Pangeran Harry Buka Suara Soal Kontroversi Pakai Jet Pribadi

tim, CNN Indonesia | Kamis, 05/09/2019 11:28 WIB
Pangeran Harry Buka Suara Soal Kontroversi Pakai Jet Pribadi Pangeran Harry bersikeras bahwa keluarganya hanya akan menggunakan jet pribadi dalam situasi tertentu demi keselamatan. (Dominic Lipinski/Pool via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pangeran Harry buka suara atas kontroversi seputar penggunaan jet pribadi oleh keluarganya. Dia bersikeras bahwa keluarganya hanya akan menggunakan dalam situasi tertentu demi memastikan keselamatan mereka.

Pangeran berusia 34 tahun itu dan sang istri, Meghan Markle menjadi sorotan saat empat perjalanan mereka selama musim panas diketahui menggunakan jet pribadi.

Beberapa orang mengkritisi tindakan keluarga kerajaan yang tidak mencerminkan dengan ucapan mereka tentang dukungan terhadap lingkungan.


Kini, Harry pun akhirnya mengklarifikasi sekaligus membuat pembelaan atas gunjingan tentang dia dan keluarganya.

"Saya menghabiskan 99 persen hidup saya bepergian ke seluruh dunia dengan [pesawat] komersil. Kadang-kadang perlu ada peluang berdasarkan keadaan unik atau tertentu untuk memastikan keluarga saya aman," ucapnya dalam acara di Amsterdam, Belanda, Selasa (3/9).

Setidaknya, Harry dan Meghan telah memboyong putra mereka untuk ikut dalam dua perjalanan selama musim panas ini. Keduanya mengharuskan mereka menggunakan jet pribadi.

Namun, Harry mengatakan bahwa ia tetap memikirkan dampak atas keputusan terbang dengan jet pribadi.

"Ini tentang keseimbangan, dan jika saya harus melakukan itu (terbang dengan jet pribadi) ... maka saya akan memastikan, seperti yang telah dan akan terus saya lakukan, untuk menyeimbangkan dampak," katanya.

"Saya selalu mengimbangi karbondioksida (CO2), ada begitu banyak orang di luar sana yang mendengarnya, yang tidak mengetahuinya. Dalam pikiran saya, itu adalah hal yang benar untuk dilakukan," tambah Harry, dikutip dari Aceshowbiz.

Pangeran Harry dan Meghan Markle sebelumnya menuai kritikan dan disebut munafik karena menggunakan jet pribadi untuk bepergian, padahal selama ini keduanya aktif pada permasalahan lingkungan.

Pasangan kerajaan itu menggunakan jet pribadi atas pemberian dari musisi Elton John yang mengundang ke rumahnya di Prancis. Menanggapi isu tersebut, Elton sendiri sempat mencurahkan kegeramannya.

Dia mengatakan bahwa sebagai pengundang dan teman dekat ibu Harry, dirinya merasa memiliki kewajiban yang mendalam untuk melindungi Harry dan keluarga. Terutama dari gangguan pers, yang dulu sempat dianggap sempat menjadi salah satu faktor kematian Diana.

Dia pun menilai pemberian akses jet pribadi itu juga bentuk kado setelah kerja keras Harry dan Meghan.

"Setelah satu tahun yang sibuk melanjutkan kerja keras dan dedikasi mereka untuk amal, David Furnish [pasangan John] dan saya ingin keluarga muda ini memiliki liburan pribadi dalam keamanan dan ketenangan di rumah kami," kata Elton John.

Dia menambahkan, "Untuk menjaga tingkat keamanan dan ketenangan itu, maka kami memberi mereka penerbangan dengan jet pribadi."

John pun memastikan bahwa demi menjaga komitmen pasangan tersebut pada lingkungan, dia telah meminimalisir atas polusi yang ditimbulkan pesawat jet miliknya.

"Kami memastikan penerbangan mereka netral karbon, dengan memberikan kontribusi yang sesuai untuk Carbon Footprint," tegasnya.

(agn/end)