Desainer Oscar Lawalata Putuskan Jadi Perempuan

CNN Indonesia | Kamis, 13/08/2020 16:05 WIB
Perancang busana Oscar Lawalata telah memutuskan untuk mengubah jenis kelaminnya menjadi perempuan. Perancang busana Oscar Lawalata telah memutuskan untuk mengubah jenis kelaminnya menjadi perempuan. (CNN Indonesia/ Yohannie Linggasari)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perancang busana Oscar Lawalata telah memutuskan untuk mengubah jenis kelaminnya menjadi perempuan.

Informasi ini disampaikan langsung oleh sang ibunda, Reggie Lawalata lewat konten yang diunggah di YouTube, 5 Agustus lalu, di mana Reggie menjawab sejumlah pertanyaan tentang anaknya, Oscar.

"Wanita, firm," kata Reggie saat menjawab pilihan gender Oscar.


Reggie kemudian mengungkapkan bahwa dia telah menerima kondisi anak pertamanya sejak lima hingga enam tahun lalu.

Kala itu, ia menuturkan telah berbicara dari hati ke hati bersama Oscar serta mendukung segala pilihan yang diambil anaknya itu.

"Pilihan Oscar, apapun itu, saya support karena bagaimanapun kamu adalah anak saya. apapun kamu, I love you so much, so you can do what you want. whatever what you want, dan saya tidak peduli sama semua orang," katanya.

Setelah itu, dia juga mengatakan berbicara dengan putra bungsunya, Mario dan mereka sepakat untuk mendukung apapun yang membuat Oscar bahagia.

Reggie mengungkapkan bahwa ia tak memungkiri ingin memiliki anak yang seperti pada umumnya, bahkan sempat menyuruh Oscar untuk ikut karate serta basket dengan Mario.

Namun Reggie mengatakan, jauh di lubuk hatinya, ia merasakan kegalauan dan rasa sakit atas pandangan orang lain terhadap putranya.

Reggie sempat berpikir bahwa penyebab Oscar menjadi feminin karena perceraiannya dengan Alexander Polii.

Hingga ia tersadar, bahwa kawannya yang memiliki kehidupan keluarga rukun pun anaknya juga bisa menjadi demikian. Sejak itu, ia mulai mencari tahu tentang LGBTQ+ dan memahami identitas Oscar.

"Rangkul mereka, tanya apa yang mereka inginkan dan biarkan jadi apa yang mereka rasakan, itu justru akan membuat mereka lebih bertanggung jawab dengan dirinya," tuturnya.

Dia juga menuturkan, "Anak kan dititipkan Tuhan, berilah mereka kebahagiaan jangan kita saja yang mau bahagia."

Oscar Lawalata merupakan perancang busana Indonesia yang pernah menekuni sekolah mode Esmod di Jakarta. Namun, program yang seharusnya diikuti selama tiga tahun hanya dijalani separuhnya.

Desainer yang kini berusia 42 tahun itu berhenti sekolah saat terjadi krisis moneter pada 1998. Uang yang sedianya untuk sekolah, digunakannya untuk membuka usaha.

[Gambas:Youtube]



(agn/end)

[Gambas:Video CNN]