AS Batasi Perkumpulan Massa Akibat Corona, Bioskop Tetap Buka

CNN Indonesia
Rabu, 11 Mar 2020 16:35 WIB
Bioskop di sejumlah daerah di AS tetap beroperasi meski pemerintah sudah merilis aturan pembatasan perkumpulan massa untuk mencegah penyebaran virus corona. Ilustrasi. (Istockphoto/RgStudio)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bioskop di sejumlah daerah di Amerika Serikat memutuskan tetap beroperasi meski pemerintah sudah merilis aturan pembatasan perkumpulan massa untuk mencegah penyebaran virus corona.

Pihak bioskop-bioskop di Santa Clara County di California Utara, misalnya, memutuskan tetap beroperasi karena tempat usaha mereka tak masuk kriteria aturan pemerintah yang harus tutup.

Berdasarkan dekrit yang dikeluarkan pemerintah Santa Clara County, acara dengan peserta atau berpotensi mendatangkan lebih dari 1.000 orang tak boleh digelar.

Namun menurut data Asosiasi Pemilik Bioskop California/Nevada, kursi dalam studio di Santa Clara County tidak mencapai 1.000. Pun begitu bila jumlah kursi dari beberapa studio pada satu bioskop sudah ditambah.

Selain itu, sejak virus corona melanda Amerika Serikat, memang tidak semua bioskop tutup. Pasalnya pada Selasa (10/3), Gubernur New York, Andrew Cuomo, mengumumkan bahwa hanya bisnis dalam radius 1,6 kilometer dari zona terdampak yang harus tutup.

Dengan begitu, masih ada beberapa bioskop yang beroperasi, selama letaknya tidak berada dalam radius 1,6 kilometer dari zona terdampak virus corona.

Analis Eric Handler dari Wall Street juga memperkirakan penutupan bioskop hanya akan terjadi di beberapa daerah.

"Kami masih melihat percepatan jumlah kasus, dan saya pikir kasus terburuk belum terjadi," kata Handler.

[Gambas:Video CNN]

Meski begitu, bioskop yang masih beroperasi akan ditutup bila ada peraturan baru dari pemerintah setempat atau negara. Salah seorang yang sudah lama berkecimpung di industri film mengatakan hal seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Berdasarkan Coronavirus COVID-19 Global Cases by John Hopkins CSSE, per Rabu (11/3) siang, terdapat 1.025 kasus corona di AS. Sebanyak 28 kasus di antaranya dinyatakan meninggal dan 8 kasus sembuh. (adp/has)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER