5 Drama Korea Jadul yang Pernah Tayang di Indonesia

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 29/07/2020 02:25 WIB
Kehadiran drama Korea bahkan menggeser popularitas drama Taiwan lebih dulu bertengger di televisi. Berikut 5 drama Korea jadul yang pernah tayang di Indonesia. Kehadiran drama Korea bahkan menggeser popularitas drama Taiwan lebih dulu bertengger di televisi. Berikut 5 drama Korea jadul yang pernah tayang di Indonesia. (Foto: Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Awal mula mewabahnya demam Drama Korea di Indonesia dimulai pada awal 2000-an. Saat itu, kemunculan beberapa drama Korea jadul pernah tayang di Indonesia.

Bahkan kehadiran drama Korea di layar kaca menggeser popularitas drama Taiwan yang sebelumnya lama bertengger di televisi Indonesia.

Animo masyarakat Indonesia juga dapat dikatakan cukup tinggi dalam menyaksikan tontonan yang rutin disiarkan di beberapa stasiun TV swasta Tanah air. Atensi masyarakat tersebut membuat peluang beberapa stasiun TV rutin menayangkan drama Korea yang juga memiliki rating tinggi di Korea Selatan.


Untuk membangkitkan nostalgia Anda terhadap drama Korea lawas, berikut CNNIndonesia.com merangkum lima drama korea jadul yang pernah tayang di Indonesia dengan plot cerita yang menarik.

1. Naughty Kiss/Playful Kiss (2010)

[Gambas:Youtube]

Drama Korea yang satu ini diadaptasi dari manga populer Jepang karya Tada Kaoru bertajuk Itazura Na Kiss. Dengan mengusung konsep komedi romantis dan serba remaja, drama ini mampu terjual laku di 12 negara Asia Tenggara.

Naughty Kiss bercerita tentang Oh Ha Ni (Jung So Min) seorang siswi SMA yang kurang pintar dalam pelajaran. Ha Ni yang naksir berat dengan siswa paling populer dan jenius di sekolahnya Baek Seung Jo (Kim Hyun Joong), secara berani mengatakan cintanya lewat sebuah surat yang berujung penolakan.

Merasa sedih dan kesal, siapa sangka sebuah bencana gempa bumi malah membuat sebuah keberuntungan bagi Ha Ni.

Suatu hari, rumah barunya mengalami kerusakan parah sehingga membuat ayahnya, Oh Ki Dong (Kang Nam Gil) memboyong keluarganya ke rumah sahabat masa kecilnya. Cerita semakin menarik saat keluarga tersebut merupakan keluarga Seung Jo.

Cerita keseharian satu atap Ha Ni dan Seung Jo tampak mewarnai keseluruhan cerita, apalagi ditambah peran kocak dari Bong Joon Gu (Lee Tae Sung) yang naksir berat kepada Ha Ni.

Cerita persahabatan Ha Ni dengan kedua temannya, serta persahabatan orang tua Ha Ni dan Seung Jo semakin meramaikan plot cerita remaja yang asik diikuti.

Dalam total 16 episode dan 7 episode spesial yang ditayangkan di Youtube, Naughty Kiss memang patut menjadi salah satu tontonan menyegarkan yang sukar dilupakan.

2. Bread, Love, and Dreams (2010)

[Gambas:Youtube]

Drama Korea yang satu ini mengusung tema kekeluargaan, persaingan, dan proses menggapai cita-cita dari para tokoh utamanya.

Dalam total 30 episode, Bread, Love and Dreams mampu membawa serial drama ini masuk ke dalam daftar 25 drama korea rating tertinggi sepanjang masa.

Drama ini berkisah tentang perjalanan seorang Kim Tak Goo (Yoon Shi-yoon)yang berjuang terhadap mimpinya membangun usaha sebuah toko roti.

Dalam perjalanannya, Tak Goo lahir dari perselingkuhan tidak sengaja yang dilakukan oleh Go in Jong dan Kim Mi Sun yang merupakan pembantu di rumahnya.

Istri in Jong yang mengetahui hal tersebut akhirnya ikutan berselingkuh dengan pengawal rumah dan melahirkan anak laki-laki bernama Goo Ma Joon (Joo Won). Mi Sun dan Tak Goo bayi diusir dari rumah akibat insiden itu.

Konflik terjadi manakala pada akhirnya anak kandung in Jong adalah Tak Goo. Hal tersebut menjadikan Ma Joon sangat membenci Tak Goo karena dianggap menghalangi langkahnya. Ia pun menggunakan berbagai cara licik untuk menjatuhkan Tak Goo.

Tak hanya rival dalam mimpinya, Tak Goo dan Ma Joon juga bersaing mendapatkan jati seorang gadis yang sama-sama disukai oleh mereka.

3. Brilliant Legacy (2009)

[Gambas:Youtube]

Brilliant Legacy mengusung tema benci jadi cinta yang klasik dengan sentuhan plot cerita yang dibuat unik. Dalam 28 episode yang cukup panjang, Brilliant Legacy menceritakan kehidupan para chaebol atau orang kaya di Korea Selatan.

Brilliant Legacy berkisah tentang seorang anak Chaebol Go Eun Sung (Han Hyo Joo) yang berkuliah di New York. Eun Sung di Korea Selatan memiliki adik kandung yang autis, Eun Woo dan saudara perempuan tiri bernama Seung Mi (Moon Chae Woon).

Suatu hari ia mengalami beberapa kesialan saat memutuskan pulang ke Korea Selatan dan tasnya tertukar dengan tas milik chaebol Sun Woo Hwan (Lee Seung Gi).

Sayangnya, Hwan memiliki sifat pongah yang malah mempermainkan Eun Sung. Saat itu pula, ia dikabari bahwa ayahnya meninggal dunia akibat kebakaran.

Setelah kematian ayahnya, Eun Sung dan adiknya Eun Woo diusir dari rumah oleh ibu tirinya. Alhasil, ia harus bekerja giat menjadi pelayan kafe untuk menghidupi kebutuhannya dan adiknya di kota.

Suatu hari ia menyelamatkan seorang nenek yang terjatuh dari tangga dan tidak sadarkan diri. Belakangan, nenek tersebut merupakan nenek dari Hwan atau Presiden Direktur dari Sup Sapi Jin Sung yang terkenal di Korea.

Konflik mulai terasa saat nenek memutuskan Eun Sung akan menjadi penerusnya menggantikan Hwan. Alhasil, Eun SUng sangat dibenci oleh Hwan dan keluarganya. Namun siapa sangka, keduanya malah memiliki perasaan yang lain.

4. Boys Over Flowers (2008)

[Gambas:Youtube]

Drama Korea jadul yang satu ini memang sangat mewabah, dengan ikon empat pemuda tampan dan kaya yang membuat penggemar wanita selalu betah berlama-lama di depan layar TV.

Drama Korea yang garis besar ceritanya diadaptasi dari manga dan dorama Jepang 'Hana Yori Dango' ini juga sempat diadaptasi oleh drama Taiwan dengan tajuk 'Meteor Garden'.

Dalam total 25 episode, penggemar akan diajak menyaksikan kisah percintaan sedikit kocak dari Gu Jun Pyo (Lee Min Ho) dan Geum Jan Di (Goo Hye Sun). Sebuah konsep 'benci jadi cinta' mewarnai keseluruhan drama ini.

Jun Pyo yang memiliki polah kanak-kanak, angkuh, dan suka melakukan perundungan kepada anak-anak di sekolahnya, akhirnya takluk dengan keberanian Jan Di.

Cerita dengan tema Cinderella juga sangat terasa, saat keempat tokoh lelaki utama atau F4 memiliki persona melalui ketampanan dan kekayaannya masing-masing. Ditambah dengan Ibu Jun Pyo yang sangat melawan hubungan Jun Pyo.

Selain lika-liku kisah cinta Jun Pyo dan Jan Di, penonton juga akan diajak melihat kisah cinta tak sampai yang selalu dirasakan Yoon Ji Hoo, kisah cinta manis dari So Yi Jung dan Chu Ga Eul, pesona anak mafia Song Woo Bin, juga beragam konflik keluarga dan persahabatan.

Boys Over Flowers juga didukung setting tempat dan kostum yang sangat memukau, yang cukup menggambarkan bagaimana kehidupan anak orang kaya (chaebol) di Korea Selatan.

5. A Jewel in the Palace (2003)

A Jewel in the PalaceA Jewel in the Palace adalah drama Korea yang pernah tayang di Indonesia dengan 54 episode (Foto: MBC)

Drakor yang juga dikenal dengan tajuk Dae Jang Geum ini merupakan drama saeguk atau drama kolosal ala Korea yang pertama kali tayang di stasiun TV Indonesia.

Seo Jang geum (Lee Young-Ae) dalam sejarah kerajaan dinasti Joseon merupakan seorang dokter kerajaan perempuan pertama dari Dinasti Joseon di Korea.

Jang Geum memiliki bakat luar biasa pintarnya, perjalanannya menuju istana sehingga menjadi dayang utama penuh lika-liku. Tak heran ia diangkat menjadi seorang tabib utama di istana, namun pengangkatannya mendapatkan penolakan, sebab belum ada dalam sejarah seorang perempuan menduduki posisi tersebut.

Dengan jumlah 54 episode, Jang Geum mampu memberikan banyak pesan moral mulai dari keluarga, persahabatan hingga karakter Jang Geum yang sangat kuat dan tangguh. Karakter tersebut juga membuat Raja jatuh hati padanya.

Kelima drama Korea jadul yang pernah tayang di Indonesia tersebut tentunya mampu membawa beberapa kenangan nostalgia saat dengan posisi 'anteng' menonton drama Korea di rumah tiap sore.

(khr/fef)

[Gambas:Video CNN]