6 Film Komedi Terbaik Hollywood yang Lucu dan Menghibur

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 02/10/2020 02:30 WIB
Berikut 5 film komedi terbaik Hollywood yang bisa membuat penonton terpingkal, baik dari tingkah lucu aktor maupun narasi cerita yang konyol. Berikut 5 film komedi terbaik Hollywood yang bisa membuat penonton terpingkal, baik dari tingkah lucu aktor maupun narasi cerita yang konyol. (Foto: Dok. Disney)
Jakarta, CNN Indonesia --

Film komedi merupakan salah satu kategori yang menekankan unsur humor dalam keseluruhan narasinya guna menghibur penontonnya.

Dari ratusan film, ada yang dianggap sebagai karya terbaik Hollywood karena dianggap memiliki selera humor baik dan kreativitas tinggi dalam mengemas komedinya.

Membuat film bergenre komedi bukan perkara mudah, sebab beda negara bisa juga berbeda selera humornya. Namun, beberapa film Hollywood berhasil memecahkan perkara tersebut.


Berikut 5 film Hollywood yang mengusung genre komedi yang bisa membuat penonton terpingkal.

1. Dumb and Dumber

[Gambas:Youtube]

Film ini bercerita tentang dua sekawan Lloyd Natal (Jim Carrey) dan Harry Dune (Jeff Daniels) yang tinggal satu kamar di Providence. Mereka berdua masing-masing tengah menghadapi masalah hidup.

Lloyd merupakan sopir limosin yang bertemu dengan Mary Swanson (Lauren Holly). Sementara itu, Harry merupakan seorang yang baru saja dipecat dari pekerjaannya.

Satu hari, Lloyd mengantarkan Marry ke bandara. Sejak saat itu, Lloyd langsung jatuh cinta pada Marry.

Marry sengaja meninggalkan sebuah koper di terminal yang ternyata berisi uang untuk menebus suaminya yang diculik.

Lloyd yang polos tidak tahu akan hal itu mencoba mengembalikan tas Mary. Namun sayang, pesawat yang ditumpangi Mary telah terbang.

Lloyd kemudian membawa pulang tas tersebut dan berjanji akan mengembalikannya suatu hari pada Mary. Dua sekawan tersebut pun memutuskan untuk berkeliling dunia mencari Marry dan mengembalikan tasnya.

Namun dalam perjalanan, mereka malah diintai oleh Joe Mentalino (Mike Starr) dan JP Shay (Karen Duffy), yang merupakan penculik dari suami Mary. Mereka menginginkan isi tas tersebut.

Film ini mengedepankan komedi slapstick. Pada 2014, kisah dua sekawan ini dilanjutkan lewat sekuel dengan judul sama.

2. Anchorman: The Legend of Ron Burgundy

[Gambas:Youtube]

Film ini mengambil latar tempat di San Diego pada era 70-an. Saat itu, profesi pembawa berita dianggap sangat prestisius dan dikagumi banyak orang.

Ron Burgund (Will Ferell) merupakan pembawa berita yang dikagumi banyak orang di masa itu.

Dia bersama tiga kawannya, Brian Fantana (Paul Rudd), Champ Kind (David Koechner), dan Brick Tamland (Steve Carell) dikenal sebagai "channel 4 news team".

Mereka begitu bahagia menjalani persahabatan sampai satu waktu, datang seorang penyiar perempuan bernama Veronica Cornigstone (Christina Applegate) yang berambisi menjadi anchor wanita pertama.

Di saat ketiga temannya tidak senang dengan kehadiran Veronica, Ron malah jatuh hati. Konflik antara Ron dengan teman-temannya pun tidak terhindarkan.

Bentrokan-bentrokan antara Ron dan teman-temannya ini yang memunculkan gelak tawa. Aksi-aksi konyol serta narasi mereka terbungkus dengan rapi.


3. The Hangover

The Hangover (2009)Foto: Warner Bros via Imdb
The Hangover adalah film komedi terbaik Hollywood yang meraih penghargaan di ajang Golden Globe.

Film komedi Hollywood terbaik satu ini mendapat rating dari IMDb sebesar 7.7. The Hangover berkisah soal kekonyolan empat sekawan yang sudah bersahabat sejak lama, yaitu Phil (Bradley Cooper), Stu (Ed Helms), Alan (Zach Galifianakis), dan Doug (Justin Bartha).

Kisah bermula saat Doug akan menikah. Para sahabatnya merancang sebuah pesta lajang di sebuah kelab di Las Vegas. Mereka bersenang-senang dan menenggak alkohol serta mengonsumsi obat-obatan terlarang di kelab itu.

Mabuk dan terpengaruh obat, mereka lantas terjebak dalam situasi yang konyol secara tidak sadar. Keesokan paginya, Phil, Stu, dan Alan terbangun dan mendapati bahwa mereka lupa sama sekali tentang kejadian semalam.

Parahnya, Doug menghilang, gigi Stu lepas, kamar berantakan, ada harimau di kamar mandi, ayam di ruang tamu, dan bayi di lemari. Dari kejadian itu, keempatnya memutuskan untuk mengganti rugi. Mereka juga mencari tahu hal yang mereka lakukan saat bermalam di Las Vegas.

Kepiawaian dan kekonyolan akting dari empat tokoh tersebut membuat film ini diganjar penghargaan Golden Globe untuk best motion picture. Masih pada tahun yang sama, The Hangover masuk dalam nominasi BAFTA Awards untuk kategori Best Screenplay-original.

4. We're The Millers

[Gambas:Youtube]

We're The Millers adalah film komedi-kriminal yang menceritakan tentang David (Jason Sudeikis), seorang pengedar ganja kelas teri yang ditugaskan bosnya untuk menyelundupkan mariyuana dari Meksiko ke Amerika.

Untuk melancarkan aksinya, ia membuat rencana penyamaran agar tidak dicurigai saat melewati petugas keamanan dari bea cukai.

David mulai mengajak ketiga tetangganya untuk membentuk keluarga bohongan yang berpura-pura akan liburan mengendarai mobil.

Ia merekrut tetangganya yang juga merupakan seorang penari kelab malam bernama Rose (Jennifer Aniston) untuk menyamar sebagai istri.

David juga mengambil dua anak bohongan, Kenny (Will Pouter) dan Casey (Emma Roberts), si gadis gelandangan yang ditemui David.

David menamai keluarga itu 'The Millers'. Mereka memulai perjalanan ke Meksiko untuk mengantarkan ganja tersebut. Ternyata, ganja yang harus diantar mereka seberat 2 ton.

Di tengah perjalanan, mereka ditolong oleh keluarga Fitzgerald yang menyeret RV mereka menuju garasi.

Seiring berjalannya cerita, David mulai mengetahui bahwa Don Fitzgerald (Nick Offerman) merupakan agen Drug Enforcement Administration (DEA). 

Sepanjang film, aksi jenaka dari masing-masing karakter akan membuat penonton tertawa. Film yang disutradarai Rawson Marshall Thurber ini berhasil mendulang lebih dari US$150 juta.

5. Mr. Bean's Holiday

[Gambas:Youtube]

Mr. Bean's Holiday merupakan film lucu barat yang diproduksi berdasarkan serial televisi Mr. Bean. Dengan tokoh yang sama, film ini dibintangi Rowan Atkinson sebagai peran utama.

Film ini mengisahkan Mr. Bean yang memenangkan undian liburan dengan kereta api ke Cannes, kamera video, dan uang senilai EUR 200. Sebelum naik kereta, Bean sudah membuat kekacauan saat mencicipi seafood Prancis di restoran Paris.

Sepanjang cerita, Bean seakan tak henti membuat kekacauan dengan tingkah konyolnya. Tindakan sepelenya seperti mengisi ulang baterai kamera bisa memicu ledakan yang menghancurkan lokasi tersebut.

6. Guardians of the Galaxy

[Gambas:Youtube]

Guardians of the Galaxy merupakan film serial Marvel Cinematic Universe (MCU) yang mengisahkan tentang seorang pengembara dan pencuri luar angkasa bernama Peter Quil (Chris Pratt).

Ia hidup dan bekerja bersama kelompok perompak, Ravagers. Suatu hari, Quill sedang dalam misi untuk mencari sebuah bola misterius di planet tidak berpenghuni. Namun, Quill tiba-tiba malah diserang oleh kelompok pasukan bersenjata yang tidak dia kenal.

Untungnya, Quill berhasil kabur dari tempat itu. Selanjutnya, dia kembali dihadapkan pada pertempuran. Kali ini, ia berhadapan dengan seorang gadis luar angkasa bernama Gamora (Zoe Saldana), yang ingin merebut bola misterius dari Quill.

Selepas pertempuran itu, mereka berdua terkurung dalam penjara. Di dalam penjara, mereka bertemu dengan Rocket Racoon (Bradley Cooper), Groot (Vin Diesel), dan Drax (Dave Bautista). Sejak saat itu, keempatnya malah bersekongkol untuk kabur dari penjara.

Setelah membuat kekacauan dan berhasil keluar dari penjara, mereka membentuk tim yang bernama Guardians of the Galaxy yang dipimpin oleh Peter Quill.

Guardians of the Galaxy disebut sebagai salah satu film komedi terbaik Hollywood yang memenangkan beberapa penghargaan, seperti Golden Schmoes Award kategori Best Line of the Year tahun 2014.

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]