Sunmi Melesat Rajai Tangga Lagu Lewat 'Lalalay'

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 29/08/2019 09:51 WIB
Sunmi Melesat Rajai Tangga Lagu Lewat 'Lalalay' Sunmi, mantan member Wonder Girls yang kini bersolo karier baru saja melepas single terbaru bertajuk 'Lalalay'. (dok. 1theK via YouTube)
Jakarta, CNN Indonesia -- Single Lalalay yang baru dirilis oleh solois Sunmi langsung melesat ke puncak tangga lagu sejak edarnya pada Selasa (27/8) pukul 18.00 waktu setempat. Selang beberapa jam di hari yang sama, Lalalay telah mengambil alih posisi jawara di tangga lagu realtime seperti Melon, Genie, Bugs, Mnet, Naver, dan Soribada.

Mantan personel grup Wonder Girls itu dilaporkan menulis sendiri Lalalay, setelah melepas Noir pada Maret lalu. Lalalay memiliki nada dansa ala musik Latin. Melansir Soompi, saat showcase Sunmi sempat menuturkan asal inspirasi lagu terbarunya itu.

"Saya dapat inspirasi dalam tur ke Meksiko. Meksiko dikenal karena energinya. Saya memiliki harapan tinggi jika tampil di sana, dan tak pernah kecewa," katanya.


Sunmi melanjutkan, "Mereka [penonton] menyatu dengan musiknya tanpa khawatir tentang apa yang orang lain pikirkan. Itu jadi pengalaman baru untuk saya, dan saya sangat tersentuh."

Sekembalinya dari konser ke hotel, Sunmi terus memikirkan hal yang baru dialaminya. Sambil berbaring, ia berpikir bahwa Korea pun dikenal dengan energi yang baik.

"Lalu tiba-tiba kata 'lalalay' itu datang, yang juga menjadi istilah tentang tahu kapan harus merelakan pergi. Saya mencari arti lain dari kata 'lalalay' dan ternyata Taepyeongso [alat musik tiup Korea yang mirip terompet] juga disebut sebagai 'lalalay' dalam musik folk," lanjut Sunmi.

Agensi MakeUs Entertainment menyebut Lalalay sebagai lagu eksotis. "Lalalay adalah lagu eksotis berirama dance-hall dan terinspirasi oleh sound Latin, yang disertai dengan lirik yang merupakan gabungan dari puisi dan ekspresi unik Sunmi yang terbuka." tulis mereka, mengutip Yonhap.

Pada bulan Februari, Sunmi dijadwalkan menjalani tur dunia. Dimulai di Seoul pada 24 Februari mendatang, ia akan mengunjungi delapan kota di AS dan Kanada, juga mampir ke Hong Kong, Taipei dan Tokyo. Tur ini menjadi yang pertama dalam solo karier Sunmi yang baru dimulai sejak 2017.
Sunmi memulai debut bernyanyi bersama grup vokal Wonder Girls yang akhirnya bubar pada 2017. (Jason Merritt/Getty Images/AFP)
Tahun 2007, Sunmi memulai debut bersama Wonder Girls. Grup vokal itu bertahan selama 10 tahun. Setelah Wonder Girls bubar, Sunmi menjajal bersolo karier dan mencetak hit lewat Gashina, Heroine, dan Siren.

Lalalay sendiri memiliki tempo cepat ala Latin, dipadu sedikit dentum elektronik. Sunmi tampil dengan rambut warna pirang dan kostum penuh motif, berwarna-warni, seperti gaun bercorak bunga-bunga yang bakal mengingatkan pada gaya khas wanita Latin.

[Gambas:Youtube]

[Gambas:Video CNN] (rea)