Leonardo DiCaprio Sorot Sampah Jakarta di Bantargebang

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 07/09/2019 02:00 WIB
Leonardo DiCaprio Sorot Sampah Jakarta di Bantargebang Aktor Leonardo DiCaprio menyinggung soal tumpukan sampah di TPST Bantargebang. (Foto: REUTERS/Issei Kato)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor Leonardo DiCaprio kembali angkat suara tentang Indonesia. Kali ini, ia menyinggung soal sampah di TPST Bantargebang, Bekasi melalui sebuah unggahan di akun Instagram.

DiCaprio terlihat mengunggah ulang salah satu unggahan National Geographic yang menampilkan seorang pemulung mengumpulkan plastik di antara tumpukan sampai di Bantargebang. Unggahan tersebut juga menyebut foto yang diambil pada Januari 2019 itu sebagai 'tempat pembuangan sampah terbesar di dunia'.

[Gambas:Instagram]


Unggahan tersebut menjadi yang kesekian kali bagi DiCaprio, yang diketahui telah lama menjadi seorang aktivis lingkungan, seperti yang tertulis di keterangan akun Instagram. Sebelumnya, ia juga pernah 'bersuara' tentang kehidupan gajah di Sumatera Utara yang tergusur oleh perkebunan kelapa sawit.

[Gambas:Instagram]

Di kesempatan lain, aktor Romeo and Juliet itu mengajak untuk melindungi Raja Ampat dan ekosistem laut lainnya.

[Gambas:Instagram]

Leonardo DiCaprio tak hanya kerap mengungkapkan keprihatinan tentang kondisi alam di Indonesia, ia pun mengunjungi Taman Nasional Gunung Leuser pada 2016 silam. Kunjungan tersebut sempat jadi masalah karena pemerintah Indonesia saat itu menduga DiCaprio melakukan kampanye negatif terhadap industri kelapa sawit.
Leonardo DiCaprio Sorot Sampah Jakarta di BantargebangLeonardo DiCaprio (kanan) dan Brad Pitt dalam film 'Once Upon a Time in Hollywood'. (Foto: Andrew Cooper/Sony-Columbia Pictures via AP)
Baru-baru ini, DiCaprio menjadi pembicaraan usai beradu akting dengan Brad Pitt dalam film arahan sutradara eksentrik Quentin Tarantino, Once Upon a Time in Hollywood. Namun dalam beberapa tahun terakhir, ia tampak tak banyak memperpanjang daftar film yang diperani.

Justru, DiCaprio lebih banyak aktif dalam kegiatan sebagai aktivis lingkungan. Ketika hutan di Amazon dilahap api pada Agustus silam, ia langsung bertindak dengan mendirikan organisasi non-profit yang berkomitmen mengumpul uS$5 juta untuk mengatasi kebakaran. DiCaprio sendiri lantas berdonasi pada organisasi tersebut.

[Gambas:Video CNN] (rea)