Raih Sejuta, Penonton Perempuan Tanah Jahanam 'Melambat'

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 26/10/2019 18:07 WIB
Raih Sejuta, Penonton Perempuan Tanah Jahanam 'Melambat' Joko Anwar mengumumkan film terbarunya, 'Perempuan Tanah Jahanam' berhasil meraih lebih dari sejuta penonton usai tayang sembilan hari. (dok. Rapi Films/Base Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Joko Anwar mengumumkan film terbarunya, Perempuan Tanah Jahanam berhasil meraih lebih dari sejuta penonton usai tayang sembilan hari di bioskop, Sabtu (26/10).

"Perempuan Tanah Jahanam bergenre thriller yang belum pernah berhasil di Indonesia," kata Joko dalam unggahan di akun Instagram miliknya.

"Kami sangat bangga, karena atas dukungan kalian semua yang sudah nonton, kita bisa bilang bahwa genre apapun punya kesempatan untuk sukses di Indonesia. PTJ sudah tembus 1 juta penonton!" lanjutnya.


[Gambas:Instagram]

Meski sudah mencapai angka sejuta, perolehan ini masih kalah cepat dibandingkan film horor Joko sebelumnya, Pengabdi Setan (2017). Padahal, sebelumnya Perempuan Tanah Jahanam sempat menyusul 'ibu' pada hari pertama penayangan.

Selama pemutaran hari pertama, 17 Oktober, Perempuan Tanah Jahanam berhasil mengumpulkan sebanyak 117 ribu penonton. Angka itu lebih banyak dibanding Pengabdi Setan sebesar 91 ribu pada periode yang sama.

Namun nyatanya Perempuan Tanah Jahanam mengalami perlambatan dalam mendulang penonton di akhir pekan pertama, sebagai momen krusial mempertahankan antusiasme pengunjung bioskop.

Pada akhir pekan pertama, atau empat hari tayang, Perempuan Tanah Jahanam mengumpulkan 500 ribuan penonton. Jumlah ini sedikit di bawah perolehan Pengabdi Setan yang mampu mencapai 511 ribu selama empat hari tayang.

[Gambas:Instagram]

Pertumbuhan penonton Perempuan Tanah Jahanam pun cenderung stagnan hingga pada sembilan hari penayangan, film ini baru sampai di titik sejuta penonton. Sedangkan Pengabdi Setan mampu mencapai sejuta penonton tepat tujuh hari setelah penayangan.

[Gambas:Youtube]

Padahal, Joko Anwar dan tim telah gencar mempromosikan Perempuan Tanah Jahanam nyaris setiap hari sejak hari pertama penayangan. Mulai dari kunjungan promosi ke bioskop, mengungkap behind the scene, sampai menjabarkan sejumlah adegan atau karakter dalam Perempuan Tanah Jahanam.

Meski begitu, dengan perolehan sejuta penonton, Perempuan Tanah Jahanam setidaknya masih berpeluang untuk masuk 10 besar film terlaris di 2019. Dengan syarat, film tersebut harus melewati film yang juga ditulis oleh Joko Anwar, Orang Kaya Baru yang menempati posisi 10 dengan 1.118.738 penonton.

Perempuan Tanah Jahanam menceritakan tentang keinginan Maya yang diperankan Tara Basro untuk mengungkap misteri keluarganya. Review Perempuan Tanah Jahanam bisa dibaca di sini.

[Gambas:Youtube] (end)