In the Absence, Film Dokumenter Korea yang Masuk Oscar 2020

tim, CNN Indonesia | Senin, 10/02/2020 19:40 WIB
In the Absence, Film Dokumenter Korea yang Masuk Oscar 2020 In the Absence berkisah tentang insiden terburuk di maritim Korsel, yakni tenggelamnya Kapal Sewol yang menewaskan 300 orang lebih pada 2014 silam. (dok. Dewan Perfiman Korea/KOFIC)
Jakarta, CNN Indonesia -- Parasite tak menjadi satu-satunya film asal Korea Selatan yang masuk nominasi Oscar 2020. Korsel juga 'menyumbangkan' In the Absence dalam nominasi Best Documentary Short Subject.

In the Absence bertutur tentang tragedi Kapal Sewol yang tenggelam pada April 2014 dan menewaskan lebih dari 300 orang. Sebagian besar korban merupakan siswa SMA yang akan melakukan tur.

Sutradara Yi Seung-jun mengatakan In the Absence dibuat supaya semua orang terus mengingat tragedi maritim terburuk di Korea tersebut. Banyak orang disebut masih berang dengan operasi pencarian dan penyelamatan oleh pemerintah yang dianggap cacat.


Tak hanya itu, beberapa pihak juga menilai pemerintah berusaha menutupi kebenaran dari kecelakaan serta proses penyelamatan tersebut.

"Masih banyak rasa sakit dan permasalahan yang belum diselesaikan selama hampir enam tahun. Keluarga korban, korban yang selamat hingga penyelam masih menderita. Tapi beberapa lebih memilih untuk tak membahas itu kembali," kata Yi Seung-jun kepada Yonhap.

Sutradara Yi Seung-jun melakukan riset dan mencari tahu kejadian awal tragedi tersebut. Menurutnya, orang-orang tak akan memalingkan muka jika mengetahui hal yang sebenarnya terjadi sebelum kecelakaan.

"Bencana mematikan itu akibat rasa abai negara yang seharusnya melindungi dan menyelamatkan nyawa rakyat. Saya hanya ingin membantu orang mengingatnya dan berbagi beban," tutur Yi Seung-jun.

Dalam film berdurasi 29 menit tersebut, Yi Seung-jun menunjukkan kapten Kapal Sewol yang berusaha menyelamatkan diri terlebih dahulu meski masih banyak anak-anak terjebak di dalam.

In the Absence juga memperlihatkan desakan dari pihak pemerintah kepada penjaga pantai untuk mengirimkan rekaman ketika operasi penyelamatan sedang berlangsung.
Film dokumenter In the Absence dibuat dari sejumlah rekaman video yang berhasil didapatkan dari banyak pihak.

Bukan hal mengejutkan jika In the Absence masuk nominasi Oscar 2020. Sebelumnya, film itu berhasil memenangkan hadiah terbesar dalam penghargaan film dokumenter tahunan di New York, DOC NYC 2018.

In the Absence juga memenangkan World Press Photo Digital Storytelly Content untuk Long Form pada 2019.

[Gambas:Video CNN] (chri/rea)