6 Film Komedi Korea Paling Lucu yang Buat Terpingkal

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 07/08/2020 22:55 WIB
Berikut rekomendasi film komedi Korea terlucu yang bisa membuat Anda tertawa terpingkal-pingkal karena aksi konyol aktornya. Berikut rekomendasi film komedi Korea terlucu yang bisa membuat Anda tertawa terpingkal-pingkal karena aksi konyol aktornya. (Foto: dok. CJ Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia --

Korea tidak hanya terkenal dengan drama yang kerap membuat terhanyut dan meneteskan air mata. Ada juga genre lain yaitu film komedi Korea yang punya cerita tidak kalah bagus. Tak jarang komedi juga dipadukan dengan genre lain untuk meningkatkan daya tarik filmnya.

Berikut rekomendasi 6 film komedi Korea terlucu yang bisa membuat Anda tertawa terpingkal-pingkal.


1. EXIT (2019)


Jo Jung-suk dan Girls Generation YoonA membintangi film komedi-laga E.X.I.T.Foto: Dok. Filmmaker R & K
E.X.I.T. adalah  film komedi-laga Korea yang menceritakan tentang penyelamatan diri kedua tokoh utama dari bencana

EXIT menceritakan tentang laki-laki single serta penganggur yang masih tinggal dengan orang tua bernama Yong-nam (Jo Jung-suk). Ia tak memiliki pacar apalagi rumah sendiri. Yong-nam diketahui punya hobi memanjat tebing.

Sementara, Eui-joo (YoonA) memiliki kehidupan yang sedikit lebih baik ketimbang Yong-nam. Eui-joo adalah seorang asisten manajer di sebuah restoran. Awalnya, Eui-joo dan Yong-nam bertemu di klub pemanjat tebing.

Kisah menghangat ketika Yong-nam menggelar acara ulang tahun ke-70 ibunya di restoran tempat Eui-joo bekerja. Hal itu dilakukan untuk menarik perhatian Eui-joo yang hanya meng-'friendzone'-kan Yong-nam.

Namun, tiba-tiba ada gas beracun yang menyebar di seluruh kota Seoul. Keduanya harus berjuang menyelamatkan diri serta keluarga masing-masing. YoonA dan Jo Jung-suk pun adu stamina dengan menunjukkan kemampuan berlari dalam waktu lama, hingga memanjat gedung agar bisa diselamatkan helikopter.

Meski film berdurasi 1 jam 40 menit ini berfokus menceritakan perjuangan agar selamat dari bencana, sutradara Lee Sang-geun banyak menambahkan bumbu humor melalui berbagai ulah dan tingkah Jo Jung-suk dan YoonA kala berusaha menyelamatkan hidup.

2. Extreme Job (2019)

Film 'Extreme Job'. (dok. CJ Entertainment)Extreme Job adalah film komedi korea berdurasi 111 menit yang dirilis 23 Januari 2019. (dok. CJ Entertainment)

Berkisah soal lima detektif yang sedang menangani kasus narkoba, yakni ketua tim Go (Ryoo Seung-Ryong), Detektif Jang (Lee Ha Nee/Lee Honey), Detektif Ma (Jin Seon Kyu), Detektif Young Ho (Lee Dong Hwi) dan Detektif Jae Hoon (Gong Myung).

Kisah bermula saat tim detektif ini menyelidiki peredaran narkoba yang dijalankan oleh kartel internasional, Moo Bae (Shin Ha Kyun). Di tengah usaha mereka yang terlihat bodoh dan sia-sia, Detektif Choi (Song Young Kyu) siap menyalip karier seniornya, Kapten Go.

Kapten Go pun mulai tidak percaya dan menganggap bahwa dia dan timnya tidak punya kompetensi untuk melanjutkan kasus yang sedang dipercayakan pada mereka. Selain itu kegagalan yang kerap mereka dialami juga mendapat kritik dari atasan, bahkan ancaman pemecatan di depan mata.

Singkat cerita, Go mengetahui ada sebuah restoran ayam tradisional Korea yang tengah diambang kebangkrutan. Dia pun membeli dan menggunakan restoran tersebut untuk meneruskan misi pengintaian bandar narkoba.

Namun sayang, restoran itu malah jadi terkenal sebab rasa makanannya enak dan khas. Sejak itu Kapten Go dan tim malah mulai mengalami hal-hal yang aneh dan tidak fokus menjalankan misi menangkap sang bandar.


3. Secretly Greatly

[Gambas:Youtube]

Secretly Greatly adalah salah satu film Korea yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun. Dia memerankan Won Ryu Hwan, seorang agen yang dilatih khusus di Pasukan Khusus Korea Utara. Dia juga dikisahkan memiliki kemampuan berbicara dalam lima bahasa.

Dua tahun lalu, Won Ryu ditugaskan menjadi mata-mata di Korea Selatan. Saat berkeliling di lingkungan miskin di Seoul, Won Ryu-hwan tetiba pingsan dan dibangunkan oleh seorang perempuan tua.

Merasa khawatir, perempuan itu kemudian mengizinkan Won Ryu-hwan tinggal di sebuah apartemen kecil berada di atas tokonya yang sederhana, bahkan membiarkan dia bekerja di sana.

Selama di Korea Selatan, identitas Won Ru berganti menjadi Bang Dong-gu, pemuda bodoh yang juga menderita cacat mental.

Sejak saat itu, Bang Dong-gu mengenal semua orang di lingkungan barunya dan mulai merasa terikat dengan perempuan tua yang sudah membantunya.

Karakter Dong Gu dalam film ini dibuat benar-benar jenaka, banyak tingkah konyol yang dia lakukan. Film ini diadaptasi dari komik web bertajuk Covertness karya Hun. Komik tersebut terbit dari 30 Juni 2010 hingga 4 Mei 2011 oleh Daum Webtoon Company.

Film yang diarahkan oleh sutradara Juhn Jai-Hong ini dirilis 5 Juni 2013 dan berhasil memecahkan rekor dengan mendapat 498.284 penonton, mengalahkan capaian film The Thieves yang laku 436.596 di hari pertama penayangannya.


4. Sunny

[Gambas:Youtube]

Salah satu film komedi Korea yang berpusat pada wanita paruh baya, Na Mi (Shim Eun Kyung), menawarkan refleksi sehat tentang persahabatan dan nostalgia kisah lama. Film ini akan mengajak penonton mengetahui kisah Na Mi dengan alur cerita yang maju mundur.

Berawal saat Na Mi sebagai siswi pindahan sekolah menengah. Pada hari pertama masuk sekolah barunya, dia langsung mendapat intimidasi dari gerombolan siswi, sebab dialek yang dia keluarkan dianggap aneh.

Namun dia ditolong oleh segerombol gadis-gadis dan teman sekolahnya. Mereka adalah Chun Hwa (Kang So Ra) yang dikenal karena rasa kesetiaannya yang kuat dan keterampilan bertarung yang sangat baik.

Jans Mi (Kim Min Young) yang sangat lemah, ia sangat ingin menjalani operasi plastik untuk mendapatkan tutup mata ganda, Jin Hee (Taman Jin Joo), yang sangat handal mengeluarkan kata-kata kotor.

Kemudian, Geum Ok (Nam Bo Ra) yang tertarik pada sastra, Bok-Hee (Kim Bo Mi) yang bermimpi suatu hari nanti menjadi Miss Korea dan Su Ji (Min Hyo Rin) yang selalu sombong.

Singkat cerita para anggota kelompok ini mendeklarasikan untuk setia sehidup semati dan memberi nama Sunny. Film ini merupakan film terlaris kedua sepanjang sejarah film Korea Selatan tahun 2011.

Selain itu, sebab kesuksesannya di dalam negeri, film ini telah diadaptasi oleh beberapa sineas dari negara lain. Sebagai contoh, pada 2014 sebuah sinetron di Hong Kong terinspirasi dari film 'Sunny' berjudul Never Dance Alone.


5. Scandal Makers

[Gambas:Youtube]

Film ini berkisah soal mantan idola para remaja, Nam Hyeon-soo (Cha Tae-hyun) yang telah berusia 30 puluhan dan bekerja sebagai seorang DJ Radio.

Satu waktu dia dikagetkan dengan kedatangan seorang wanita muda yang membawa anak kecil ke apartemennya.

Wanita itu mengaku bahwa dia adalah anaknya Hyeon-soo, kemudian dia baru sadar bahwa wanita itu adalah seorang ibu tunggal yang sering curhat dengannya bahwa dia adalah anak kandungnya sendiri yang tengah berusaha mencari keberadaan ayahnya.

Namun, Hyeon-soo tidak percaya begitu saja, dia tidak terima jika dia ternyata sudah memiliki anak yang berusia 22 tahun dan cucu yang berusia 7 tahun. Akhirnya dia pun meminta kedua orang yang datang tiba-tiba tadi untuk melakukan tes DNA.

Setelah tes hasilnya keluar dan benar saja bahwa mereka adalah darah daging sang mantan idola para remaja. Singkat cerita mereka pun diizinkan tinggal di tempat tinggalnya.

Dibalik judul skandal yang ada, namun film ini merupakan ekspolrasi yang sehat tentang sebuah keluarga, bahkan beberapa kali adegan yang ada akan membuat gelak tawa dari para penonton.


6. Welcome to Dongmakgol

[Gambas:Youtube]

Film ini menggabungkan komedi dan sejarah untuk bercerita soal sebuah desa mistis yang bernama Dongmakgol.

Dongmakgol sendiri dalam dunia nyata adalah sebuah desa yang berada pada dataran tinggi di Korea Utara, berbatasan langsung dengan Korea Selatan. Dalam film dikisahkan penduduknya hidup dalam persaudaraan yang tinggi.

Sebab itu penduduk di desa tersebut begitu rukun. Rata-rata penduduk Dongmakgol memiliki mata pencaharian di sawah sebagai petani. Lokasinya yang kecil dan terpencil membuat desa ini jauh dari polusi yang kerap hinggap di perkotaan.

Mulai dari polusi udara, polusi hedonis, bahkan polusi politik. Film ini sendiri berkisah soal pilot AS Neil Smith (Steve Taschler) terperangkap badai butterflies dan menabrakkan pesawatnya di desa tersebut pada perang Korea sekitar tahun 1950-an.

Sebab Dongmakgol adalah desa yang jauh dari peradaban, tidak sedikit penduduk yang tahu konflik besar yang tengah terjadi di Korea.

Semenjak sang pilot terdampar di desa, banyak kejadian lucu yang terjadi sebab penduduk tidak tahu bahwa perang sedang berkecamuk. Penduduk desa yang terbiasa rukun menganggap pembunuhan yang terjadi tidak masuk akal.

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]