Pandemi, Penjualan Album K-Pop Justru Naik 40 Persen

CNN Indonesia | Rabu, 22/07/2020 17:30 WIB
BTS merupakan salah satu boyband yang berhasil berada di deretan atas penjualan album terlaris dalam semester pertama 2020. BTS merupakan salah satu boyband yang berhasil berada di deretan atas penjualan album terlaris dalam semester pertama 2020. (CNNIndonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pandemi Covid-19 seakan tak memengaruhi penjualan album K-Pop pada 2020. Total penjualan album rekaman idol Korea tahun ini bahkan meningkat meski sejumlah konser dan tur dibatalkan akibat wabah virus corona.

Berdasarkan data Gaon Chart, sekitar 18,08 juta keping album terjual dalam semester pertama 2020. Penjualan itu meningkat 40 persen dibandingkan tahun lalu yang sekitar 12,33 juta.

Gaon Chart merupakan tabulasi popularitas mingguan lagu dan album di Korea Selatan yang Asosiasi Konten Musik Korea (KMCA) dan disponsori Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan.


Gaon Chart sejatinya dibentuk untuk menampilkan grafik seperti Billboard di Amerika dan tangga lagu Oricon di Jepang.

Tak hanya itu, penjualan paruh pertama 2020 juga menjadi yang tertinggi sejak Gaon Chart mulai menghitung penjualan album pada 2010.

Berdasarkan data, 100 penjualan teratas dikuasai oleh boyband dan girlband K-pop, serta solois yang berhasil terjual 16,89 juta keping atau lebih dari 90 persen dari total penjualan.

Gabungan penjualan dari top 10 bahkan mencapai lebih dari 10 juta keping, mereka termasuk album BTS, SEVENTEEN, Baekhyun EXO, NCT 127, NCT Dream, TWICE, IZ*ONE, dan GOT7.

"Penjualan album didorong kuat oleh fandom internasional yang besar," kata Kepala Peneliti Gaon Kim Jin-woo seperti dilansir Korea Herald.

"Ironisnya, pembatalan konser serta meet and greet sepertinya membantu peningkatan penjualan album karena fan tak punya pilihan lain. Membeli album adalah satu-satunya cara menunjukkan dukungan mereka sementara waktu," Kim menjelaskan.

Peningkatan penjualan album K-pop kala pandemi berbanding terbalik dengan tren industri musik global. Berdasarkan Nielsen Music Data, penjualan album AS turun 20 persen pada semester pertama 2020 dibandingkan 2019.

Berdasarkan data Gaon, album terlaris pada paruh pertama 2020 adalah Map of the Soul: 7 BTS yang terjual 4.265.617 kopi. Penjualan itu meningkat dibandingkan album sebelumnya, Map of the Soul: Persona, yang terjual 3.718.230 kopi pada 2019.

Tak hanya itu, peningkatan juga terjadi terhadap album SEVENTEEN, Baekhyun EXO, NCT 127, dan IZ*ONE yang terjual lebih dari 1 juta kopi karena kekuatan basis penggemar global yang lebih luas.

(chri/end)

[Gambas:Video CNN]