'folklore' Taylor Swift Jadi Album Paling Laku 2020 di AS

Tim, CNN Indonesia | Senin, 03/08/2020 08:45 WIB
Album terbaru Taylor Swift, folklore, berhasil menempati posisi nomor satu di tangga album Billboard 200. Album terbaru Taylor Swift, folklore, berhasil menempati posisi nomor satu di tangga album Billboard 200. (Frazer Harrison/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Album terbaru Taylor Swift, folklore, berhasil menempati posisi nomor satu di tangga album Billboard 200.

Pekan pertama perilisan folklore juga menjadi pekan perilisan terbesar dibanding seluruh album yang rilis pada 2020, setelah perilisan album Swift sebelumnya, Lover, pada 2019.

Billboard menyatakan bahwa folklore menjadi album ketujuh Swift yang menjadi nomor satu di tangga penjualan album di kawasan Amerika Serikat tersebut.


Album kedelapan Taylor Swift ini dimulai dengan angka penjualan setara-album sebesar 846 ribu unit di Amerika Serikat hingga 30 Juli 2020, menurut data Nielsen Music/MRC.

Perolehan folklore itu jadi yang terbesar setelah perilisan Lover (2019) yang juga milik Swift pada September lalu dengan capaian 867 ribu unit.

Billboard menyatakan, dalam empat tahun terakhir, tiga pekan pertama terbesar untuk penjualan album mana pun telah diraih oleh Swift.

Tiga pekan pertama penjualan album tersebut adalah untuk reputation (2017) dengan penjualan 1,2 juta unit, kemudian Lover (2019) dengan 867 ribu, dan folklore (2020) dengan 846 ribu.

Billboard 200 mencatat penjualan album di Amerika Serikat berdasarkan penghitungan multi-metris yang diwakilkan melalui satuan unit setara-album.

Satuan tersebut berasal dari penjualan murni album, penjualan setara-album berdasarkan lagu secara streaming alias track equivalent albums (TEA), dan penjualan setara-album secara streaming (SEA).

Debut 846 ribu unit setara-album yang diperoleh folklore berasal dari penjualan 615 ribu album, kemudian 218 ribu unit SEA dengan perolehan total stream untuk album itu mencapai 289,85 juta, dan 13 ribu unit dari TEA.

Sementara itu, Variety menyebut folklore berhasil menjual album hingga 2 juta unit di seluruh dunia dan menjadi album paling laris di 2020.

Billboard menyatakan perolehan folklore sebagai album ketujuh Swift yang mencapai posisi nomor satu di Billboard 200 membuat penyanyi kelahiran Pennsylvania itu, bersama Janet Jackson, sebagai musisi perempuan dengan album nomor satu terbanyak ketiga dalam sejarah Billboard 200.

Peringkat pertama musisi perempuan dengan album nomor satu dalam sejarah Billboard 200 adalah Barbra Streisand dengan 11 album, kemudian ada Madonna dengan sembilan album.

Secara keseluruhan, The Beatles menjadi band dengan paling banyak album nomor satu di Billboard 200 melalui 19 album.

[Gambas:Youtube]



(end)