Mereka yang Terabaikan dari Nominasi Oscar 2020

tim, CNN Indonesia | Selasa, 14/01/2020 11:01 WIB
Mereka yang Terabaikan dari Nominasi Oscar 2020 Jennifer Lopez dalam Hustlers yang ternyata dinilai tak cukup baik untuk masuk dalam nominasi Oscar 2020. (dok. STXEntertainment/YouTube)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nominasi penghargaan Academy Awards ke-91 atau Piala Oscar 2020 telah secara resmi diumumkan oleh pihak penyelenggara, The Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) pada Senin (13/1) malam waktu Indonesia.

Film Joker berhasil memimpin nominasi dengan 11 kategori termasuk Best Picture, Best Director untuk Todd Phillips, Best Actor untuk Joaquin Phoenix, serta Best Score untuk Hildur Gudnadottir. Capaian itu disusul film perang 1917 dan garapan terbaru Quentin Tarantino Once Upon a Time in Hollywood yang masing-masing mendapat 10 kategori nominasi.

Namun, di antara mereka yang berhasil mendapat kesempatan untuk dapat bersaing di ajang Oscar, ada pula yang terabaikan. Ada Christian Bale yang gagal masuk kategori nominasi Best Actor untuk perannya di Ford v Ferrari hingga Jennifer Lopez yang gagal masuk kategori Best Supporting Actress untuk peran di Hustlers.
Berikut daftar lengkap mereka-mereka terabaikan dari nominasi Oscar, dikutip dari Variety.


Taron Egerton
Egerton telah mencatat sejumlah capaian yang kuat berkat perannya di Rocketman. Ia mengalahkan Leonardo DiCaprio di Golden Globes dan mendapatkan nominasi SAG dan BAFTA. Namun, kini terlihat tidak adil bahwa Rami Malek, yang bibirnya disinkronkan sebagai Freddie Mercury dalam Bohemian Rhapsody, memenangkan kategori aktor terbaik di Oscar tahun lalu, sedangkan Egerton - yang benar-benar menyanyikan semua lagu Elton John - tidak mendapatkan nominasi.
Mereka yang Terabaikan dari Nominasi Oscar 2020Taron Egerton berperan sebagai Elton John dalam film biopik Rocketman. Ia gagal masuk dalam nominasi Oscar 2020. (Foto: Rich Fury/Getty Images/AFP)
Jennifer Lopez
Tak munculnya nama Lopez sebagai salah satu nominee Best Supporting Actress atau Aktris Pendukung Terbaik menjadi salah satu kekecewaan terbesar. Perannya sebagai penari stripper New York telah digadang-gadang menjadi salah satu yang dijagokan. Apalagi, keberhasilan film Hustlers meraup lebih dari US$100 juta tak lepas dari kerja keras Lopez.

Awkwafina
Setelah memenangkan Golden Globe untuk perannya di The Farewell, Awkwafina layak dinominasikan sebagai Aktris Terbaik. Penampilannya yang menarik perhatian saat tayang di Sundance mungkin tidak berhasil mencuri hati para juri Oscar. Tidak hanya Awkwafina, The Farewell bahkan gagal serta dalam kategori Naskah Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik untuk Zhao Shuzhen.

Lupita Nyong'o
Oscar sejak lama dinilai memiliki bias terhadap film-film bergenre horor. Meskipun Get Out karya Jordan Peele meraih empat nominasi pada 2018, tapi film keduanya Us ternyata tidak menerima sambutan hangat yang sama dari The Academy. Nyong'o yang memenangkan Oscar untuk peran di 12 Years a Slave, dinominasikan di SAG Awards untuk Us. Namun, tidak dengan The Academy yang memilih mengabaikan peran ganda Nyong'o dalam persaingan Aktris Terbaik.
Mereka yang Terabaikan dari Nominasi Oscar 2020Lupita Nyong'O dalam film horor Us, yang juga gagal masuk nominasi Oscar 2020. (Foto: dok. Universal Pictures)
Greta Gerwig
Meskipun adaptasi Gerwig tentang Little Women menerima ulasan positif dan enam nominasi, termasuk Film Terbaik, Aktris Terbaik (Saoirse Ronan) dan Naskah Film Adaptasi Terbaik untuk Gerwig, tapi film ini tetap tidak mendapat tempat di kategori untuk Sutradara Terbaik.

Jika Gerwig diakui di kategori itu, ia akan menjadi wanita pertama dalam sejarah Oscar yang dinominasikan sebagai sutradara terbaik dua kali setelah Lady Bird. Sebagai gantinya, kategori ini diisi oleh para sutradara pria, Martin Scorsese ("The Irishman"), Sam Mendes ("1917"), Quentin Tarantino ("Once Upon a Time di Hollywood"), Bong Joon Ho ("Parasite") dan Todd Phillips ("Joker").

Christian Bale
Oscar tahun ini terlihat cukup baik untuk Ford v Ferrari, yang menjadi film pertama tentang pengemudi mobil balap yang dinominasikan untuk Film Terbaik. Namun, sayangnya Oscar tak berpihak pada Christian Bale yang berperan sebagai Ken Miles, untuk berada dalam pencalonan aktor terbaik.

Adam Sandler
Akting Sandler sebagai perajin perhiasan yang kecanduan judi di Uncut Gems disebut sebagai salah satu kinerja terbaik dalam kariernya. Ketika film itu memuncaki box office, penggemar percaya dia akan serta jadi nominasi Academy Award. Tapi sayangnya, Uncut Gems ternyata dinilai kurang tepat untuk Oscar.

Eddie Murphy
Murphy mendapatkan sejumlah ulasan positif usai memerankan aktor dan komedian Rudy Ray Moore di Dolemite Is My Name. Oscar biasanya diketahui kerap memberi penghargaan kepada aktor karena memainkan peran seseorang sesuai kehidupan nyata, tetapi rilisan Netflix terlihat kesulitan membobol persaingan aktor terbaik tahun ini. Untuk saat ini, satu-satunya nominasi Oscar Murphy adalah untuk Dreamgirls.

Beyonce
Lagu balada Beyonce dari The Lion King dianggap sebagai 'kunci' dalam kategori Lagu Terbaik. Kini, tak jelas siapa yang kehilangan karena Oscar disebut sudah tak dapat mengundang Beyonce untuk tampil di malam puncak.

Frozen 2
Film animasi terlaris sepanjang masa kali ini gagal dinominasikan dalam kategori fitur animasi terbaik.

[Gambas:Video CNN] (agn/rea)