Sinopsis 'Food Lore', Drama yang Terinspirasi Makanan Asia

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 11/10/2019 07:05 WIB
Sinopsis 'Food Lore', Drama yang Terinspirasi Makanan Asia Serial drama antologi terbaru dari HBO, Food Lore dijadwalkan tayang pada 3 November 2019. (Foto: HBO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Serial drama antologi terbaru dari HBO, Food Lore dijadwalkan tayang pada 3 November 2019. Serial delapan episode berdurasi satu jam ini menggali kondisi sosial dengan kisah yang terinspirasi oleh makanan Asia.

Dimotori oleh pembuat film asal Singapura Eric Khoo, pengambilan gambar serial ini berlangsung di delapan negara Asia, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, dan disutradarai oleh beberapa sineas ternama. Di antaranya, Erik Matti dari Filipina, Phan Dang Di dari Vietnam, Billy Christian dari Indonesia, Don Aravind dari Singapura, Pen-Ek Ratanaruang dari Thailand, Takumi Saitoh dari Jepang dan Ho Yuhang dari Malaysia.

Berdasarkan siaran pers yang diterima, Food Lore menyuguhkan kisah dengan bumbu cinta dan dibuat untuk menggugah selera, seperti halnya masakan rumahan favorit. Petualangan emosional yang penuh gairah, sarat kenangan indah dan sedikit sentuhan Asia juga akan mewarnai serial itu. Tiap episode memiliki suara, nada dan narasi berbeda.


Berikut sinopsis serial terbaru HBO ini.

Episode 1 - Food Lore: Island of Dreams

Mendambakan masa depan yang lebih baik bagi keluarga, Nieves meninggalkan suami dan anak-anak untuk menjadi asisten rumah tangga di Manila. Ketika pulang untuk pesta tahunan, Nieves kemudian menyadari bahwa ia menjadi sosok yang asing bagi keluarga tercintanya saat kepulangan tak terduga itu berubah menjadi sesuatu yang tak diharapkan.

Episode yang digarap sutradara Erik Matti asal Filipina ini dibintangi Angeli Bayani, John Marvin C. Nieto, serta Irina Guillen Feleo.

Episode 2 - Food Lore: He Serves Fish, She Eats Flower

Mengambil latar di Ho Chi Minh City, seorang koki Jepang yang karismatik, Thang, menggoda seorang pramugari cantik dengan hidangan penutup spesial berbahan tahu untuk memikat hati. Mereka memulai romansa yang menggebu, namun kemudian menyadari perbedaan yang bertolakbelakang dalam hal makanan dan cinta. Dalam keputusasaan, Thang membuat suatu eksperimen masakan untuk membuat kekasihnya tetap bersamanya.

Episode ini diarahkan oleh sutradara Phan Dang Di dan dibintangi oleh Nguyen Thi Ngoc Anh bersama Lanh Thanh.
Sinopsis 'Food Lore', Drama yang Terinspirasi Makanan AsiaCinta dan makanan terbukti menjadi hal yang berkaitan dalam serial Food Lore. (Foto: HBO)
Episode 3 - Food Lore: Maria's Secret Recipe

Ketika sosok perempuan misterius, Maria, tiba di pesisir sebuah desa kecil di Indonesia yang masih tradisional untuk membuka warung makan, para lelaki terpesona oleh masakan dan keseksiannya - membuat para isteri menjadi kecewa. Dalam upaya memuaskan suaminya, Ratih, seorang istri yang kesepian, mendekati Maria untuk mempelajari resep rahasianya. Apa yang diajarkan Maria tentang menciptakan sesuatu yang menarik dan lebih penting lagi, siapakah Maria?

Episode ini akan diarahkan oleh sutradara film Tuyul dan The Sacred of Riana, Billy Christian. Putri Ayudya, Alexandra Gottardo, dan Dian Sidik didapuk sebagai bintang episode Food Lore Indonesia.

Episode 4 - Food Lore: A Plate of Moon

Anbu, seorang asisten rumah tangga muda asal India yang ogah-ogahan, dipekerjakan untuk merawat Raja, seorang lanjut usia di Singapura yang mengidap penyakit Alzheimer. Di tengah perjuangan dan perbedaan, mereka menjadi akrab karena makanan, cinta dan kenangan. Ketika semuanya berjalan dengan baik, sebuah kabar tak terduga menjadikan dunia Anbu kembali berantakan.

Episode yang pengambilan dan latar ceritanya di Singapura ini diarahkan oleh sutradara Don Aravind dengan Magalakshmi D/O Sudarsanan, Jaivant Viknesh N, dan A. Panneeirchelvam menjadi bintang dalam episode itu.
Sinopsis 'Food Lore', Drama yang Terinspirasi Makanan AsiaFood Lore terdiri dari delapan episode kisah drama yang mempunyai benang merah makanan. (Foto: HBO)
Episode 5 - Food Lore: The Caterer

Seorang aktor Amerika yang arogan tiba di Thailand untuk pertama kalinya demi membintangi sebuah film horor. Merasa jijik dengan sajian masakan Thailand yang eksotis, ia tetap kukuh pada makanan yang ia kenal: burger dan donat. Semuanya berubah ketika ia mencicipi sup yang dimasak oleh sebuah katering.

Episode ini dibintangi Thanyarat Praditthaen, Thomas Burton van Blarcom, dan Marisa Kittelberger dengan arahan dari sutradara Pen-Ek Ratanaruang.

Episode 6 - Food Lore: Tamarind

Koki asal Perancis, Julie, yang baru menetap di Singapura, meminta bantuan Irfan, pedagang makanan untuk menciptakan sebuah makanan fusion baru. Seiring dengan menyatunya dua dunia, keduanya mulai terikat pertemanan dari kerja sama mengeksplorasi makanan, rasa dan perasaan.

Dibintangi Firdaus Bin Abdul Rahman, Valentine Payen, Dayang Nurbalqis, episode ini diarahkan oleh Eric Khoo.

Episode 7 - Food Lore: Life in a Box

Seorang penulis buku bergambar yang tak punya inspirasi. Seorang duda dan anak gadisnya. Seorang mantan pegulat. Kesendirian mereka terhubung dalam suatu perjalanan kereta api yang senyap jauh dari kesibukan Tokyo, ketika mereka mengingat kembali kenangan masa lalu dan menemukan kembali harapan dari perjalanan nostalgia, kenangan dan cinta.

Dibintangi Ken Yasuda, Asuka Kawatoko, Akihisa Mera, Yuko Ando, dan Chieko Matsubara, episode ini berada di bawah arahan Takumi Saitoh.

Episode 8 - Food Lore: Stray Dogs

Pebisnis yang ambisius, Tim, berharap memulai waralaba restoran bersama Maki, seorang koki yang pemarah namun cerdas, di Kuala Lumpur. Koki yang pemarah ini menolak Tim, namun secara perlahan terjalin hubungan persahabatan yang tak biasa. Ketika Tim mendapati rahasia sambal Maki, pikirannya terbelah antara keinginan menjual resep itu dan kesetiaannya pada sang teman.

Dibintangi Wilson Tin dan Fabian Loo episode ini mengambil latar di Malaysia dengan Ho Yuhang sebagai sutradara episode ini. (agn/rea)