Kenangan Manis Reza Rahadian dengan BJ Habibie

tim, CNN Indonesia | Rabu, 11/09/2019 19:07 WIB
Kenangan Manis Reza Rahadian dengan BJ Habibie Sebagai yang pernah memerankan sosok BJ Habibie, Reza Rahadian juga memiliki kedekatan yang erat dengan sosok Presiden ketiga Republik Indonesia tersebut. (CNN Indonesia/Daniela)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden ke-3 RI BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Jakarta pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB. Sebagai yang pernah memerankan sosok BJ Habibie, Reza Rahadian juga memiliki kedekatan yang erat dengan sosok sang mantan Menristek tersebut. Ia bahkan punya sapaan akrab untuk sang cendekiawan, eyang.

CNNIndonesia.com pernah berbincang singkat dengan Reza Rahadian pada 2016 lalu. Kala itu, Reza amat dekat dengan BJ Habibie karena terlibat dalam film Habibie & Ainun (2012).

"Sosok eyang itu humble, so inspiring. Eyang juga mampu memberikan suatu nasihat tapi tidak menggurui dan masih bisa dijangkau," kata Reza saat berbincang dengan CNNIndonesia.com kala itu.



Reza mengisahkan ia mulai dekat dengan BJ Habibie karena keperluan pembuatan film Habibie & Ainun.

Dalam film garapan Faozan Rizal tersebut, Reza memerankan sosok Habibie dalam kisah percintaannya dengan sang istri, Ainun. Peran Ainun sendiri diisi oleh Bunga Citra Lestari.

Berawal dari wawancara formal untuk kebutuhan pendalaman karakter, Reza semakin kenal dengan sosok Habibie yang sebenarnya.

Reza Rahadian pernah memerankan Habibie dalam dua film: Habibie & Ainun (2012) dan Rudy Habibie (2016).Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Reza Rahadian pernah memerankan Habibie dalam dua film: Habibie & Ainun (2012) dan Rudy Habibie (2016).

Reza Rahadian bahkan sudah dianggap Habibie sebagai salah satu cucunya. Namun bukan secara biologis, Habibie mengistilahkannya dengan cucu ideologis.

Segala topik pemikiran Habibie pun tak sungkan dibagi kepada Reza.

Reza mengaku rutin sesekali bertemu dengan Habibie, entah dalam jamuan makan siang, atau sengaja mengunjungi penemu teori kerusakan pada pesawat itu.


Pemikiran Habibie bukan cuma masalah kehidupan, bahkan termasuk pandangan-pandangannya terkait kondisi politik Indonesia juga ia bagi dengan Reza.

"Saya yang bukan politikus tapi masih bisa mencerna apa yang dimaksud eyang," kata Reza.

"Juga tentang kehidupan, kerja keras, dan lain-lain, dan kadang saat itu terlalu berat dan bingung. Tapi kalo eyang tuh easy dan mudah banget," lanjutnya.

Reza mengaku dirinya telah lama mengenal BJ Habibie. Ia mengenal Habibie sejak sosok ilmuwan itu menjadi Menteri Teknologi dan Riset di era Presiden Kedua RI Soeharto.

Ketika Reza ditawari menjadi sosok Habibie, ia menyebut momen itu sebagai awal mula kedekatan dirinya dengan BJ Habibie.


"Saya rasa kalau bukan karena film itu [Habibie & Ainun], gue enggak akan kenal dengan eyang," kata Reza.

Hingga saat ini, CNNIndonesia.com masih berusaha kembali menghubungi Reza melalui perwakilannya.

Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9). Habibie meninggal pada usia 83 tahun. Habibie meninggal pada pukul 18.05 WIB.

"Bapak sudah tidak ada pada pukul 18.05 WIB," ujar putra Habibie Thareq Kemal kepada wartawan.

Sementara itu, Melanie Subono juga mengabarkan meninggalnya BJ Habibie melalui akun instagramnya @melaniesubono.

"SAMPAI JUMPA DI KEABADIAN ... Senangnya dah bisa ngelepas kangen sala eyang puteri, bisa berdua dua an lagi... Kita disini ikhlas asal eyang bahagia -- SELAMAT JALAN," tulis Melanie. (end)