Kobe Bryant, Atlet Pertama yang Sabet Piala Oscar

CNN Indonesia | Senin, 27/01/2020 07:55 WIB
Kobe Bryant, Atlet Pertama yang Sabet Piala Oscar Kobe Bryant mencetak sejarah tak hanya di NBA, tapi juga dunia hiburan kala menjadi atlet pertama yang meraih Oscar berkat film Dear Basketball pada 2018 lalu. (AFP Photo/Frederic J. Brown)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dunia berduka atas kematian legenda NBA, Kobe Bryant, pada Minggu (26/1). Sepanjang kariernya, ia mencetak sejarah tak hanya di NBA, tapi juga di dunia hiburan kala menjadi atlet pertama yang menyabet piala Oscar berkat film pendek animasi Dear Basketball pada 2018 lalu.

"Saya merasa sangat terhormat bisa melakukan ini. Hal ini tak pernah terpikirkan sebelumnya," ujar Bryant saat menerima piala tersebut setelah diundang naik ke atas pentas oleh pemandu acara, Jimmy Kimmel.

Dear Basketball sendiri merupakan film animasi pendek berdasarkan puisi karya Bryant. Legenda basket itu bekerja sama dengan animator Glen Keane dan komposer pemenang Oscar, John Williams, dalam menggarap proyek ini.


"Sangat sureal melihat diri saya dibuat menjadi animasi. Saya pernah bermimpi menandatangani sepatu Nike, tapi saya tidak pernah terpikir dijadikan animasi oleh Glen Keane. Ini melebihi segalanya," kata Bryant kepada The New York Times.

Ini bukan kali pertama Bryant menyerempet dunia hiburan. Pada 2000, Bryant sempat berencana merilis album rap. Single perdananya yang bertajuk "K.O.B.E." menampilkan model dan aktris Tyra Banks.

Sejumlah rapper pun menyampaikan duka mendalam kala mendengar kabar Bryant meninggal dunia pada Minggu, salah satunya Drake.

Melalui Instagram, Drake mengunggah foto bertuliskan "Farewell Mamba" dengan keterangan, "Ini tidak mungkin."

[Gambas:Instagram]

Sementara itu, para penggemar Bryant berdatangan ke Staples Center, di mana sang legenda beberapa kali memimpin tim Lakers meraih kemenangan.

Di depan Staples Center, bendera setengah tiang dikibarkan. Namun di dalam gedung, gelaran Grammy Awards tetap berlangsung di tengah suasana duka.

Bryant meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter di California pada Minggu. Ia dan putrinya, Gianna Maria Onore, dilaporkan berada dalam satu helikopter menuju Mamba Academy di kawasan Thousand Oaks, California.

"Beristirahatlah dengan tenang, Kobe. Kami mencintaimu," ujar sutradara Homecoming, Steve Pamon, saat menerima trofi kategori film musik terbaik Grammy Awards 2020. (has/has)