Dua Dekade Tenggelam dalam Lautan Candu One Piece

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Sabtu, 25/07/2020 07:41 WIB
One Piece resmi 23 tahun terbit sejak debut di Shonen Jump, 22 Juli 1997. Kini, penggemarnya kian tenggelam dalam candu pada mahakarya Eiichiro Oda tersebut. Ilustrasi. (CNN Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

One Piece resmi 23 tahun terbit sejak debut di Shonen Jump, 22 Juli 1997. Di tengah waktu yang panjang tersebut, penggemarnya makin tenggelam dalam rasa candu pada karya Eiichiro Oda.

One Piece pertama kali terbit di Jepang pada 1997, tapi di Indonesia baru dirilis lima tahun kemudian. Seiring cerita berjalan, penggemar terus bertambah hingga One Piece menjadi manga terlaris di dunia.

Sejalan dengan cerita petualangan Kelompok Topi Jerami singgah dari pulau ke pulau, para penggemar pun makin tenggelam dalam dua campuran perasaan.


Pertama adalah keinginan cerita One Piece terus berjalan. Apalagi, sebagai sebuah narasi, masih banyak bagian-bagian dari One Piece yang belum dikupas.

Eiichiro Oda tidak akan dituduh hanya memperlama proses tamat One Piece seperti tudingan yang sering dialamatkan kepada sebuah komik detektif.

Pasalnya, cerita One Piece memang terus berkembang, mengikuti alur, mengungkap misteri yang telah lama disiapkan oleh Oda sebagai garis-garis besar petualangan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami.

Para pembaca pun tenggelam dalam nikmat candu cerita One Piece. Penggemar seolah tersenyum bahagia disiksa rasa penasaran tiap membaca satu chapter baru yang dirilis.

Tiap pekannya, irama penggemar One Piece pun seolah serupa. Serempak kecewa ketika Oda mengumumkan tak ada rilis chapter baru di One Piece pekan depan, atau sama-sama berimajinasi liar ketika kejutan cerita diberikan di chapter berikutnya.

Ilustrasi Komik One PieceIlustrasi. (CNN Indonesia)

Namun, ada pula bagian dalam diri penggemar One Piece yang ingin cerita ini cepat berakhir, mengingat usianya sudah melewati dua dekade.

Sementara itu, usia Oda dan penggemar pun terus bertambah. Para penggemar berharap mereka masih punya kesempatan menikmati ujung dari cerita petualangan Luffy dan kawan-kawan.

Dua dekade terasa panjang bila melihat ke belakang, tapi terasa sesaat dan singkat bila meyakini bahwa cerita One Piece belum mencapai bagian akhir dan pembaca masih terbuai dalam nikmat.

Selamat ulang tahun, One Piece! Selamat menikmati rangkaian artikel dari CNNIndonesia.com mengenai manga legendaris ini!

(has)