Masih Pandemi, Emmy Awards 2020 Akan Digelar Virtual

CNN Indonesia | Kamis, 30/07/2020 12:00 WIB
Di tengah pandemi Covid-19, penyelenggara Emmy Awards memastikan bahwa malam puncak penghargaan pertelevisian Amerika Serikat itu akan digelar secara virtual. Ilustrasi Emmy Awards. (AFP/Mark Ralston)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di tengah pandemi Covid-19, penyelenggara Emmy Awards memastikan bahwa malam puncak penghargaan pertelevisian Amerika Serikat itu akan digelar secara virtual pada 20 September mendatang.

Keputusan ini terangkum dalam surat undangan yang dikirimkan tim penyelenggara kepada para nominator pada Rabu (29/7), tak lama setelah pengumuman nominasi.

Variety melaporkan bahwa surat ini ditandatangani oleh Jimmy Kimmel selaku produser eksekutif serta pemandu acara tahun ini, beserta jajaran produser eksekutif lainnya, yakni Reggie Hudlin, dan Ian Stewart, juga produser siaran Done+Dusted, Guy Carrington, dan David Jammy.


"Seperti yang mungkin sudah Anda duga, kami tidak akan memintamu datang ke Microsoft Theater di pusat kota Los Angeles pada 20 September. Tahun ini, masih akan menjadi malam industri terbesar di industri TV, tapi kini kami yang akan mendatangimu!" demikian isi surat itu.

Surat itu berlanjut, "Ini masih menjadi kehormatan tertinggi televisi, dan kami tidak pernah ingin kehilangan makna dinominasikan dan mungkin menang dengan penghargaan Emmy, tapi kami akan melakukan dengan cara yang sesuai untuk saat ini."

Bagi penyelenggara Emmy, saat ini yang terpenting adalah keselamatan dan kesehatan seluruh pihak.

Saat ini, penyelenggara masih mengumpulkan tim teknisi, produser, dan penulis terbaik untuk bekerja sama dengan Jimmy Kimmel.

Mereka juga sedang  mengatur proses pengambilan gambar di rumah masing-masing atau lokasi lain pilihan nomine.

Selain itu, mereka juga sedang mempertimbangkan beberapa hal lain, termasuk elemen apa yang akan ditayangkan, pemenang akan diberi tahu sebelumnya atau tidak.

Meski digelar secara virtual, penyelenggara optimistis dapat membuat acara yang dipenuhi dengan kehangatan dan tak kalah berkesan.

"Kami akan membuat Anda tampak luar biasa. Kami sedang mengeksplorasi teknologi canggih untuk memungkinkan penggunaan kamera dan pencahayaan yang baik, dan berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk menghasilkan momen 'di layar' yang unik," tulis penyelenggara.

[Gambas:Video CNN]

Daftar lengkap nominasi Emmy Awards 2020 sendiri diumumkan secara resmi sehari sebelumnya, Selasa (28/7) malam waktu setempat.

Dalam ajang tahun ini, serial pahlawan super garapan HBO, Watchmen, memimpin perolehan nominasi dengan 26 kategori, termasuk Outstanding Limited Series, Lead Actor in a Limited Series or Movie, dan Lead actress in a Limited Series or Movie.

Serial drama komedi dari Amazon Prime Video, The Marvelous Mrs. Maisel, menempati urutan kedua dengan perolehan 20 nominasi, disusul Ozark dan Succession yang masing-masing meraih 18 nominasi.

Sementara itu, Netflix masih menjadi penyedia layanan streaming dan rumah produksi yang menguasai sebagian besar nominasi dengan total 160. Ini menjadi kali kedua Netflix mengalahkan rival beratnya, HBO, yang pada 2020 hanya mendapatkan 107 nominasi.

(agn/has)