Tommy Brown, di Antara Ariana Grande dan BLACKPINK

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 17/08/2019 05:02 WIB
Tommy Brown, di Antara Ariana Grande dan BLACKPINK Tommy Brown dan Ariana Grande terlihat memiliki hubungan amat baik. (screenshot via Instagram/@tbhits)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama Tommy Brown belakangan ini sering dikaitkan dengan grup vokal Korea Selatan, BLACKPINK. Sebelumnya, Brown sang produser dikenal sebagai salah satu orang yang berperan penting di belakang kesuksesan solois Ariana Grande. 

Saat ini, ia tengah menggarap proyek dengan YG Entertainment dan BLACKPINK. Belum diketahui detail lebih lanjut soal kerja sama itu, karena pihak agensi, BLACKPINK, ataupun Brown sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi apapun. Asumsi kolaborasi lahir setelah penggemar mengamati pertemuan Grande dan BLACKPINK di sela Coachella 2019 pada April lalu, serta bagaimana mereka mulai berteman dan saling berinteraksi di media sosial.

Dugaan kolaborasi menguat saat Brown mengunjungi Korea dan memamerkan kedekatan dengan BLACKPINK. Ia juga sempat mengunggah momen dirinya tengah membuat beat bersama dua personel grup pelantun Kill This Love itu, Lisa,dan Jennie.


Brown, 33 tahun, dikenal dengan nama panggung TB Hits. Ia adalah seorang produser rekaman asal AS yang tergabung dalam Universal Music.

Brown lahir di Pittsburgh, Pennsylvania, AS pada Mei 1986. Sejak 2008, di bawah nama kelompok produser Darknight, ia terlibat di pembuatan album Jennifer Lopez, Wyclef Jean, serta berkontribusi dalam lagu Just Can't Get Enough milik The Black Eyed Peas. Pada 2012, Brown memutuskan berdiri sendiri dan pindah ke Los Angeles, di mana ia mengenal dan bekerja bersama Grande, John Legend, sampai Travis Scott.

Perlahan, Brown semakin mandiri dan meninggalkan jejak baik. Berkat tangan dinginnya, ia pernah menerima penghargaan dari American Society of Composers, Authors, dan Publishers (ASCAP), serta menjadi nomine Grammy.

Belakangan, Brown diketahui berteman dekat dengan Grande. Pria yang memperkenalkan diri dengan membagi-bagikan lagunya secara gratis pada orang-orang di jalanan itu turut membantu kelima album Grande, termasuk Sweetener (2018) yang mengantar penyanyi yang memiliki ciri khas rambut ekor kuda tersebut mendapatkan piala Grammy pertama.

Tommy Brown, di Antara Ariana Grande dan BLACKPINKLagu 'Thank u, Next' menjadi pencapaian ekstra bagi produser Tommy Brown. (dok. Ariana Grande via YouTube)
Grande unggul di kategori Best Pop Vocal Album di gelaran Grammy, awal tahun ini. Di album tersebut, kredit untuk Brown tercantum di lagu Better Off, Goodnight n Go, dan Pete Davidson. Selain itu, ia memiliki andil dalam Honeymoon Avenue, Thank u, Next dan 7 Rings. Ia juga memproduseri rilisan terbaru Grande yang bertajuk Boyfriend yang rilis bulan ini.

Selain Grande, Brown juga diberikan kredit dalam pembuatan album Thank You (2016) milik penyanyi pemenang Grammy lainnya, Megan Trainor.

Pada April 2019, Brown menanda tangani kontrak dengan Universal Music Group untuk meluncurkan labelnya yang bernama Champagne Therapy Music Group. Variety melaporkan bahwa ia berencana untuk bekerja sama dan mengembangkan artis-artis baru lewat label itu. Brown menyebut ia ingin berperan sebagai produser sekaligus pengusaha. 

[Gambas:Video CNN] (taj/rea)