Masalah Sensor, 'Parasite' Batal Tayang di China

Tim, CNN Indonesia | Senin, 29/07/2019 22:36 WIB
Masalah Sensor, 'Parasite' Batal Tayang di China Film 'Parasite' batal tayang debut di China melalui festival film. Penyelenggara menyebut ada
Jakarta, CNN Indonesia -- Film asal Korea Selatan, 'Parasite' batal jadi penutup festival film di China, FIRST. Film pemenang Cannes Film Festival itu batal jadi penutup dikarenakan "masalah teknis".

Namun diberitakan Variety, masalah "teknis" tersebut disinyalir karena film itu gagal lulus sensor dari Pemerintah China. Bila benar, film itu jadi yang ke-lima film batal tayang karena sensor.

Parasite merupakan film karya Bong Joon-ho yang memiliki karakter komedi-gelap, dengan balutan konflik antar kelas sosial dan keserakahan.


Film itu mengisahkan perjuangan sebuah keluarga miskin untuk hidup enak dan lepas dari jerat kemiskinan dengan cara menumpang hidup dari keluarga kaya yang naif.

Film Parasite berhasil menjadi film pertama dari Korea Selatan yang memenangkan Cannes Film Festival dan menuai pujian dari berbagai kritikus.

Film ini semula dijadwalkan menjadi penutup di hari ke-10 pelaksanaan Festival Film FIRST di Xining, China.

Namun jelang hari pemutaran, pihak penyelenggara mengeluarkan pernyataan bahwa mereka membatalkan penayangan film itu untuk pertama kalinya di Negeri Tirai Bambu.

"Upacara penutupan dari 'Parasite' yang semula dijadwalkan pada 28 Juli telah dibatalkan dengan alasan teknis," kata pernyataan pihak penyelenggara yang juga meminta maaf atas ketidaknyamanan dari pengunjung festival.

Pihak penyelenggara juga tidak mencantumkan alasan lebih detail terkait "masalah teknis" yang mereka hadapi.
'Parasite' Batal Tayang Pertama Kali di ChinaFilm Parasite mengisahkan perjuangan sebuah keluarga miskin untuk hidup enak dan lepas dari jerat kemiskinan dengan cara menumpang hidup dari keluarga kaya yang naif. (dok. CJ Entertainment/Korean Film Council)
Variety mengabarkan, dugaan film Parasite batal tayang karena masalah sensor datang mengingat China memiliki hubungan diplomatik yang cukup panas dengan Korea Selatan.

Hubungan itu memanas sejak Korea Selatan setuju untuk memberikan izin kepada Amerika Serikat membangun sistem anti-misil mereka di negara tersebut.

Selain itu, fakta bahwa ada larangan mengimpor film dan serial televisi dari Korea di China juga meningkatkan dugaan sensor terhadap Parasite ini.

Selama dua tahun terakhir, di China, tidak ada film Korea yang pernah rilis di bioskop di negara yang disebut pasar film terbesar dunia setelah Amerika Utara itu.

Bukan hanya itu, selama ini, festival film di China juga menghindari menayangkan film-film dari Korea Selatan yang diketahui dekat dengan Amerika Serikat.

Frasa "masalah teknis", disebut Variety, telah menjadi eufemisme umum bahwa ada masalah sensor terhadap sebuah film di China, setidaknya selama enam bulan terakhir. (end)