Jalan Berliku Drama Korea dalam Semester Awal 2020

CNN Indonesia | Sabtu, 11/07/2020 13:45 WIB
The World of the Married Saluran televisi kabel jTBC berhasil mempertahankan titel drama dengan rating tertinggi dengan menayangkan The World of the Married. (dok. JTBC via HanCinema)
Jakarta, CNN Indonesia --

Semester pertama 2020 menjadi jalan berliku bagi industri drama Korea Selatan. Serangan virus corona Covid-19 yang menyebar begitu cepat sejak Februari 2020 membuat beberapa produksi terhambat.

Namun, hal tersebut pula yang membuat drama Korea menjadi salah satu hiburan utama banyak masyarakat di tengah pandemi. Berikut rangkuman drama Korea dalam enam bulan pertama tahun ini.

jTBC dan tvN Bersinar

Dua stasiun televisi kabel, JTBC dan tvN, amat bersinar pada semester awal 2020. Sejumlah drama yang tayang di dua saluran televisi tersebut berhasil menarik perhatian pecinta drama, baik di Korea dan banyak negara.


Pada awal 2020, tvN menayangkan Crash Landing On You yang dibintangi Hyun Bin dan Son Ye-jin. Drama romansa komedi antara Korea Selatan dan Korea Utara ini memecahkan rekor tvN.

Tak hanya itu, Crash Landing On You juga menjadi salah satu drama Korea terpopuler di Netflix kala itu. Review Crash Landing On You bisa dibaca di sini.

Kesuksesan itu dipertahankan lewat penayangan drama Hospital Playlist yang berakhir pada 28 Mei. Meski hanya tayang satu episode tiap pekan, drama terbaru dari sutradara waralaba Reply, Shin Won-ho ini, berhasil mendapatkan rating tinggi serta soundtrack yang menyapu bersih puncak tangga musik lokal.

Sementara itu, jTBC juga makin bersinar pada 2020. Saluran televisi kabel ini berhasil mempertahankan titel drama dengan rating tertinggi dengan menayangkan The World of the Married.

Drama hasil adaptasi Doctor Foster ini mendapatkan rating hingga 28,3 persen. Capaian tertinggi sebelumnya didapatkan SKY Castle yang juga ditayangkan jTBC pada awal 2019.

Poster Hospital Playlist.Meski hanya tayang satu episode tiap pekan, Hospital Playlist berhasil mendapatkan rating tinggi serta soundtrack yang menyapu bersih puncak tangga musik lokal. (Dok. CJ ENM Co via IMDb)

Sutradara Mo Wan-il serta aktris Kim Hee-ae dinobatkan sebagai Sutradara dan Aktris Terbaik dalam BaekSang Arts Awards 2020. Review The World of the Married bisa dibaca di sini.

Selain The World of the Married, jTBC juga mencatat kesuksesan lewat penayangan drama Itaewon Class. Drama hasil adaptasi webtoon ini mendapatkan rating 16,5 persen dan masuk daftar drama rating tertinggi sepanjang sejarah.

Sementara itu, beberapa drama yang tayang di saluran televisi nasional Korea juga mendapatkan rating memuaskan seperti Dr. Romantic 2, Stove League, dan Hyena.

Tak Sesuai Ekspektasi

Meski banyak drama yang sukses menarik perhatian penonton terutama warga Korea, tak sedikit juga drama yang mendapatkan hasil tidak sesuai ekspektasi.

Salah satunya adalah drama Hi Bye, Mama. Drama tersebut merupakan kesempatan pertama Kim Tae-hee kembali ke layar kaca setelah hiatus lima tahun dan setelah menikah dengan Rain dan memiliki anak.

Drama fantasi keluarga ini mendapatkan rating di atas 7 persen pada awal penayangan. Namun, hal itu gagal dipertahankan apalagi ditingkatkan hingga akhir episode.

Kim Tae-hee di drama Hi Bye, Mama!Nama besar Kim Tae-hee tidak berhasil membuat penonton bertahan menyaksikan drama Hi Bye, Mama! dan hanya mendapatkan 5,1 persen pada akhir episode.: (dok. Story J Company/tvN)

Nama besar Kim Tae-hee tidak berhasil membuat penonton bertahan menyaksikan drama tersebut dan hanya mendapatkan 5,1 persen pada akhir episode.

Kondisi buruk juga dialami A Piece of Your Mind. Drama terbaru Jung Hae-in ini gagal menarik perhatian penonton lokal.

Kesuksesan Jung Hae-in menjadi kameo dalam Goblin dan menjadi pemeran utama dalam Something in the Rain hanya membuat drama itu meraih rating 1-2 persen.

Hal tersebut membuat tim produksi memutuskan memotong empat episode, dari 16 menjadi 12 episode. Menurut tim produksi, pemotongan diperlukan demi menjaga kepuasan penonton.

The King: Eternal Monarch menjadi salah satu drama yang paling dinantikan tapi tidak mendapatkan hasil sesuai ekspektasi.

Drama tersebut termasuk yang amat ditunggu pecinta drama karena dibintangi Lee Min-ho dan ditulis Kim Eun-sook (Goblin, Descendants of the Sun).

Namun, The King: Eternal Monarch dibanjiri komplain ketika tayang. Mulai dari kekeliruan dalam mengangkat sejarah, penempatan produk iklan yang begitu terang-terangan, menyinggung politik Jepang dan Korea Selatan, hingga proses edit grafis yang dinilai mengecewakan.

Hal tersebut membuat The King: Eternal Monarch hanya mendapatkan rating 5,9 dan 8,1 persen untuk episode terakhirnya.

Penulis Baru Mulai Bersinar

Melansir Korea Herald, awal 2020 juga menjadi waktu para penulis baru memikat penonton.

Penulis Jin Han-sae memperpanjang daftar melalui drama Extracurricular yang eksklusif tayang di Netflix. Serial yang menceritakan prostitusi dan perdagangan manusia di kalangan remaja ini disebut berdasarkan pengalaman Jin Han-sae ketika masih remaja.

Serial ini ramai diperbincangkan warga Korea karena dianggap amat nyata dan riil dengan kondisi di sana setelah polisi mengungkapkan pelecehan seksual Nth Room.

Selain itu, Penulis Lee Shin-hwa berhasil menarik perhatian lewat drama Stove League. Drama bertema olahraga tersebut bahkan dinobatkan sebagai Drama Terbaik dalam BaekSang Arts Awards 2020.

[Gambas:Video CNN]



(chri/end)