 16,2 juta orang sejak tayang 20 Februari lalu.

Film ini diikuti Along with The Gods: The Two Worlds di posisi ketiga. Film yang tayang 20 Desember 2017 ini sudah ditonton lebih dari 14,411 juta orang.

[Gambas:Video CNN] (chri/rea)