Arie Dagienkz dan Pesohor Dukung Mian Tiara Ungkap Pelecehan

CNN Indonesia | Jumat, 24/01/2020 20:30 WIB
Arie Dagienkz dan Pesohor Dukung Mian Tiara Ungkap Pelecehan Sejumlah pesohor dunia hiburan, termasuk Arie Dagienkz, mendukung aktris dan musisi Mian Tiara yang mengaku mengalami pelecehan seksual oleh aktor senior. (Instagram.com/dagienkz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah pesohor dunia hiburan, termasuk Arie Dagienkz, memberi dukungan kepada aktris dan musisi Mian Tiara yang mengaku menjadi korban pelecehan seksual oleh aktor senior.

"Saya mendukung @miantiara #mulaibicara! Teman-teman bisa menyimak pengalaman Mian Tiara akan pelecehan seksual yang pernah dialaminya. Gila gue emosi banget! Ada yang bisa dibantu Mi?" tulis Arie seraya menawarkan bantuan ke Mian.




Kicauan Arie tersebut juga ditanggapi oleh rapper Iwa K yang memberi dukungan kepada Mian.

"Lanjut, Mi," tulis Iwa K.



Dukungan ini mengalir setelah Mian mengunggah sebuah utas di Twitter. Mian mengklaim dirinya mengalami pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang aktor senior Indonesia.

Musisi Indra Aziz termasuk salah satu yang paling cepat menyampaikan kegeraman atas pengalaman Mian tersebut.

"Damn! Ikut emosi, apa yang bisa gua bantu Ting?" tulis Indra.



Mian pun berharap Indra dapat membantu menyebarkan cerita tersebut hingga lebih banyak orang yang memahami bahwa perlakuan seperti itu tidak boleh dibiarkan.

"Tolong share cerita ini. Supaya lebih banyak orang yang mengerti bahwa pembiaran atau normalisasi perlakuan-perlakuan semacam ini malah akan menguntungkan pelaku. Dan kita semua bisa ikut bantu bikin perubahan. Thanks bro. Appreciate it a lot. Lo baik-baik ya," tulis Mian.

Selain sejumlah pesohor hiburan, beberapa warganet pun bergabung lewat tagar #mulaibicara sebagai gerakan dukungan untuk tak diam pada kasus pelecehan seksual.

Mian sendiri membuka kisahnya dengan menyatakan bahwa ia tak dapat menahan dorongan untuk membicarakan pelecehan itu secara terbuka.

Ia menyadari, pelecehan seksual dapat terjadi di mana saja, kapan saja, dan menimpa siapa saja, bahkan di tempat-tempat yang dirasa aman.

Aktris yang berperan dalam film besutan Joko Anwar, Perempuan Tanah Jahanam, tersebut menuturkan bahwa di hari itu ia memenuhi janji membantu seorang teman membuat film pendek untuk tugas akhir.

Proses pra produksi sudah selesai, tim akan segera syuting dengan mengambil lokasi sebuah gedung pertunjukan.

Di ruang rias, Mian berkenalan dengan seorang aktor yang ia sebut senior, yang terlibat juga dalam film itu. Si aktor sempat meminta Tiara duduk di sebelahnya untuk berlatih dialog.

"Singkat cerita, kami membahas dialog dan setelah adegan di panggung selesai, saya pindah ke belakang panggung. Tak lama, saya masuk ke ruang rias untuk mengecek HP saya. Aktor senior tersebut juga ada di sana menunggu kopinya," kata Mian dalam kicauannya.

"Kami melanjutkan obrolan kami. Pada saat itu hanya kami berdua di ruang rias. Saya duduk di sebelahnya dan mendengarkan ceritanya. Tiba-tiba dia menghadapkan kursinya ke saya dan mengelus paha saya begitu saja. Saya kaget tapi enggak bisa bereaksi apa-apa."



Tak menyangka mendapatkan perlakuan seperti itu, Mian segera berusaha menjauh dari si aktor. Usai syuting, sutradara dan seluruh pemain berfoto bersama. Saat itu, kembali Mian mengalami perlakuan tak menyenangkan.

"Saya berusaha menjaga jarak dari si aktor senior. Tapi karena posenya berpindah-pindah tempat, akhirnya dia berdiri di sebelah saya. Si aktor senior memasukkan jarinya ke pinggir celana jins saya dan memegang erat sambil menggantungkan tangannya ke celana saya," tulis Mian.

"Saya merasa jijik, marah, terlanggar atas perbuatannya."

Menurut Mian, dirinya harus bicara tentang pelecehan itu agar publik sadar hal serupa tak dapat dimaklumi dan dibiarkan.

"Mungkin enggak akan pernah selesai. Tapi kita bisa mengubah pemikiran atas normalisasi bentuk-bentuk pelecehan atau kekerasan seksual," tulisnya. (agn/has)