Be With You dan Film Korea Keluarga yang Bikin Mewek

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 20/09/2020 09:34 WIB
Kemahiran Korea dalam memproduksi film drama keluarga seakan bisa membuat berderai air mata. Berikut 5 film Korea keluarga terbaik. Kemahiran Korea dalam memproduksi film drama keluarga seakan bisa menghipnotis penonton dan membuat berderai air mata. Berikut 5 film Korea keluarga terbaik. (Film Be With You - Foto: dok. Lotte Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia --

Industri perfilman Korea Selatan seakan sanggup memuaskan penonton dalam menyajikan tontonan yang mengusung genre drama romansa hingga keluarga. Beberapa di antaranya sanggup membuat penonton ikut sedih alias mewek ketika disuguhkan pada puncak konflik cerita yang mengharu biru. 

Berikut CNNIndonesia.com telah merangkum lima film Korea keluarga yang dapat menemani penonton di kala merindukan rumah, terutama di masa pandemi virus corona (covid-19) seperti saat ini.


1. Wedding Dress (2010)

[Gambas:Youtube]

Film keluarga yang satu ini menceritakan kisah hubungan seorang single mother dengan anak perempuan semata wayangnya. Film yang disutradarai Kwong Hyun Jin ini mampu menggambarkan realitas kehidupan seorang single mother dengan segala kerja kerasnya.

Seo Go Eun (Song Yoon Ah) merupakan seorang perancang gaun pengantin sekaligus seorang ibu dari Jang So Ra (Kim Hyang Gi).

Dalam keseharian, So Ra menjelma sebagai anak yang cuek bahkan terhadap ibunya. So Ra menderita OCD (Obsessive Compulsive Disorder) yang membuatnya sangat higienis dan tidak memiliki seorang teman.

Go Eun sangat berharap So Ra dapat tumbuh dengan dikelilingi banyak teman. Ia sendiri diam-diam menyembunyikan penyakitnya berupa kanker lambung akut. So Ra dengan pemikiran dewasanya perlahan menyadari ibunya tengah menderita penyakit tak biasa. 

2. A Long Visit/ My Mom (2010)

[Gambas:Youtube]

Film berjudul My Mom ini juga mengangkat cerita tentang hubungan keluarga antara ibu dan anak perempuannya. Dengan durasi 108 menit, penonton akan diajak berselancar kepada cerita seru khas anak dan ibu. 

Ji Suk (Park Jin Hee) merupakan anak gadis yang pandai dan ambisius. Ia tinggal dan hidup di sebuah desa bersama ibunya (Kim Hae Sook). Ji Suk sangat membenci lingkungan keluarganya, sebab ibunya kerap kali mendapatkan perlakuan KDRT dari ayahnya.

Ji Suk juga memiliki seorang adik laki-laki yang tak membuatnya kehilangan atensi dari ibunya. Bagi Ibu, Ji Suk merupakan anak berharga dan anak kesayangannya.

Lambat laun berjalan, Ji Suk mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Universitas ternama di Seoul. Hal itu membuatnya harus berpisah dengan orang tuanya.

Suatu hari Ji Suk bergegas pulang kampung untuk menghabiskan waktu yang lama dengan sang ibu. Diam-diam ia mengidap penyakit ganas dengan vonis umurnya yang tak lagi panjang.

3. Miracle in Cell No.7 (2013)

[Gambas:Youtube]

Film ini disebut-sebut sebagai film yang sangat mengharu biru, meski di awal-awal penonton akan diajak tergelitik melihat aksi Lee Yong Goo (Ryu Seung Ryong) dan beberapa tahanan di penjara.

Film ini menceritakan tentang seorang ayah, Yong Goo yang memiliki keterbelakangan mental, yang tinggal bersama putri semata wayangnya Ye Sung (Kal So Won) yang masih berusia 6 tahun.

Kisah ini dimulai dengan keinginan Ye Sung yang ingin membeli tas sailor moon berwarna kuning. Dalam cerita ini, Ye Sung sangat menggemari sailor moon yang seolah menjadi pahlawan baginya.

Namun siapa sangka, buntut dari tas sailor moon, Yong Goo terjebak dalam sebuah kasus dengan tuduhan penculikan, kekerasan seksual hingga pembunuhan. Imbasnya, ayah dan anak itu harus hidup berpisah.

4. Stand By Me (2018)

Stand By Me film koreaFoto: Megabox Plush M via Imdb
Stand By Me adalah film Korea keluarga tentang seorang kakek yang sendirian membesarkan kedua cucunya.

Film yang disutradarai Bang Soo In dan diproduksi oleh Megabox Plus M ini, mengisahkan jalan kehidupan seorang kakek yang membesarkan dua orang cucu seorang diri.

Kim Hak Su (Lee Son Jae) merupakan seorang kakek yang renta namun harus tetap bekerja menjadi tulang punggung keluarga kecilnya. Hak Su bahkan kerap mengetuk pintu setiap restoran untuk menawarkan tenaga cuci piringnya.

Ia di rumah tinggal bersama dengan Kim Deok Goo (Jung Ji Hoon) yang merupakan cucu laki-laki berusia 7 tahun, dan Kim Deok Hee (Park Ji Yoon), cucu perempuannya yang berusia 5 tahun namun memiliki kelainan.

Hak Su suatu hari divonis kanker paru-paru stadium 4, hal itu membuatnya menyadari bahwa usianya tak lagi sebentar. Ia bahkan tak mau berobat, dan berniat ketika ia mati maka uang asuransi untuknya bisa digunakan kedua cucunya bertahan hidup.

5. Be With You (2018)

[Gambas:Youtube]

Film Korea yang satu ini merupakan garapan remake dari film Jepang tahun 2004 silam dengan tajuk yang sama, dan diadaptasi dari novel karya Takuji Ichikawa.

Film ini menceritakan tentang kehidupan seorang suami bernama Woo Jin (So Ji Sub), dan anak lelakinya Ji Hoo (Kim Ji Hwan) yang berumur tujuh tahun, pasca ditinggal ibunya yang menderita sakit keras.

Ji Hoo meyakini bahwa suatu saat Ibunya akan kembali dari negeri awan ketika hari pertama hujan turun. Hal itu ia dapatkan dari cerita yang sering dibacakan Ibunya semasa masih hidup.

Namun siapa sangka, keyakinan itu benar-benar terwujud. Sebuah teka-teki misterius dan buku diary yang sengaja ditulis dan ditinggalkan seakan menjawab semua pertanyaan yang timbul.

Nah, kelima film Korea keluarga yang telah dibahas secara singkat, dapat menjadi rujukan tontonan kala Anda sangat merindukan suasana rumah dan keluarga.
(khr/fef)

[Gambas:Video CNN]