Reply 1988 dan Drama Korea yang Wajib Ditonton Sepanjang Masa

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 29/07/2020 08:00 WIB
Berikut 10 drama Korea yang wajib ditonton sepanjang masa dengan cerita menarik dari beragam genre. Berikut 10 drama Korea yang wajib ditonton sepanjang masa dengan cerita menarik dari beragam genre. (Foto: Dok. tvN via www.imdb.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Drama Korea memang digandrungi masyarakat Indonesia dalam dua dekade terakhir ini. Penggemar bahkan dapat melibas belasan episode secara maraton dalam satu hingga dua hari sekaligus.

Tak jarang penggemar drakor kehabisan judul tontonan selanjutnya. Oleh karena itu, ketahui drama Korea yang wajib ditonton sepanjang masa dengan cerita menarik dari beragam genre.

Drama asal Negeri Ginseng ini tak melulu mengusung genre melodrama alias percintaan, namun ada juga tema menarik yang diusung seperti keluarga, persahabatan, fantasi, bahkan menyelipkan kisah-kisah sejarah Korea. Beragam genre tersebut seakan dapat menghipnotis penonton untuk setia menuntaskannya hingga episode akhir.


Berikut CNNIndonesia.com rangkum 10 drama Korea yang wajib ditonton sepanjang masa, berdasarkan plot cerita, kekuatan karakter pemain, animo masyarakat dan rating yang diperoleh.


1. Reply 1988

[Gambas:Youtube]

Reply 1988 menjadi drama paling hangat yang membuat penontonnya terseret menjadi salah satu pemeran 'diam' yang masuk ke dalam cerita. Pasalnya kehangatan dan suasana lingkungan yang mendukung, membuat penggemar merasa ditinggal keluarga saat Reply 1988 sampai pada episode terakhir.

Drama ini mengangkat kisah persahabatan lima remaja SMA dan keluarganya yang hidup bertetangga di Ssangmun-dong, distrik Dobong, Seoul bagian utara.

Seperti judul serialnya, kisah ini berlatar pada 1988, saat Duk sun (Hyeri), Jung Hwan (Ryoo Joon-yeol), Sun woo (Ko Gyung-pyo), dan Dong ryong (Lee Dong-hwi) masih berstatus siswa SMA, sementara Taek (Park Bo gum) sudah menjadi pemain baduk internasional.

Tingkah kocak Duk Sun bersama Dong Ryong yang suka menari, Jung Hwan yang pintar dan keren, Sun Woo yang hangat dan sopan, serta Taek yang polos membuat persahabatan mereka hidup.

Belum lagi tingkah orang tua di kompleks dengan segala kesederhanaan dan rasa kekeluargaannya membuat drama ini memiliki kompleksitas yang apik.

Namun, drama ini juga menyadarkan betapapun persahabatan antara lelaki dan perempuan, ada saja benih-benih cinta yang muncul diantara mereka. Kisah cinta segitiga dan backstreet membuat plot cerita di Reply 1988 semakin hidup.

Reply 1988 menjadi salah satu drama Korea yang meraih rating tertinggi sepanjang sejarah televisi kabel. Serial ini mendapat rata-rata rating nasional sebesar 18.8 persen.


2. The World of the Married

Drama Korea The World of the MarriedKendati baru dirilis, The World of the Married menjadi drama Korea yang wajib ditonton sepanjang masa (Foto: dok. JTBC via HanCinema)

The World of the Married menceritakan upaya balas dendam dokter Ji Sun woo (Kim Hee-ae) setelah mengetahui suami, Lee Tae oh (Park Hae-joon) ternyata selama ini berselingkuh dengan bantuan orang-orang di sekitarnya.

Padahal Tae Oh berhasil menjadi seorang sutradara terkenal berkat bantuan istrinya. Keluarga dan pernikahan yang tampak sempurna di mata Sun Woo harus runtuh dalam satu hari ketika ia mengetahui Tae-oh berselingkuh dengan perempuan muda, Yeo Da kyung (Han So-hee).

Sun Woo memiliki rencana dalam diam yang digunakan untuk mengungkapkan borok suaminya. Pada akhirnya, Sun Woo memutuskan untuk berpisah dengan Tae Oh dan menginginkan anak laki-laki semata wayangnya Lee Joon-young (Jeon Jin-seo) tinggal bersamanya.

Namun ternyata masalahnya tak sampai di situ. Tae Oh masih kerap mengganggu ketentramannya, begitu pula Joon Young yang labil memilih ikut bersama Tae Oh atau Sun Woo.

Drama perselingkuhan dewasa yang tayang setiap Jumat dan Sabtu sejak 27 Maret 2020 ini juga menceritakan kehidupan rumah tangga pasangan lain yang memiliki intrik di dalamnya.

Drama yang diadaptasi dari serial asal Inggris Doctor Foster ini juga menggambarkan situasi riil dalam pernikahan seperti mengurus anak, kekerasan, masalah keuangan, hingga pekerjaan.


3. Sky Castle

[Gambas:Youtube]

Sky Castle menceritakan kehidupan mewah beberapa ibu rumah tangga kaya raya yang ingin membuat suami mereka semakin sukses. Di dalamnya, juga ditunjukkan cara para ibu itu membesarkan anak-anak mereka, yang diperlakukan bak pangeran dan putri.

Para orang tua yang mendikte anaknya agar memiliki prestasi akademis sehingga dapat dibanggakan di lingkungannya. Tak jarang beberapa anak dari mereka merasa tertekan, namun ada pula yang menikmatinya.

Drama ini juga menyoroti tokoh dari tutor les pribadi yang memiliki efek buruk kepada perilaku anak. Bayang-bayang ketakutan yang digabungkan dengan ambisi menjadi jurus tutor tersebut menjadikan bocah tak lebih dari boneka.

Permainan uang serta politik disertakan pula dalam drama yang dibintangi Yum Jung-ah, Lee Tae-ran, Yoon Se-ah, Oh Na-ra serta Kim Seo-hyung ini.

Drama yang sempat menduduki posisi pertama rating tertinggi di saluran televisi jTBC, sebelum digeser The World of the Married, ini memiliki rating rata-rata 12,5 persen secara keseluruhan.


4. Hospital Playlist

[Gambas:Youtube]

Hospital Playlist berfokus pada kisah persahabatan lima orang yang terjalin sejak mereka masuk sekolah kedokteran 20 tahun lalu. Drama ini juga menceritakan bagaimana kehidupan dokter yang terkadang melelahkan, sehingga mereka membentuk sebuah band asal-asalan.

Keseharian Ik-jun (Jo Jung-suk), Jeong-won (Yoo Yeon-seok), Song-hwa (Jeon Mi-do), Jun-wan (Jung Kyung-ho), dan Seok-hyeong (Kim Dae-myung) diisi berbagai kehidupan dan kematian yang terjadi di rumah sakit tempat mereka bekerja.

Kisah pilu dari pasien dan keluarga, kisah romansa yang haru hingga kocak serta tingkah polah kelima sahabat ini membuat

Hospital Playlist berhasil memikat hati para penonton, dan wajar masuk sebagai daftar drama Korea yang wajib ditonton sepanjang masa.

Drama bertemakan slice of life ini mendapatkan rating rata-rata 11 persen. Sejumlah lagu tema Hospital Playlist juga sempat menyapu bersih tangga musik lokal. Sambutan hangat penonton membuat tim produksi bersiap untuk Hospital Playlist musim kedua.


5. Guardian: The Lonely and Great God (Goblin)

Drama GoblinBergenre fantasi dengan bumbu kisah cinta manusia dan makhluk supranatural, Goblin menjadi drama Korea yang wajib ditonton sepanjang masa (Foto: dok. tvN via HanCinema)

Goblin merupakan salah satu drama yang dibintangi banyak artis ternama mulai dari Gong Yoo, Lee Dong-wook, Kim Go-eun, Yoo In-Na serta Yook Sung Jae. Drama ini menceritakan tentang derita Kim Shin (Gong Yoo), Goblin yang hidup 900 tahun karena masa lalunya.

Ia dikutuk untuk hidup abadi sampai ia bisa menemukan seseorang yang bisa mencabut pedang yang menancap di dadanya. Yang memiliki kemampuan tersebut adalah pengantin goblin yang bertugas untuk memberikan kematian pada Goblin.

Belakangan pengantin tersebut merupakan manusia biasa Ji Eun Tak (Kim Go-eun) yang merupakan gadis SMA 19 tahun dan masih labil-labilnya.

Sementara itu, Lee Dong-wook berperan sebagai malaikat kematian yang memiliki misi di Bumi dan memiliki cerita romansa dengan Yoo In-na. Dua perempuan yang mengisi karakter manusia ternyata memiliki ikatan masa lalu dengan Gong Yoo dan Lee Dong-wook.

Drama yang membawa pulang piala Best Actor dan Grand Prize BaekSang Arts Awards 2016 ini secara keseluruhan mendapatkan rating rata-rata 12,9 persen.


6. Crash Landing On You

[Gambas:Youtube]

Drama yang sempat membuat artis Indonesia 'kesengsem' ini menceritakan kisah cinta antara pewaris takhta sekaligus pebisnis fashion ternama di Korea Selatan, Yun Se ri (Son Ye-jin), dan tentara militer Korea Utara, Ri Jeong hyeok (Hyun Bin).

Jeong hyeok digambarkan sebagai pria dengan masa depan cerah. Berlatar belakang elite dan bergengsi, Jeong hyeok menjadi sosok yang penuh percaya diri dan berprinsip.

Se ri sendiri memiliki kehidupan layaknya keluarga kerajaan di Korsel. Selain menikmati kekayaan keluarganya, ia juga merupakan pemilik bisnis fashion yang sukses.

Namun sejak petaka badai saat ia sedang paragliding da terdampar di sebuah hutan di Korea Utara, kehidupan Se ri berubah total karena tidak ada satupun orang di Korut yang mengenali dirinya.

Jung hyeok menjadi satu-satunya sosok yang rela menyembunyikan dan melindungi Se ri dari pemerintah Korut. Meski pertemuan keduanya sama sekali tak terduga, mereka mulai saling menyimpan rasa.

Selain kisah percintaan kedua pasangan itu, beberapa karakter pendukung seperti tiga rekan kerja Jeong Hyeok turut memberikan warna yang memuat bumbu-bumbu kocak di dalam setiap episode.


7. Descendants of the Sun (DotS)

Descendants of The SunMenceritakan kisah romantis antara dokter dan tentara, Descendants of The Sun menjadi drama Korea yang wajib ditonton sepanjang masa (Foto: KBS & KBS Media)

Drama Hye Kyo yang satu ini mengusung tema besar kisah percintaan anggota militer dengan tenaga medis. Tak ayal, tema cerita tersebut membuat beberapa remaja dari Korea hingga Indonesia menganggap 'uwu' pasangan ini.

Drama ini menceritakan tentang lika-liku percintaan antara seorang kapten tentara Yo So Jin (Song Joong Ki) dan seorang dokter muda handal kang Mo Yeon (Song Hye Kyo).

Pertemuan pertama mereka telah membuat So Jin sempat terkesima dengan paras ayu Mo Yeon, sedangkan Mo Yeon malah menduga bahwa So Jin merupakan seorang gangster.

Siapa sangka, mereka kembali dipertemukan saat menjalankan tugas di daerah konflik, Uruk. Mo Yeon bertugas sebagai relawan kesehatan, sementara So Jin juga ditugaskan untuk menjaga dan mengamankan daerah rawan perang tersebut.

Keadaan itu membuat mereka semakin dekat hingga akhirnya memutuskan berkencan. Namun Mo Yeon menyadari bahwa So Jin memiliki rahasia besar dan berkencan dengannya bukanlah sebuah hal yang mudah.

Selain kisah kedua pasangan yang membuat Joong Ki dan Hye Kyo memutuskan untuk berkencan, kemudian menikah dan kini telah bercerai.

Kisah pasangan Sersan Seo Dae Young (Jin Goo) dan Letnan Yoon Myeong Joo (Kim Ji Won) juga meramaikan keseruan percintaan di drama Korea yang dibintangi Song Hye Kyo kali ini.

Dalam 16 Episode penonton akan diajak melihat keseruan dunia militer juga bagaimana gambaran kerja para relawan yang bekerja di daerah konflik perang.


8. Pinnochio

[Gambas:Youtube]

Drama ini mengisahkan Ki Hya Mung/ Choi Dal Po (Lee Jong Suk) yang tumbuh dengan kisah cukup tragis, sebab fitnah media yang menghancurkan keluarganya.

Ayahnya merupakan seorang pemadam kebakaran terbaik di kotanya difitnah kabur meninggalkan anak buahnya dalam sebuah kematian saat kebakaran gedung, padahal ayahnya telah meninggal dunia ikut terbakar. Kebenaran itu terungkap saat Hya Mung dewasa.

Tuduhan itu membuat Choi Dal Po, ibu dan kakaknya mendapat hujatan masa hingga diusir dari rumah mereka sendiri. Merasa frustasi, ibunya bunuh diri, sementara kakaknya berpisah dengannya.

Hya Mung kecil kemudian ditemukan oleh Choi Gong Pil (Byun Hee Bong) yang menganggap Hya Mung adalah anaknya yang hilang. Sejak saat itu Hya Mung hidup sebagai Choi Dal Po.

Dal Po bertemu dengan Choi In Ha (Park Shin Hye), cucu dari Choi Gong Pil yang membuatnya jatuh cinta, namun kadang membencinya, sebab In Ha merupakan anak dari reporter senior, Song Cha Ok (Jin Kyung). Cha Ok merupakan salah satu reporter lawas yang membuat keluarganya hancur karena pemberitaannya.

Akhirnya, Dal Po dan In Ha tumbuh bersama hingga dewasa dan menjadi reporter di dua perusahaan media berbeda. Dalam perjalanannya, Dal Po bertekad ingin mencari dalang penyebab kebakaran yang menghancurkan keluarganya sekian tahun silam.

Selain itu ada hal yang menarik, bahwa Choi In Ha memiliki sindrom unik yang disebut 'Pinocchio' dan membuatnya cegukan setiap kali berbohong.

Perjalanan cinta keduanya yang saling menjaga perasaan serta gambaran kehidupan media di Korea Selatan membuat drama yang satu ini semakin asik untuk terus disimak.


9. Boys Over Flowers

Boys Before FlowerDiadaptasi dari dorama Jepang, Boys Before Flower merupakan drama Korea yang wajib ditonton sepanjang masa  (Foto: Group Eight via Imdb)

Drama Korea jadul yang satu ini memang sangat mewabah, dengan ikon empat pemuda tampan dan kaya yang membuat penggemar wanita selalu betah berlama-lama di depan layar TV.

Drama Korea yang garis besar ceritanya diadaptasi dari manga dan dorama Jepang 'Hana Yori Dango' ini juga sempat diadaptasi oleh drama Taiwan dengan tajuk 'Meteor Garden'.

Dalam total 25 episode, penggemar akan diajak menyaksikan kisah percintaan sedikit kocak dari Gu Jun Pyo (Lee Min Ho) dan Geum Jan Di (Goo Hye Sun). Sebuah konsep 'benci jadi cinta' mewarnai keseluruhan drama ini.

Cerita dengan tema Cinderella juga sangat terasa, saat keempat tokoh lelaki utama memiliki persona melalui ketampanan dan kekayaannya masing-masing. Ditambahi dengan Ibu Jun Pyo yang sangat melawan hubungan kedua pasangan yang memiliki

Selain lika-liku kisah cinta Jun Pyo dan Jan Di, penonton juga akan diajak melihat kisah cinta tak sampai yang selalu dirasakan Yoon Ji Hoo, kisah cinta manis dari So Yi Jung dan Chu Ga Eul, pesona anak mafia Song Woo Bin, juga beragam konflik keluarga dan persahabatan.

Boys Over Flowers juga didukung setting tempat dan kostum yang sangat memukau, yang cukup menggambarkan bagaimana kehidupan anak orang kaya (chaebol) di Korea Selatan.


10. Autumn in My Heart

[Gambas:Youtube]

Drakor yang satu bermula dari perasaan aneh melebihi kasih sayang yang dirasakan oleh dua kakak beradik, Yun Joon Suh (Song Seung Hun) dan Eun Suh (Song Hye Kyo). Mereka berdua hidup berkecukupan di tengah keluarga yang harmonis selama 14 tahun.

Namun suatu hari, fakta mengejutkan terungkap ketika ternyata Eun Suh bukan merupakan anak di Keluarga Yun. Aslinya, Eun Suh merupakan anak dari keluarga Choi yang miskin.

Drama ini semakin menarik ketika mereka harus terpisah dan bertemu kembali saat telah dewasa. Joon Suh yang telah menginjak usia dewasa dan bertunangan dengan seorang wanita, tanpa sengaja bertemu lagi dengan Eun Suh di sebuah hotel tempatnya bekerja. Pertemuan itu ternyata membawa perasaan lama mereka kembali muncul.

Kisah percintaan Joon Suh dan Eun Suh tampaknya terus diuji, saat Eun Suh mengidap penyakit yang membuatnya semakin lemah.

Nah, sepuluh drama Korea yang wajib ditonton sepanjang masa tersebut patut menjadi referensi tontonan akhir pekan atau liburan panjang. Maraton drama Korea juga bukan ide yang buruk untuk membunuh kebosanan dalam rutinitas masa pandemi virus corona (Covid-19).

(khr/fef)