Penyanyi Kolaborator Primal Scream dan New Order Meninggal

CNN Indonesia | Selasa, 28/07/2020 09:40 WIB
Penyanyi yang sumbang suara dalam sejumlah album legendaris milik Primal Scream hingga New Order, Denise Johnson, meninggal dunia pada Senin (27/7). Ilustrasi Primal Scream. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyanyi yang sumbang suara dalam sejumlah album legendaris milik Primal Scream hingga New Order, Denise Johnson, meninggal dunia di usia 56 tahun pada Senin (27/7).

Band post-punk asal Inggris yang kerap berkolaborasi dengan Johnson, A Certain Ratio, mengonfirmasi kabar bahwa musisi tersebut meninggal melalui pernyataan yang dikutip NME.

"Ia sudah sakit sejak pekan lalu sebelum meninggal, tapi ia mengatakan kepada teman-temannya bahwa ia sudah merasa lebih baik pada Jumat. Ia kemudian ditemukan pada Senin pagi dan penyebab kematiannya belum diketahui," demikian pernyataan band itu.


Kabar ini mengejutkan lingkungan bermusik Johnson karena penyanyi tersebut direncanakan merilis album solonya pada September mendatang.

Para musisi yang pernah berkolaborasi dengan Johnson pun langsung mengucapkan belasungkawa di berbagai jejaring sosial, mulai dari vokalis Stone Roses, Ian Brown, hingga pemain bass Primal Scream, Simone Marie Butler.

"RIP Denise Johnson tercinta," tulis Ian Brown di Twitter.

Sementara itu, Butler juga berkicau di Twitter, "Kabar yang sangat menyedihkan. Cinta dan doa untuk keluarga Denis dan semua yang ia cintai. Istirahat dengan tenang, Denise Johnson."

Senada dengan Butler, personel The Chemical Brothers, Ed Simons, juga mengungkapkan kesedihannya dengan berkata, "Benar-benar kabar yang menyedihkan mengenai Denise Johnson. Dia benar-benar luar biasa."

Penbuh drum Joy Division, Stephen Morris, juga mengaku terkejut dan sangat sedih mendengar kabar kematian Johnson.

"Suaranya mengaitkan berbagai kenangan bersama di berbagai konteks, tapi lebih dari semuanya, ia memberikan pelukan paling baik," tulis Morris di Twitter.

Akun Twitter milik New Order juga menuliskan, "New Order sangat sedih mendengar kabar Denis Johnson meninggal dunia. Ia adalah manusia yang indah dengan talenta begitu besar. Suaranya menyemarakkan banyak album dan panggung kami dan rekan-rekan kami. Kami akan sangat merindukannya."

Suara nyaring Johnson memang terdengar dalam sederet karya legendaris dari band-band terkemuka di Inggris, termasuk di album ikonis Primal Scream, Screamadelica.

Johnson sendiri sebenarnya mengawali karier sebagai model. Namun kemudian, ia bergabung dalam band yang kerap menyanyikan lagu musisi-musisi lain di berbagai kelab malam di Inggris.

Tak lama setelah itu, ia sering tampil di Wembley Arena untuk mendukung penampilan berbagai band, seperti unit funk asal Amerika Serikat, Maze.

Dari sana, namanya mulai dikenal hingga akhirnya Primal Scream meminta bantuan untuk menyanyikan salah satu lagu di album legendaris mereka, Screamadelica.

"Ada lagu yang tak bisa dinyanyikan oleh Bobby Gillespie (vokalis), yang akhirnya diberi judul Don't Fight It, Feel It," kata Johnson kala mengenang momen kebersamaannya dengan Primal Scream.

Berkat kolaborasi itu, Johnson mulai dipercaya untuk menyumbangkan suaranya di berbagai karya musisi-musisi Inggris lainnya, seperti A Certain Ratio, Ian Brown, Beth Orton, hingga New Order.

[Gambas:Youtube]

(has/has)