Sinopsis The Danish Girl, Kisah Pergulatan Batin Transgender

CNN Indonesia | Jumat, 14/08/2020 05:08 WIB
The Danish Girl diangkat dari kisah nyata dengan latar belakang kehidupan pernikahan seniman asal Denmark pada 1920-an. The Danish Girl diangkat dari kisah nyata dengan latar belakang kehidupan pernikahan seniman asal Denmark pada 1920-an. (dok. Focus Features via imdb)
Jakarta, CNN Indonesia --

The Danish Girl menjadi salah satu film yang kembali populer belakangan ini. Film tersebut diangkat dari kisah nyata dengan latar belakang kehidupan pernikahan seniman asal Denmark pada 1920-an. Berikut sinopsis The Danish Girl.

The Danish Girl mengisahkan kehidupan pasangan seniman asal Denmark, Gerda dan Einar Wegener. Keduanya pertama kali bertemu ketika Gerda menjadi salah satu murid Einar di Royal Academy.

Di saat Einar sudah menjadi pelukis pemandangan yang terkenal, Gerda masih kesulitan untuk membesarkan namanya sebagai seniman. Kisah mereka mulai berbatu ketika Gerda hendak melukis Anna Fonsmark, penyanyi opera terkenal.


Anna Fonsmark tak datang sesuai jadwal. Hal itu membuat Gerda panik dan meminta sang suami, Einar, menyamar sebagai perempuan untuk menjadi modelnya. Einar pun didandani dan mengenakan dress Anna.

Pengalaman itu begitu dinikmati Einar. Gerda bahkan menyarankan memanggil suaminya dengan nama alter-ego, Lili Elbe. Hal tersebut perlahan mengungkap identitas gender Einar yang dicoba ditutupi selama ini.

Permasalahan bermula ketika mereka menghadiri acara para seniman. Einar tampil sebagai Lili. Di sana, ia bertemu dengan Hendrik, seorang pelukis yang amat tertarik dengannya.

Pada saat yang sama, potret Lili yang dilukis Gerda menarik perhatian kritikus seni Paris yang membuat pasangan tersebut akhirnya pindah ke Paris.

Di Paris, Gerda mendapatkan banyak perhatian dan semakin populer. Sementara itu, Einar berhenti melukis. Ia mulai merasa terkekang untuk menjalani kehidupan sebagai Einar. Menurutnya, Lili lebih memberikannya kenyamanan. Hal tersebut mendorongnya untuk bunuh diri.

Gerda dan saudara laki-lakinya berjuang menemui banyak dokter untuk memulihkan kondisi Einar. Hingga akhirnya bertemu seorang profesor yang menyatakan pilihan terbaik bagi Einar adalah menjalani kehidupan sebagai Lili dan benar-benar menjadi perempuan melalui operasi.

[Gambas:Youtube]




The Danish Girl merupakan film biografi drama yang disutradarai Tom Hooper (The King's Speech, Les Misérables, dan Cats). Film ini merupakan hasil adaptasi novel berjudul serupa karya David Ebershoff.

Film dan novel ini sejatinya terinspirasi dari kehidupan nyata pelukis asal Denmark Gerda Wegener dan Lili Elbe, pria pertama yang menjalani operasi kelamin.

Dua karakter tersebut dipercayakan kepada Eddie Redmayne dan Alicia Vikander. Vikander bahkan membawa pulang piala Aktris Pendukung Terbaik Academy Award saat itu. Sedangkan Eddy Redmayne juga sempat masuk nominasi Aktor Terbaik.

The Danish Girl pertama kali tayang di Venice pada 5 September 2015. Setelah tayang, film ini mendapat banyak kritik terutama mengenai akurasi sejarah.

Beberapa hal yang disoroti adalah lama pernikahan Gerda dan Lili yang lebih dari 20 tahun tapi hanya disebut telah menikah enam tahun di dalam film, hingga penunjukkan Redmayne seorang cisgender untuk memerankan karakter transgender.

Tapi pada akhirnya, film yang dibuat dengan budget US$15 juta ini meraup untung box office secara global hingga US$64,2 juta.

(chri/end)