IDLES Rilis Video Musik yang Disutradarai Michel Gondry

has, CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2020 11:30 WIB
Band asal Inggris, IDLES, merilis video musik animasi untuk lagu Model Village yang disutradarai oleh sineas kenamaan Prancis, Michel Gondry. Band asal Inggris, IDLES, merilis video musik animasi untuk lagu Model Village yang disutradarai oleh sineas kenamaan Prancis, Michel Gondry. (AFP/Sebastien Bozon)
Jakarta, CNN Indonesia --

Band asal Inggris, IDLES, merilis video musik animasi untuk lagu Model Village yang disutradarai oleh sineas kenamaan Prancis, Michel Gondry.

Dalam video yang diunggah di kanal YouTube milik IDLES pada Selasa (11/8) tersebut, terlihat kekacauan di satu kota yang digambarkan dengan gaya imajinasi khas Michel Gondry.

Dalam menggarap video ini, Michel dibantu oleh saudaranya, Olivier Gondry. Mereka memadukan teknik stop motion dan CGI.


Awalnya, Michel membuat semua tokoh dan latar dalam video dengan kertas yang ia gambar sendiri. Ia kemudian merekamnya frame demi frame seperti teknik stop motion di studio Los Angeles.

Setelah rampung, Michel mengirimkan video bagiannya ke Olivier di Paris. Di sana, Olivier mengubahnya menjadi animasi menggunakan teknologi CGI.

"Olivier dan saya sangat senang mengerjakan ini karena kami menggunakan teknik yang benar-benar bertolak belakang," ujar Gondry kepada WePresent seperti dikutip Pitchfork.

Ia kemudian berkata, "Saya bekerja dengan sistem primitif dengan menggunting kertas dan menggerakkannya di bawah lensa frame demi frame. Olivier kemudian mengubahnya dengan teknik morphing, warping, dan CGI."

Secara keseluruhan, Gondry awalnya sebenarnya ingin menggambarkan lirik lagu Model Village dengan sebaik mungkin.

"Pada dasarnya, di bagian awal kami mencoba mengilustrasikan liriknya sebaik mungkin, untuk menciptakan dunianya, dan di paruh kedua, mereka pergi ke bulan," tuturnya.

[Gambas:Youtube]

Berbicara tentang Model Village, pentolan IDLES, Joe Talbot, mengatakan bahwa lagu ini merupakan gambaran dari kota tempatnya tumbuh yang kurang menghargai privasi, atau disebut 'fishbowl' dalam ungkapan bahasa Inggris.

"Saya benci tumbuh di sebuah kota yang benar-benar seperti fishbowl. Saya pergi secepat mungkin dan menyadari bahwa fishbowl itu tidak ada. Hanya ikannya (fish) yang ada, dan itu ada di mana-mana," kata Talbot seperti dilansir NME.

Model Village sendiri akan bagian dari album ketiga IDLES, Ultra Mono, yang bakal dilepas ke pasaran pada 25 September mendatang di bawah label Partisan.

Sejak terbentuk pada 2009, IDLES sudah merilis sejumlah EP dan dua album yang dimulai dengan Brutalism (2017) dan disusul Joy as an Act of Resistance (2018).

(has)