IU, Bintang Multi Talenta yang Tak Ragu Jajal Hal Baru

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 29/12/2019 08:17 WIB
IU, Bintang Multi Talenta yang Tak Ragu Jajal Hal Baru IU, wanita yang telah berhasil memenuhi ambisi sejak remaja jadi seorang bintang K-Pop. (Foto: dok. 1theKOriginal)
Jakarta, CNN Indonesia -- IU, bernama asli Lee Ji-eun memulai debut sebagai seorang penyanyi. Ia telah berambisi menjadi seorang bintang sejak duduk di bangku sekolah, dan merilis debut album 'Lost and Found' ketika berusia 15 tahun. Kini, nama IU sudah terdengar sampai ke dunia internasional.

Good Day, single utama dari album 'Real' (2010) mengantarnya meraup popularitas di Korea. IU meraih kesuksesan demi kesuksesan, dari album ke album, termasuk 'Real+' dan 'Last Fantasy' (2011) yang membantunya mengokohkan citra sebagai 'adik perempuan kecil' di Korea.

Di tahun yang sama, IU yang datang dari keluarga dengan ekonomi secukupnya bersemangat menjajal dunia akting. Ia memulai dari variety show Heroes (Juli 2010 - Mei 2011), lalu tampil di drama remaja Dream High. IU sempat ragu melanjutkan karier akting, terlebih karena tak merasa siap, tetapi lambat laun rasa percaya dirinya tumbuh.


Wanita yang menyukai udara dingin ini kemudian menyempatkan diri menjajal berbagai kesempatan lain, seperti menulis lagu sendiri bertajuk 'Hold My Hand', serta dalam kompetisi seluncur es, sampai menjadi pembawa acara salah satu program musik Inkigayo.

IU semakin sibuk, namun masih punya waktu untuk berkumpul dengan para sahabat, yakni Suzy, Jiyeon dari T-ara, aktris Yoo In Na, serta Eunji dari Apink. Ia pernah dirumorkan menjalin hubungan dengan Eunhyuk dari Super Junior pada 2012, tetapi tidak pernah ada konfirmasi dari keduanya.

IU mendapat kesempatan tampil sebagai pemeran utama dalam drama televisi 'You're the Best, Lee Soon-shin' pada 2013. Aktingnya mendapat banyak pujian, termasuk dari rekan-rekan pemeran yang menyanjung kemampuan IU menjalani adegan emosional.

Di periode yang sama, IU semakin kuat merengkuh pasar Jepang lewat mini album 'Can You Hear Me?', yang masuk daftar tangga lagu Billboard Japan Hot 100. Majalah-majalah musik seperti Billboard dan Rolling Stone semakin rajin menulis tentang IU, membuat namanya makin melambung di dunia musik internasional.
IU, Penuhi Ambisi Jadi Bintang yang Serba-BisaIU, wanita multi-talenta yang bakal tampil di Tennis Indoor Jakarta, 28-29 Desember 2019. (Foto: Valerie Macon/Getty Images/AFP)
Menjadi salah satu selebriti yang menerima honor tertinggi di Korea Selatan, sejak debut pada 2008 IU telah jadi lebih dari 190 nominee dan memenangkan 70 di antaranya. Penghargaan itu termasuk sebagai artis yang paling berpengaruh di Korsel menurut Forbes, yang memasukkannya selama lima kali dalam daftar yang sama.

Sampai saat ini, IU telah merilis empat album penuh dan sembilan mini album. Ia berperan setidaknya di delapan film, termasuk drama Hotel del Luna yang menjadi favorit banyak orang pada 2019. Di sela kesibukan itu, ia masih melakoni tur demi tur, yang terbaru adalah 2019 IU Tour Concert di mana Jakarta masuk sebagai salah satu kota yang ia kunjungi.

IU bakal mengisi panggung di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, pada Sabtu dan Minggu, 28 dan 29 Desember 2019. Indonesia menjadi negara terakhir yang ia singgahi, setelah dari Korea Selatan, Taiwan, Singapura, Filipina, Malaysia, dan Thailand. (rea)